Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

skiesmanAvatar border
TS
skiesman
Marak Aksi Kader Demokrat Copot Baliho Anies Baswedan di Sejumlah Daerah


TEMPO.CO, Jakarta - Aksi kader Partai Demokrat mencopot baliho dan spanduk bergambar Anies Baswedan marak terjadi di sejumlah daerah. Aksi ini menyusul instruksi dari Partai Demokrat yang meminta baliho bakal calon presiden (capres) dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan itu dicopot.

"Iya (baliho dicopot)," ujar Anggota Majelis Tinggi Demokrat Syarief Hasan saat dikonfirmasi Tempo, Jumat, 1 September 2023.

Berdasarkan catatan Tempo, aksi kader Demokrat mencopot baliho bergambar Anies-AHY terjadi di Semarang, Jawa Tengah, Bekasi hingga Aceh.

Aksi pencopotan gambar Anies di Semarang

Ketua Dewan Pimpinan Cabang Partai Demokrat Kota Semarang, Wahyoe Winarto, menginstruksikan seluruh kader atau calon legislatif (caleg) untuk menurunkan gambar yang berhubungan dengan Anies.

"Saya instruksikan seluruh kader atau calon legislatif untuk bisa menurunkan gambar Anies baik spanduk, baliho, dan pamflet," ujar Wahyoe Winarto, seperti dikutip dari Tempo, Jumat, 1 September 2023.

Diketahui, aksi pencopotan baliho dan spanduk di Kota Semarang mulai dilakukan pada Kamis malam, 31 Agustus 2023. Spanduk sosialisasi pencalonan Anies dalam pemilihan presiden (Pilpres) itu sebelumnya telah dipasang kader Partai Demokrat di sejumlah titik di Kota Semarang. Spanduk berbagai ukuran tersebut di pasang di jalan protokol hingga perkampungan.

Aksi pencopotan spanduk Anies di Bekasi

Sebelumnya, aksi pencopotan baliho dan spanduk Anies juga terjadi di Kota Bekasi dan sekitarnya pada Kamis malam, 31 Agustus 2023.

"Sudah saya perintahkan tadi (mencopot baliho bergambar Anies)," kata Ketua Dewan Pimpinan Cabang Partai Demokrat Kota Bekasi, Ronny Hermawan, Kamis malam, 31 Agustus 2023.

Ronny menjelaskan telah memberi perintah kepada seluruh kader Partai Demokrat di Kota Bekasi. Ronny juga menegaskan sekaligus memerintahkan kader Partai Demokrat Kota Bekasi untuk tidak lagi memasang foto Anies Baswedan
"Pastinya, kami perintahkan untuk semua kader Partai Demokrat Kota Bekasi untuk menurunkan dan tidak lagi menggunakan foto Anies Baswedan," ujar Ronny menegaskan.

Selain di Semarang dan Bekasi, baliho Anies di Aceh juga ikut dicopot. Berdasarkan video yang beredar di media sosial, baliho Anies bersama Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti alias AHY di Aceh dicopot oleh sejumlah orang yang mengatasnamakan sebagai kader Demokrat.

“Kami tidak pernah keluar. Mereka yang pergi. Kami Demokrat Aceh tetap bersama rakyat,” teriak salah seorang yang ikut mencopot baliho, seperti dilihat Tempo, Jumat, 1 September 2023.


Buntut Anies dan NasDem pilih Cak Imin
Aksi marak pencopotan baliho itu menyusul kabar Anies akan berpasangan dengan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa Muhaimin Iskandar alias Cak Imin.
Juru Bicara DPP Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra sebelumnya menyebut Anies sampai sekarang tidak menyampaikan secara langsung keputusannya menyetujui kerja sama NasDem dan PKB berikut penetapan Cak Imin sebagai pendampingnya ke Demokrat. Padahal, kata Herzaky, Demokrat merupakan bagian dari Koalisi Perubahan yang mengusung Anies bersama NasDem dan PKS.

“Tidak ada (informasi langsung dari Anies). Kami hanya dapat konfirmasi, tadi kami telepon karena kami inisiatif minta ketemu. Tim 8 dari kami ingin dapat konfirmasi langsung apa benar,” kata Herzaky, Kamis malam, 31 Agustus 2023.

Namun permintaan konfirmasi langsung dari Anies tidak diperoleh Demokrat. Gantinya, utusan Anies yang tergabung dalam Tim 8, Sudirman Said, membenarkan kabar kerja sama politik NasDem dan PKB berikut penetapan Cak Imin sebagai bakal cawapres Anies.

Selepas Demokrat mendapatkan informasi itu, Sekretaris Jenderal Demokrat Teuku Riefky Harsya yang merupakan perwakilan Demokrat di Tim 8 mengeluarkan pernyataan sikap. Dalam pernyataan sikapnya, Teuku Riefky menilai Demokrat dipaksa untuk menerima keputusan sepihak Anies dan NasDem.

“Tiba-tiba terjadi perubahan fundamental dan mengejutkan. Pada Selasa malam, 29 Agustus 2023, di Nasdem Tower, secara sepihak Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh tiba-tiba menetapkan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar sebagai Cawapres Anies, tanpa sepengetahuan Partai Demokrat dan PKS.

Malam itu juga, Anies dipanggil oleh Surya Paloh untuk menerima keputusan itu. Sehari kemudian, 30 Agustus 2023, Anies dalam urusan yang sangat penting ini, tidak menyampaikan secara langsung kepada pimpinan tertinggi PKS dan Partai Demokrat, melainkan terlebih dahulu mengutus Sudirman Said untuk menyampaikannya,” kata Riefky.

Sejauh ini, Anies belum memberikan komentarnya terkait kerja sama politik NasDem dan PKB, begitu juga dengan pengumuman Cak Imin sebagai bakal cawapres yang mendampingi dirinya di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.


SUMURRRR

ngambek nih emoticon-Leh Uga



.bindexee.
muhamad.hanif.2
yakakas
yakakas dan 7 lainnya memberi reputasi
8
1K
32
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan