aerolineasAvatar border
TS
aerolineas
Akan Dibangun Patung Soekarno Berpose Duduk ke Arah Bandung, Ini Filosofinya
BANDUNG BARAT - Seniman I Nyoman Nuarta memastikan akan membangun patung Soekarno di kawasan Perkebunan Teh Walini yang berlokasi di Kecamatan Cikalongwetan, Kabupaten Bandung Barat (KBB) pada tahun 2024.

Nantinya, patung setinggi 100 meter dan kawasan objek wisata itu akan dibangun di lahan seluas 88 hektare dari total luas lahan 1.270 hektare dan sisanya akan dibangun kawasan seperti kota mandiri oleh konsorsium Ciputra.

Berdasarkan desain yang beredar, patung Soekarno yang sangat megah dan menjulang tinggi itu terlihat dalam posisi duduk dengan kepala yang dilengkapi peci menengok ke arah kanan dan belakangan diketahui hal itu ada filosofinya.

"Itu dia (patung Soekarno) menghadap ke Bandung karena dia dulu (kuliah) di Institut Teknologi Bandung (ITB)," ujar I Nyoman Nuarta saat ditemui di NuArt Sculpture Park, Jalan Sentra Duta, Desa Ciwaruga, Kecamatan Parongpong, KBB, Rabu (30/8/2023) sore.

Ia mengatakan, posisi patung Soekarno menghadap ke Bandung tersebut karena pihaknya ingin menunjukkan bahwa patung presiden pertama Indonesia itu seperti tengah berpikir dan merenung.

"Dia merenung dan berpikir, tapi bukan hanya berpikir Indonesia, tapi dunia. Kenapa Jokowi (Indonesia) tidak menjadi anggota blok ekonomi BRICS (Brasil, Rusia, India, Cina, dan Afrika Selatan) karena negara kita nonblok, kalau BRICS itu sudah ada bloknya," kata Nyoman.

Artinya, Presiden Jokowi juga, kata dia, setia dengan masa lalu atau menghargai sejarah yang sudah dicetak oleh Presiden Soekarno sehingga hal itu menjadi alasan bagi I Nyoman untuk membangun patung tersebut.

"Presiden menghargai masa lalu kita, dan kita harus menghargai sejarah," katanya.

Alasan lain Nyoman memilih akan membangun patung Soekarno itu karena pihaknya ingin mengingatkan sejarah kepada semua masyarakat, khususnya anak muda, karena ada perjuangan besar di balik kemerdekaan bangsa Indonesia ini.

"Saya ingin mengingatkan kepada bangsa dan anak muda bahwa bayaran untuk merdeka ini enggak murah, berat, bayangkan penderitaan orang tua dan leluhur kita."

"Jadi edukasi yang penting, perkara nanti bisa menghasilkan duit bagus dong karena ada PAD," kata I Nyoman.

https://jabar.tribunnews.com/amp/202...ni-filosofinya

Tanpa sukarno, Indonesia ini gak bisa merdeka. Pahlawan bangsa ya cuma sukarno, yg lain macam hatta, imam bonjol, pattimura dll itu cuma numpang nama aja.

Dibawah kepemimpinan sukarno saat itu, Indonesia menjadi negara maju, unggul di semua sektor.
nomorelies
bukan.bomat
aldonistic
aldonistic dan 4 lainnya memberi reputasi
5
786
66
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan