pilotproject715Avatar border
TS
pilotproject715
Anies Baswedan Ingin Koruptor Dibuat Jera dengan Pemiskinan


Jakarta - Bacapres Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) Anies Baswedan bicara kasus korupsi yang masih terus terjadi saat ini. Anies mengatakan untuk menekan angka korupsi harus ada hukuman yang bikin takut para pelaku.
Hal itu diungkap Anies dalam pidatonya di Kuliah Kebangsaan Fisip UI, dengan tema "Hendak ke mana Indonesia Kita? Gagasan, Pengalaman dan Rancangan Para Pemimpin Masa Depan", di UI, Depok, Selasa (29/8/2023). Anies mengatakan hukuman yang menjerakan akan menimbulkan rasa takut bagi para pelaku.

"Ketika ada hukuman yang menjerakan, maka hukuman menjerakan itu akan bisa meredam greed dan itu menjadi rasa takut," kata Anies.

Anies menyebut hukuman yang bisa bikin koruptor jera yakni dimiskinkan. Dia menilai hukuman itu yang paling ditakuti.

"Apa hukuman paling menjerakan dalam praktik korupsi? Dimiskinkan, dimiskinkan, diambil hartanya, disita hartanya karena itu yang paling ditakuti oleh semua koruptor," paparnya.

"Yang paling ditakuti itu kehilangan hartanya. Pemiskinan ini harus dan inilah yang harus menjadi pegangan bagi kita semua," sambung dia.

Anies juga mengatakan korupsi didasari oleh kebutuhan dan sistem. Dia pun menuturkan jika hal-hal itu perlu diperbaiki.

"Korupsi karena kebutuhan biasanya gajinya cukup hidup 15 hari, 15 hari berikutnya tidak cukup. Ini harus dicari solusi. Sampai kapan pun akan muncul ini korupsi karena kebutuhan. Kenapa? Karena gajinya hanya cukup untuk hidup 15 hari. Terus 15 berikutnya apa? Sistem remunerasi yang diperbaiki," tuturnya

Lebih lanjut, Mantan Mendikbud RI itu menuturkan korupsi atas sistem juga sering terjadi. Menurutnya, sistem pun perlu dikoreksi.

"Ada kasus-kasus dimana terjebak karena sistem aturan yang ada. Ini koreksinya pada sistem," jelasnya.

"Jadi membereskan soal korupsi kami melihat ada tiga akar yang harus dibereskan di situ, tidak hanya soal penangkapan, tidak hanya soal kalimat pencegahan tapi akar masalahnya," imbuh dia.

detik.com
nomorelies
bas4ra
viniest
viniest dan 11 lainnya memberi reputasi
10
1.6K
121
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan