Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

masnukhoAvatar border
TS
masnukho 
Monyet Curi Ayam Bakar Jadi Penyebab Hutan Bongkok Kebakaran? Ini Dia Faktanya!
Heboh kebakaran hutan Gunung Bongkok Purwakarta disebabkan monyet curi ayam bakar!
Netizen tidak percaya?


Kebakaran hutan Gunung Bongkok, Desa Sukamulya, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Purwakarta, belakangan ini tengah menjadi perbincangan hangat warganet di media sosial.

Diketahui kebakaran hutan Gunung Bongkok terjadi pada hari Selasa, 22 Agustus 2023 lalu sampai dengan hari Rabu 23 Agustus 2023 kemarin.

Akibat dari kejadian kebakaran hutan di kawasan Gunung Bongkok tersebut, kurang lebih 2500 m² luas hutan terbakar.

Unik dan menariknya kabar terbakarnya wilayah hutan di Gunung Bongkok Purwakarta tersebut yaitu terkait penyebab kebakaran hutan GanSis.

Dilansir dari akun Instagram @kumparancom, berdasarkan penjelasan dari Plt Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Purwakarta dijelaskan bahwa penyebab kebakaran hutan Gunung Bongkok tersebut yaitu karena ulah seekor monyet yang mencuri ayam bakar beserta bara apinya dari dua orang pendaki yang sedang membakar ayam.

Akibat ulah monyet mencuri ayam bakar dan terbawa bara api itulah yang akhirnya membuat rumput-rumput kering ikut terbakar dan meluas hingga menghanguskan kurang lebih 2500 m² kawasan hutan Gunung Bongkok.

Adapun kedua pendaki yang ayam bakarnya dicuri oleh monyet hutan tersebut pun berhasil menyelamatkan diri sebelum kebakaran hutan meluas selama kurang lebih dua hari.




Alih-alih percaya dengan alasan kebakaran hutan yang disampaikan oleh BPBD Purwakarta, netizen meragukan bahwa kebakaran hutan tersebut disebabkan oleh monyet mencuri ayam bakar yang terbawa bara apinya.

Warganet menganggap bahwa alasan tersebut sedikit kurang logis karena kebakaran hutan seluas itu hanya disebabkan oleh seekor monyet dan bara api yang menempel pada ayam bakar.

Tidak sedikit netizen yang mengharapkan pihak BPBD Purwakarta menyelidiki lebih lanjut terkait penyebab kebakaran hutan, sebab ditakutkan ada pihak-pihak yang sengaja membakar hutan kemudian mempersalahkan monyet hutan dengan dituduh sebagai pencuri ayam bakar dan penyebab kebakaran hutan.




Terlepas dari alasan kebakaran hutan yang dikabarkan disebabkan oleh ulah seekor monyet yang mencuri ayam bakar milik pendaki, tentu dari adanya kejadian ini dapat dijadikan sebagai pelajaran bagi kita semua GanSis.

Pelajaran berharga yang dapat kita ambil yaitu untuk tidak sembarangan membuat bakar-bakaran entah itu membakar sampah atau memasak makanan dengan kayu terutama saat sedang berada di hutan atau gunung, apa lagi di musim kemarau seperti sekarang.

Jika memang Agan dan Sista mendaki tanpa membawa kompor atau minyak tanah dan hanya bisa memasak dengan menggunakan kayu bakar, maka pastikan tempat kalian membuat bebakaran aman serta kalian tidak meninggalkan api unggun dan bara api begitu saja tanpa memastikan terlebih dahulu semua bara api mati.

Terbakarnya hutan dengan luas ribuan meter persegi tentu saja bukan hanya menimbulkan polusi udara, melainkan juga membuat flora fauna mati atau kehilangan habitat serta tempat tinggal mereka.

Bagaimana menurut Agan Sista terkait alasan hutan Gunung Bongkok Purwakarta ini terbakar, apakah kalian percaya disebabkan oleh monyet yang mencuri ayam bakar?
Silakan berikan pendapat kalian di bawah!




Penulis:@masnukho©2023
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3, 4
Referensi
disini
bagasdiamara269
dasiemsidas
nurhuda008
nurhuda008 dan 15 lainnya memberi reputasi
16
2.1K
202
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan