bakpasAvatar border
TS
bakpas
Lima Kuintal Bawang Miliknya Dijarah Warga, Suyanto Tolak Diganti Pemkab
https://m.goriau.com/berita/baca/5-k...i-sedekah.html

5 Kuintal Bawang Miliknya Dijarah Warga, Suyanto Tolak Diganti Pemkab, Ikhlaskan Sebagai Sedekah




Tangkapan layar warga menjarah bawang merah dari atas mobil pikap yang melintas ruas jalan Ponorogo-Wonogiri, Kecamatan Kauman, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, Selasa (15/8/2023) lalu. (Inews.id)

PONOROGO - Sejumlah warga menjarah bawang merah yang diangkut pikap di ruas jalan Ponorogo-Wonogiri, Kecamatan Kauman, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, Selasa (15/8/2023) lalu. Video peristiwa tersebut viral (beredar luas) di media sosial.

Dikutip dari Kompas.com, Suyanto (41), warga Desa Ngadirojo Lor, Kecamatan Ngadirojo, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah, mengatakan, ada lima kuintal bawang merah miliknya yang yang dijarah warga.

Suyanto menceritakan, saat penjarahan berlangsung, dirinya tidak ada lokasi kejadian. Pikap pengangkut bawang merah itu dikemudikan Jito, sedangkan dirinya tidak ikut.

“Saya tidak ikut sebenarnya. Memang pemiliknya saya. Sopir saya bernama Jito yang mengemudi pikap itu saat peristiwa penjarahan terjadi pada Selasa (15/8/2023),” kata Suyanto saat dihubungi Kompas.com, Selasa (22/8/2023) malam.

Suyanto baru mengetahui bawang merah yang baru dibeli di Nganjuk itu dijarah sehari kemudian. Jito mengakui lima kuintal dari 2,5 ton bawang merah yang diangkut dengan mobil pikap dijarah warga saat melintas di ruas jalan Ponorogo.

“Begitu sampai di Wonogiri, sopir tidak menceritakan. Pagi harinya, baru cerita ke saya,” jelas Suyanto.

Saat warga menjarah, sopir pikap sudah memberitahukan bahwa bawang merah yang diangkutnya milik orang lain. Namun warga tetap menjarah hingga total yang hilang sebanyak 5 kuintal.

“Begitu bawang merahnya dijarah, sopir sempat turun dan memberitahu. Tetapi yang namanya ibu-ibu dikasih tahu malah tidak mau tahu. Sopir kemudian pasrah saja. Kalau dilihat dari video, yang ambil banyak. Itu kan habis acara tutup Grebeg Suro,” tandas Suyanto.

Sehari setelah kejadian, Suyanto dihubungi polisi dan camat setempat. Suyanto diminta datang ke Ponorogo terkait bawang merahnya yang dijarah warga pada Kamis (17/8/2023). Lantaran bertepatan dengan peringatan HUT Ke-78 RI, Suyanto menolaknya. Suyanto baru datang bersama Jito dan beberapa pegawainya di Sumoroto, Kecamatan Kauman, Kabupaten Ponorogo pada Jumat (18/8/2023).

Saat itu, Suyanto mendapatkan tawaran ganti rugi atas kerugian penjarahan lima kuintal bawang merahnya. Namun Suyanto menolak tawaran tersebut. Ia memilih mengikhlaskan bawang merah yang dijarah warga sebagai sedekah.

"Memang pertama mau diganti rugi sama Pemkab. Tetapi saya tidak mau. Mau dikasih kompensasi atau ganti kerugian saya tidak mau tanda tangan. Saya anggap saja itu sebagai sedekah kepada orang lain,” jelas Suyanto.

Meski menolak ganti rugi, Suyanto berharap aksi penjarahan itu tidak terulang kembali. Selama membeli hasil panen petani, baru kali ini Suyanto menjadi korban penjarahan.

“Baru kali saya mengalami kejadian (penjarahan). Mungkin warga mengiranya gratis karena hari itu ada penutupan Grebeg Suro,” ungkap Suyanto.

Suyanto menambahkan sejatinya bawang merah yang baru dibeli dari petani di Kabupaten Nganjuk akan dijual di Pasar Kota Wonogiri dan Kalimantan.

Tak hanya membeli hasil panen bawang merah, Suyanto kesehariannya juga menjadi pengepul hasil panen bawang putih milik petani.

Selain ke Kabupaten Nganjuk, Suyanto kerap mencari hasil panen petani bawang merah dan bawang putih ke Kabupaten Situbondo, Jawa Timur. Selain bawang merah dan bawang putih, Suyanto juga membeli gula merah milik UMKM untuk dijual kembali di pasar.

Bupati Minta Maaf

Video yang memperlihatkan sekelompok ibu-ibu, warga Ponorogo, Jawa Timur, menjarah bawang merah yang tengah diangkut oleh mobil pikap viral di media sosial. Video berdurasi 28 detik itu mulanya diunggah ke media sosial TikTok oleh akun @arifunna dan mendapat berbagai tanggapan dari warganet.

Menurut keterangan pihak Polres Ponorogo, peristiwa penjarahan ini terjadi saat Kirab Budaya Bantaringin di Pasar Sumoroto, Kecamatan Kauman, Kabupaten Ponorogo, Jatim, Selasa (15/8/2023).

Mengenai penjarahan ini, Bupati Ponorogo, Sugiri Sancoko menyampaikan permintaan maaf kepada pihak yang telah dirugikan.

"Saya minta maaf, juga mengingatkan kepada seluruh warga Ponorogo jangan melakukan hal-hal yang viral (penjarahan). Tidak bagus, itu mencederai martabat Ponorogo,” kata pria yang akrab disapa Kang Giri, Jumat (18/8/2023).

Sugiri meminta agar pihak yang merasa dirugikan, baik petani bawang atau sopir pengangkut bawang merah yang dijarah, segera menghubungi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ponorogo.

“Bagi yang dirugikan bisa hubungi kami atau ke Pak Kapolres. Ada instagram pribadi saya, bisa di-chat. Akan diselesaikan dan saya bertanggung jawab penuh,” ujar Giri.

Menurut informasi yang didapat Sugiri, kerugian yang dialami Suyanto akibat penjarahan ini adalah sekitar Rp4 juta.

Sugiri mengatakan, Suyanto telah memaafkan warga yang menjarah dan mengikhlaskan bawang merahnya yang diambil.

“Semoga ikhlasnya Pak Suyanto membawa berkah,” ucap Sugiri, Sabtu (19/8/2023).

Sugiri menjelaskan, peristiwa penjarahan itu terjadi ketika mobil pikap yang membawa bawang merah itu melintas di tengah rombongan Kirab Tutup Suro. Sebelumnya, rombongan Sugiri dan Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, juga melintasi di jalan yang sama.

“Kami memang bagi-bagi jajan, bendera, buku anak-anak, alat tulis juga. Juga ada warga yang membagi, termasuk membagi bawang merah,” ucap Giri.

Jadi, kata Sugiri, mungkin warga menduga mobil pikap yang membawa bawang merah milik Suyanto adalah bagian dari rombongannya, sehingga warga langsung mengambil bawang merah yang dibawa pikap tersebut

***

Ikhlas sebagai sedekah, tapi tetap perilaku masyakarat tidak dibenarkan, menjarah itu perilaku busuk, liat aja videonya alih² menolong malah menjarah,

Diubah oleh bakpas 23-08-2023 06:38
aldonistic
agh05t
antiketek
antiketek dan 5 lainnya memberi reputasi
6
1.4K
99
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan