Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

Novena.LiziAvatar border
TS
Novena.Lizi
Rakyat Jabar Terbelit Utang Pinjol Rp13,8 T, Proyek Patung Soekarno Harus Ditolak
Rakyat Jabar Terbelit Utang Pinjol Rp13,8 T, Proyek Patung Soekarno Harus Ditolak

JUMAT, 18 AGUSTUS 2023 | 15:18


Desain patung Soekarno di Kabupaten Bandung Barat/Net

Rencana pemerintah membangun patung Soekarno Raksasa di kawasan Perkebunan Walini, Kecamatan Cikalongwetan, Kabupaten Bandung Barat (KBB) dipertanyakan banyak pihak.

Banyak yang menilai nilai pembangunan patung Sang Proklamator itu sangat mubazir karena menghabiskan anggran hingga Rp 10 triliun.

Anggaran tersebut dinilai dapat digunakan untuk pembangunan proyekl strategis lainnya yang lebih bermanfaat.

Koordinator Center for Budget Analysis (CBA) Jajang Nurjaman mengatakan, dalam situasi masyarakat Jawa Barat yang terbelit utang pinjaman online senilai Rp13,8 triliun, rencana pembangunan mega proyek di Kabupaten Bandung Barat senilai Rp10 triliun memunculkan kekhawatiran. 

"Pembangunan Mega proyek patung Soekarno berpotensi melukai perasaan warga Jawa Barat, terutama di Kabupaten Bandung Barat, mengingat tingginya tingkat kemiskinan, mencapai 10,82 persen dari total penduduk," kata Jajang dalam keterangannya, Jumat (18/8).

Menganggap warga yang terjerat utang perlu pelarian hiburan, Pemerintah Kabupaten Bandung Barat dan rekanannya mungkin melihat proyek wisata dengan patung Soekarno sebagai solusi. Namun, Jajang menegaskan perlunya evaluasi ulang rencana ini. 

Fokus pada proyek senilai Rp10 triliun ini seharusnya disesuaikan dengan kepentingan publik yang mendesak, seperti pendidikan, kesehatan, atau infrastruktur dasar.

Selain itu, konversi lahan perkebunan menjadi kota mandiri memerlukan analisis dampak lingkungan yang cermat, agar kerusakan lingkungan dan dampak negatif dapat diminimalkan. 

Meskipun proyek ini berpotensi memberikan dampak ekonomi, kekhawatiran muncul terkait distribusi manfaat yang merata di kalangan masyarakat.

"Dalam konteks ini, alternatif cara menghormati Soekarno bisa lebih sejalan dengan nilai-nilai yang dipegangnya, misalnya dengan mendukung pendidikan dan budaya," kata Jajang. []

https://www.rmoldkijakarta.id/rakyat...-harus-ditolak
pilotproject715
bukan.bomat
aldonistic
aldonistic dan 2 lainnya memberi reputasi
3
1K
44
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan