Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

si.matamalaikatAvatar border
TS
si.matamalaikat
MiG-23 Flogger Milik Pribadi Jatuh di Michigan, Kedua Pilot Selamat
Quote:



Kecelakaan pesaawat tempur kembali terjadi Gan, yang terbaru pesawat tempur milik pribadi jatuh di sebelah gedung apartemen di Michigan, AS. Dalam kejadian tersebut kedua pilot pesawat tempur berhasil meneyelamatkan diri dengan kursi lontar dan jatuh di danau. Sementara itu, pesawat yang jatuh tersebut adalah MiG-23 Flogger buatan Soviet. Dari video yang beredar, pesawat terbakar sesaat setelah jatuh. Satu mobil pickup double cabin milik penghuni apartemen rusak akibat dihantam jet buatan Soviet ini.

Mengutip artikel TheDrive.com, kecelakaan ini terjadi pada hari Minggu, 13 Agustus 2023. Pesawat tersebut sedang melakukan manuver dalam pertunjukkan udara Thunder Over Michigan di Ypsilanti, Michigan. Dalam video yang direkam beberapa orang, pesawat berbelok tajam ke kiri dan kedua pilot keluar dari pesawat. Selanjutnya pesawat itu jatuh di sebelah kompleks Lake Apartment di Belleville.

Saat ini masih dilakukan penyelidikan atas kasus kecelakaan tersebut, garis polisi masih terpasang di tempat jatuhnya pesawat. Akibat kecelakaan, acara pertunjukan udara di Minggu sore tersebut dihentikan.

Quote:


MiG-23UB dengan konfigurasi dua tempat duduk yang kecelakaan pada hari Minggu memiliki kode registrasi N23UB, dimiliki oleh Dan Filer, mantan pilot pesawat A-6 Intruder dari Angkatan Laut AS. Pesawat ini kemudian disimpan di hanggar yang berada di Bandara Regional Texas Timur di Gregg County, Texas. Sebagai tambahan, Dan Filer sendiri ikut dalam Perang Teluk yang pertama serta melakukan 47 misi dengan pesawat A-6 Intruder.

Tidak diketahui bagaimana caranya Dan Flier bisa membeli pesawat tempur buatan Soviet ini, tetapi beberapa orang di Amerika memang ada yang memiliki pesawat tempur buatan Soviet secara pribadi. Sebagai tambahan, Dan Filer juga sempat diliput di channel Youtube milik Erik Johnston, tetapi dalam liputan itu, Dan Flier tidak menjelaskan secara rinci dari mana dia mendapatkan MiG-23.

Uniknya Dan Filer tetap bisa memperoleh semacam sertifikat yang diberikan oleh Badan Penerbangan Federal Amerika Serikat (FAA) untuk menerbangkan MiG-23 di AS, meskipun pesawat ini sebenarnya tidak termasuk pesawat yang disertifikasi untuk diterbangkan di Amerika. Sertifikat itu dikenal sebagai classified experimental for exhibition, dan FAA mengaktegorikan MiG-23 sebagai eksperimental. Akan tetapi, dalam penjelasannya di Youtube, Dan Filer mengatakan dia menerbangkan MiG-23 dengan mematuhi aturan yang diberlakukan oleh FAA.

Sebelumnya pada 28 Juli 2023, MiG-23 milik Dan Filer juga mengalami masalah saat tampil di AirVenture Asosiasi Pesawat Eksperimental di Oshkosh, Wisconsin. Waktu itu setelah lepas landas, sepotong kaca jatuh ke tanah dari pesawat. Pecahan kaca itu berasal dari kaca kanopi MiG-23.

Quote:


MiG-23 merupakan pesawat tempur dengan desain sayap ayun, sama seperti desain sayap F-14 Tomcat. Pesawat ini pertama kali terbang pada 10 Juni 1967 dan mulai bertugas pada 1970. Total 5.000 pesawat telah dibuat, dan digunakan oleh 32 negara. Hingga tahun 2023, MiG-23 masih eksis dan diterbangkan oleh Angkatan Udara Angola, Kuba , Republik Demokratik Kongo, Ethiopia, Kazakhstan, Libya, Korea Utara, Sudan, Suriah, serta Zimbabwe. Rata-rata negara Afrika masih banyak menerbangkan pesawat uzur ini.




------------------------



Referensi Tulisan: TheDrive.com
Sumber Foto: sudah tertera
gonugraha76
gubtifaqih
geopoliticsgeek
geopoliticsgeek dan 9 lainnya memberi reputasi
10
4.1K
18
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan