pilotproject715Avatar border
TS
pilotproject715
MUI Desak Panitia Grand Final Cak & Yuk Gresik Minta Maaf


Gresik - MUI Gresik mendesak panitia Grand Final Cak & Yuk Gresik meminta maaf. Permintaan maaf terkait pemilihan lagu yang tidak tepat dan pengenaan busana terbuka dalam acara yang digelar di WEP tersebut.
"Iya ini mencederai marwah Gresik sebagai Kota Santri dan Kota para wali. Panitianya harus segera minta maaf," ujar Ketua MUI Gresik KH Manshoer Shodiq kepada detikJatim, Minggu (13/8/2023).

Mansoer mengatakan promosi kuliner khas hakikatnya bagus. Tetapi menyebut sate babi dalam lirik lagu saat Grand Final Duta Pariwisata di kota yang dikenal sebagai kota para wali sangat memprihatinkan. Mansoer meminta agar lagu itu segera dilakukan revisi.

"Kalau memang hendak digunakan dalam promosi wisata di Gresik, harusnya direvisi atau diedit dan dipotong soal makanan haram yang disebutkan dalam lagu itu," tambahnya.

Menurut Manshoer, pemilihan lagu tersebut sangat tidak tepat jika digunakan untuk mempromosikan Kota Santri. Sebab, selama ini Gresik dikenal dengan masyarakatnya yang menjunjung tinggi nilai agama dan akhlakul karimah.

"Meski lagu tersebut merupakan lagu kolonial. Namun jika diangkat lagi ke masa kini, apalagi dalam kegiatan pemilihan duta pariwisata itu perlu diperhatikan budaya lokal. Nanti akan kami bahas lebih lanjut di MUI," pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, acara Grand Final Cak Yuk Gresik menampilkan keberagaman etnis di Kabupaten Gresik. Beberapa iringan lagu juga disesuaikan dengan etnis-etnis yang ada di Kota Pudak.

Seperti Kolonial, Tionghoa, Arab, Pribumi. Termasuk diputarnya lagu lawas berjudul 'Geef Mij Maar Nasi Goreng'. Lagu itu adalah testimoni seorang wanita Belanda kelahiran Surabaya soal kuliner Surabaya.

Tidak hanya lagu dengan lirik Sate Babi, MUI juga menyayangkan penampilan finalis Cak Yuk yang menggunakan pakaian terbuka. Bahkan pakaian tersebut terlihat dada. Hal itu dianggap tidak mencerminkan Gresik sebagai Kota Santri dan Kota Wali.

detik.com
areszzjay
za4d1
aldonistic
aldonistic dan 8 lainnya memberi reputasi
9
1.9K
86
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan