dvayyaAvatar border
TS
dvayya
Waspada Qris Palsu Ditempel di Penjual Kecil UMKM


Masih inget nggak sama berita Qris palsu di kotak amal masjid? Ternyata modus itu masih banyak terjadi, malah sekarang mengintai pedagang usaha kecil.

Ane dapet cerita ini dari Twitter (masih belum terima nama brandingan baru X) tentang Qris palsu yang ditempel oknum tidak bertanggung jawab di usaha dagang kecil. Ceritanya ada Agan A yang beli Nasi Lengko di warung tendaan pinggir jalan Cibitung. Saat mau melakukan pembayaran Agan A pilih transaksi pembayaran menggunakan Qris yang ditempel di pinggir gerobak.

Nah pas Agan A kasih pilihan ke penjual mau bayar pake Qris, si penjual bingung nanya bali Qris itu apa, Agan A kasih tunjuk stiker Qris yang tertempel di gerobak. Lalu penjual langsung mengiyakan. Setelah transaksi sukses & tunjukin bukti pembayaran si ibu penjual tambah bingung & mau konfirmasi dulu ke suami.





Si suami minta maaf ke Agan A karena merasa nggak paham sama stiker yang dimaksud Agan A. Dia juga mengaku didatangi sama oknum yang ngaku-ngaku dari Shopee mau jalin kerjasama terus nempelin stiker Qris ke gerobak penjual. Nggak ada kecurigaan sama sekali dari penjual karena dipikir hanya stiker biasa. Apes lah Agan A transfer ke rekening yang tidak dikenal.

Si penjual juga ngaku kalau dia nggak punya ATM. Karena nggak mau ada keributan Agan A bayar lagi secara cash ke si penjual, jadi terpaksa bayar dua kali. Diduga modus ini dilakukan oleh oknum tidak bertanggung jawab yang mengincar orang-orang gagap dengan perkembangan teknologi, salah satunya pasangan penjual suami istri ini. 

Jadi pelajaran aja nih buat Agan Sista yang mau melakukan pembayaran di tempat-tempat kecil, konfirmasi lagi bisa Qris nggak, & jangan lupa double checking dengan konfirmasi nama rekening yang tertera di Qris, amit-amit takutnya itu nomor rekening bukan punya si penjual. Makin banyak orang-orang jahat yang nargetin gaptek Qris, kita kudu lebih hati-hati Gan!

Diubah oleh dvayya 13-08-2023 18:09
vizum78
jamban.bocor
mancitybest
mancitybest dan 10 lainnya memberi reputasi
9
1.9K
53
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan