Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

iskrimAvatar border
TS
iskrim
Pertama Dunia, Motor Ini Dibuat dari Sampah Botol Bekas. Hasilnya Bikin Pengen Beli!


Manusia modern memang sudah seharusnya menyadari betapa pentingnya menjaga kelestarian alam, salah satunya adalah mengurangi sampah plastik. Sudah banyak cara dilakukan untuk mendaur ulang sampah plastik mulai dari kantong kresek, alat rumah tangga sampai kebutuhan lebih besar menjadi barang yang berguna, tidak lagi berhenti menumpuk jadi sampah.

Salah satu cara mendaur ulang adalah dengan memanfaatkan sampah plastik botol rumah tangga. Ditangan dingin dan ide cerdasnya Naoto Fukasawa desainer produk asal Jepang dia berhasil membuat sebuah motor scooter listrik. Ya, sebetulnya motor umumnya pun sudah banyak mengandung unsur plastik tapi ini dari jenis yang berbeda.



Naoto Fukasawa dan teamnya (MUJI, Gogoro) yang berpengalaman meminta kepada warga sekitar atau masyarakat yang ingin berpartisipasi untuk mengumpulkan botol bekas dipenampungannya, hasilnya menggembirakan banyak botol berhasil dikumpulkan terutama botol berjenis Polypropylene karena tidak berbau kuat, fleksibel, mudah dibentuk, tahan lama dan tidak terlalu sensitif terhadap perubahan suhu dan cairan kimia.

Setelah botol berjenis Polypropylene ini mereka kumpulkan mulailah dilakukan langkah pemotongan, peleburan hingga proses pembentukan rangka dan body nya sesuai konsep desain yang diinginkan, dan pada akhirnya lahirlah skuter listrik bernama Gogoro VIVA ME dan Gogoro VIVA MIX ME pertama dunia yang terbuat dari limbah plastik rumah tangga.




Namun sayangnya sumber yang saya baca skuter listrik bernama Gogoro VIVA ME dan Gogoro VIVA MIX ME tidak memberikan spesifikasi lengkap tentang profil dan jeroan mesin motor skuter listrik ini.

Tapi inti dibalik ini semua tujuan menyelamatkan bumi dari limbah plastik rumah tangga berhasil mereka lakukan dengan cara mendaur ulang sampah rumah tangga menjadi sebuah motor skuter listrik yang disainnya kekinian, yang ramah lingkungan, tidak bising dan cocok dipakai sehari-hari terutama diperkotaan.



Apakah di Indonesia sendiri sudah ada usaha seperti pak Naoto Fukasawa atau selangkah lebih maju, misalnya membuat body truk atau pesawat dari limbah botol plastik rumah tangga juga? Hm.. semoga saja cepat atau lambat muncul ke permukaan dan mendapatkan perhatian serius dari pemerintah serta dukungan dana dari masyarakat dan swasta? Kita lihat saja nanti.










Copyright © 2016 - 2023 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS

Sumur: Tkp1, Tkp2 | img : gogoro 



Diubah oleh iskrim 03-08-2023 23:13
madjoeki
goeltom25338186
adolfsbasthian
adolfsbasthian dan 10 lainnya memberi reputasi
11
2.2K
133
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan