.barbarian.Avatar border
TS
.barbarian.
Pengamat Duga Putar Balik Dukungan PSI ke Prabowo Tak Lepas dari Instruksi Jokowi
Kamis, 3 Agustus 2023 12:53 WIB

Pengamat Politik Universitas Paramadina Ahmad Khoirul Umam mengomentari arah dukungan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) ke Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

Padahal saat awal mencuatnya bursa capres, PSI memiliki sikap politik mendukung pencapresan Ganjar Pranowo.Khoirul menduga mulai putar baliknya dukungan PSI ini tak lepas dari petunjuk politik Presiden Joko Widodo alias Jokowi.

"Sikap dan keputusan politik PSI yang semula mendukung Ganjar dan kini cenderung mendukung Prabowo, besar kemungkinan atas sepengetahuan dan restu politik Jokowi,” kata dia saat dihubungi, Kamis, 3 Agustus 2023.

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto beserta pengurus partainya berkunjung ke Kantor DPP PSI, Jakarta Pusat, Rabu, 2 Agustus 2023. Dewan Pembina PSI, Grace Natalie menyatakan persamuhan partainya dan Gerindra berlangsung, hangat, serius, namun tetap santai.

“Besar kemungkinan atas sepengetahuan dan restu politik Jokowi,” kata Khoirul.Khoirul juga membaca manuver dukungan PSI pada Prabowo ini, dimaknai PSI usai merapatnya jaringan relawan Jokowi untuk mendukung pencapresan Prabowo Subianto. Sehingga, langkah politik baru PSI menunjukan penegasan bahwa sel-sel politik Jokowi solid mendukung Prabowo.

“Sikap PSI ini mempertegas bahwa sel-sel politik di lingkaran Jokowi semakin solid berkumpul ke kubu Prabowo,” ucap Khoirul.

Ia juga mengatakan bahwa terkonsolidasinya dukungan sel-sel Jokowi pada Prabowo sebagai perlawanan terbuka terhadap mesin politik pencapres Ganjar Pranowo yang diusung PDIP.

"Konsolidasi sel-sel pendukung Jokowi di kubu Prabowo ini semakin menunjukkan perlawanan terbuka Jokowi pada mesin politik pencapresan Ganjar yg diusung PDIP,” kata dia.

Khorul mengatakan bahwa perubahan sikap dukungan ini bisa jadi sebagai sebagai reaksi balik atas perlakuan PDIP kepada PSI. Khoirul tak menafikan bahwa selama ini PSI merasa "tidak dianggap" oleh PDIP.

“Nama PSI tidak pernah disebut sebagai bagian dari partai-partai pendukung Ganjar,” kata dia.

Selain itu, PDIP di sisi lain menilai PSI juga sering "lancang". Pasalnya menuver politik PSI dianggap mendikte keputusan politik PDIP dalam pencapresan Ganjar.

Adapun dalam konteks pemilih, kata dia, ada ketumpangtindihan antara segmen pemilih PDIP dengan PSI. Dimana kata Khoirul, keberadaan PSI menggerus basis pemilih PDIP.

“Sehingga jika mereka berada di gerbong koalisi yang sama, praktik kanibalisme elektoral bisa terjadi,” katanya.

https://nasional.tempo.co/read/17554...struksi-jokowi

Banteng merah jambu runtuh di kotamu..
Ku ayun sendiri langkah langkah semu..
Menikmati angan,, menabur sembako..
Mencari gambaranmu (jokowi),, di waktu lalu..

Sisi ruang batinku,, bantah ocehan banteng..
Tercipta nelangsa,, merenggut sukma..

Terwujud keinginan yang tak pernah terwujud...

Aku pasti pindah..
Pindah ke lain hati...


emoticon-Kaskus Radio

emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka

(Anjir sakit perut sendiri gw nulis ini..)

emoticon-Wakaka
Diubah oleh .barbarian. 04-08-2023 07:24
pilotproject715
db84x4
db84x4 dan pilotproject715 memberi reputasi
2
1.1K
56
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan