iskrimAvatar border
TS
iskrim
Anak 90an Pasti Kenal Benda Satu Ini, Kini Hadir Dengan Fitur Modern [Kompetisi KGPT]


Anak generasi 80 sampai 90an pasti mengenal benda satu ini yaitu kaset, adalah salah satu media penyimpan lagu dalam bentuk gulungan pita bermagnet sebelum era penyimpanan musik format digital fisik Compact Disk dan Flashdisk seperti sekarang ini.

Kaset kala itu menjadi salah satu media penting setelah radio yang biasa memutar lagu-lagu artis atau band populer masa itu. Dalam satu kaset biasanya terdiri dari beberapa lagu dimana kaset baru rilis jika ada artis atau band merilis lagu-lagu baru mereka.

Generasi Z pasti tidak mengalami untuk mendengar lagu favorit secara personal itu selain me-request lagu di radio kita bisa leluasa membeli kaset artis atau band kesukaan disebuah toko kaset yang biasanya juga menjual poster, kaos dan pernak-pernik artis atau band idola. Serunya kalau ada artis atau band lagi 'booming' lagunya kita pernah kehabisan di toko kaset langganan yang akhirnya harus berburu ke setiap toko kaset sampai jauh.

Mereka yang berhasil memiliki kaset favorit rasanya sangat bangga karena selain bisa memutar ulang lagu kesukaan secara personal, bisa pamer ke teman karena dalam kemasan kaset juga ada yang namanya sampul kaset berisi foto-foto dan lirik lagu, terkadang ada juga bonus stiker atau gimmick yang lain. Meski hal ini adalah hal yang biasa di zaman sekarang tapi dulu adalah hal yang sangat berkesan.

Generasi Z dan setelahnya mungkin juga tidak tahu hanya untuk mendengarkan lagu bentuk kaset ini kita harus punya yang namanya tape radio pemutar kaset portable berukuran sedang sampai cukup besar. Ada tombol fisik bertuliskan Play, Pause, Forward, Rewind, Record sebagai pengontrol lagunya.



Hal yang cukup menyedihkan di era kaset ini adalah pita kaset yang bisa kusut, putus, pita melengkung atau terlipat, kualitas suara menurun dan untuk mendengar lagu yang ada di urutan 5 pada Side A atau urutan 9 pada Side B misalnya kita harus rela mendengar dari lagu pertama sampai track yang dimaksud, ada sih tape radio yang memiliki sensor pembaca track tapi saat itu harganya terbilang mahal tidak semua pabrikan radio tape membuat fitur ini dan tidak setiap orang mampu membelinya, tapi saya termasuk yang beruntung karena pernah punya tape radio semacam ini.



Nah, sekarang di zaman internet dimana semua huburan banyak berformat digital dan praktis tape ini kembali hadir untuk menghidupkan kembali masa-masa manis itu terutama anak 80-90an tapi dalam format dan fungsi yang berbeda. Kaset yang saya maksud disini adalah sebuah power bank didesain mirip kaset berkapasitas 10000MAH.



Sebagai mana layaknya power bank kaset ini terdapat dual USB port, baterai berbahan Polymer lithium, bisa digunakan sebanyak 500x pemakaian, fitur led charging dan discharging mode, fitur keselematan (over charge, over voltage, over power, dan short circuit protection),

Sebagai informasi produsen power bank ini juga menjual power bank dalam bentuk Diskette Floppy Disk yang ukurannya kecil dangan kapasitas yang lebih kecil juga. Sebuah kenangan manis yang tidak terlupakan dari kedua media ini. Hm.










Copyright © 2016 - 2023 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS

Sumur: Tkp | img : Dok. Pribadi dan iremaxusa 




vegamio
pakdejoss
sulutinfotech
sulutinfotech dan 19 lainnya memberi reputasi
20
3K
238
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan