gabener.edanAvatar border
TS
gabener.edan
Anies Jawab Jokowi soal Pembebasan Lahan Sodetan Ciliwung Sempat Mangkrak


Jakarta - Presiden Joko Widodo mengatakan penyebab mangkraknya proyek Sodetan Ciliwung di Jakarta Timur ialah persoalan pembebasan lahan sempat tak dijalankan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Merespons itu, Bacapres Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) Anies Baswedan menilai setiap proses pembangunan memerlukan waktu.

"Semua yang sifatnya pembangunan itu pasti memerlukan waktu," kata Anies di kediamannya, Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Selasa (1/8/2023).

Anies menjawab pertanyaan terkait penyebab terhambatnya proyek Sodetan Ciliwung di era Anies.

Meski begitu, Mantan Gubernur DKI Jakarta 2017/2022 itu bersyukur proyek Sodetan Ciliwung dapat selesai. Menurutnya, setiap fase kepemimpinan akan ada proyek yang dapat diselesaikan.

"Saya menyampaikan rasa syukur alhamdulillah bahwa proyek Sodetan yaitu membangun terowongan yang besar dari Ciliwung ke Kanal Banjir Timur (KBT) itu selesai," ujar dia.

"Di setiap fase kepemimpinan ada porsi pekerjaan yang diselesaikan, di setiap fase," sambungnya.

Baca juga:
Asa Jokowi Resmikan Sodetan Ciliwung Usai 6 Tahun Tertunda

Sebelumnya, Jokowi mengungkap penyebab sempat mangkraknya proyek Sodetan Ciliwung di Jakarta Timur yang diresmikannya. Jokowi mengatakan penyebabnya adalah persoalan pembebasan lahan.

Jokowi mengatakan kala itu kegiatan pengeboran proyek Sodetan Ciliwung terpaksa dihentikan lantaran Pemprov DKI Jakarta tidak menyelesaikan persoalan pembebasan lahan. Sebagai informasi proyek tersebut sempat mangkrak 6 tahun sebelum akhirnya dilanjutkan Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono.

"Pembebasan lahan. Karena memang pekerjaan ini sangat tergantung pada pekerjaan lahan. Sehingga saat itu kegiatan pengeboran terhenti karena pembebasan tanahnya tidak diselesaikan oleh Pemprov DKI," kata Jokowi usai meresmikan Sodetan Ciliwung di kawasan Bidara Cina, Jakarta Timur, Senin (31/7/2023).

Jokowi mengatakan selesainya proyek Sodetan Ciliwung ini berkat kerja sama antara Pemerintah Pusat dengan Pemerintah Daerah. Proyek ini total memakan waktu 11 tahun hingga akhirnya diresmikan.

"Sekarang rampung dan sudah selesai. Oleh sebab itu saya katakan pekerjaan ini bersama sama Kementerian PUPR dan Pemprov DKI Jakarta," ujarnya.

https://news.detik.com/berita/d-6853...empat-mangkrak

Quote:


biar fakta bicaraemoticon-Cool
baiknbongol
xneakerz
Proloque
Proloque dan 11 lainnya memberi reputasi
12
1.5K
50
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan