amdar07Avatar border
TS
amdar07 
Peneliti Temukan Bukti Bumi Berubah Jadi Bola Salju [Kompetisi KGPT]
#AmdarGanteng



emoticon-Wowemoticon-Wow emoticon-Wow
Halo agan dan sista,
Ane mau cerita nih, agan-agan dan sista-sista, tentang penemuan terbaru yang bikin heboh para peneliti. Jadi, baru-baru ini para ilmuwan menemukan bukti yang menunjukkan bahwa Bumi dulu berubah menjadi bola salju! Seru banget kan?

Ternyata, dulu Bumi kita ini nggak kayak sekarang, lho. Pernah nggak agan dan sista bayangin kalau Indonesia itu kayak Antartika? Wah, pasti susah banget kan membayangkan itu. Tapi pada jaman dahulu, wilayah khatulistiwa kita ini sebenarnya tertutupi oleh es yang tebal. Serem juga ya kalau kita bayangin.



sumber

Nah, pertanyaannya sekarang adalah, ke mana perginya salju dan es itu? Kok sekarang nggak ada lagi? Peneliti-peneliti baru-baru ini menemukan bahwa episode bola salju terakhir terjadi sekitar 635 juta tahun yang lalu. Wah, jauh banget ya!

Tapi, jangan khawatir, agan dan sista. Penelitian ini bukan cuma sekedar tebakan semata. Para ilmuwan udah melakukan penelitian yang serius dan mempublikasikan hasilnya dalam jurnal Geologi. Mereka menemukan bahwa es di sebagian besar Bumi ini mencair dengan cepat dalam waktu 1 juta tahun. Wah, cepat banget ya!

Sebelum penemuan ini, penanggalan yang ada udah punya error bar beberapa juta tahun. Jadi, nggak bisa dipastikan dengan pasti kapan tepatnya peristiwa pencairan Bumi Bola Salju terakhir ini terjadi. Tapi sekarang, dengan penelitian baru ini, para ilmuwan bisa menghitung laju pencairan dengan lebih pasti. Mantap, kan?

Tapi, agan dan sista jangan berpikir kalau penelitian ini gampang. Para ilmuwan harus mencari batuan vulkanik yang bisa dijadikan sampel dari berbagai belahan dunia. Tapi jangan khawatir, meskipun kayak unicorn yang susah dicari, para ilmuwan yakin bahwa batuan-batuan ini ada di luar sana "menunggu untuk ditemukan". Semoga segera ketemu ya!



sumber

Jadi, kesimpulannya adalah Bumi kita ini dulu pernah berubah menjadi bola salju. Es dan salju menutupi wilayah khatulistiwa, termasuk Indonesia. Tapi sekarang, es-nya udah nggak ada lagi. Penelitian ini membuktikan bahwa Bumi punya kemampuan untuk berubah dengan cepat dalam skala waktu yang pendek dan lama. Seru banget kan, agan dan sista?
Thanks and see you next thread GanSist.


hilman716
evann939
andiwiraa2000
andiwiraa2000 dan 20 lainnya memberi reputasi
19
2.4K
42
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan