Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

mabdulkarimAvatar border
TS
mabdulkarim
Cerita Jokowi Pakai Kemeja Putih Buatan Anak SMKN 4 Bengkulu


LIFESTYLE - Mentari Puspadini , CNBC Indonesia
29 July 2023 21:45
SHARE 
Kisah kemeja putih Joko Widodo. (Instagram/jokowi) Foto: Kisah kemeja putih Joko Widodo. (Instagram/jokowi)
Jakarta, CNBC Indonesia - Kemeja putih dengan lengan digulung adalah salah satu gaya andalan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi). Meski begitu, tak banyak yang tahu asal muasal pakaian pemimpin negara tersebut.
Tak seperti pemimpin negara lainnya yang memakai setelan jas atau seragam dinas khusus saat bekerja, Jokowi tampak lebih sering menggunakan kemeja putih dengan lengan yang digulung sampai siku.

Jokowi pun mengaku, baju kemeja yang ia pakai salah satunya diproduksi oleh murid Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN).

Dalam unggahan video di akun Instagram resminya, Jokowi mengungkapkan, 2 bulan lalu memesan kemeja putih kepada siswa SMKN Negeri 4 Kota Jambi. Pada saat berkunjung ke sekolah itu, Jokowi mengaku mendapati para siswa jurusan tata busana sedang melaksanakan praktikum.

"Baju yang saya pakai ini produksi SMKN 4 Jambi. Saya pesen 2 bulan lalu terus jadi langsung saya pakai. Kemeja inilah yang saya pakai kali ini dalam kunjungan ke Bengkulu. Pas banget di badan saya, enak dipakai, kualitas jahitannya bagus sekali," tutur Jokowi, Sabtu, (29/7/2023).

Seperti diketahui, Jokowi melakukan kunjungan ke Bengkulu pada 20-21 Juli 2023 lalu. Saat itu, Presiden melakukan serangkaian kegiatan, termasuk meresmikan ruas tol Bengkulu-Taba Penanjung.



Kisah kemeja putih Joko Widodo. (Instagram/jokowi)
Siswa SMKN 4 Jambi Ariska dan Zea adalah dua peserta didik yang terpilih untuk mengerjakan baju milik Jokowi tersebut. Mereka mengaku senang ketika mendapat mandat untuk membuat baju yang dipakai orang nomor satu di Indonesia tersebut.

"Insyaallah satu hari jadi," ujar mereka antusias, ketika ditanya target pengerjaan baju tersebut.

Sejak menjabat Gubernur Jakarta sekitar tahun 2014 lalu, Jokowi memang sudah terlihat sering memakai baju putih berlengan setengah tersebut.

Jokowi mengaku punya alasan khusus mengapa dirinya selalu mengenakan setelan khasnya.


Kisah kemeja putih Joko Widodo. (Instagram/jokowi)
"Sengaja dong memang pakai pakaian seperti itu. Kenapa putih? Pertama harganya murah, berarti kalau murah ya ngirit. Yang kedua dengan gaya seperti ini kalau dipakai kelihatan pas," ujar Jokowi saat memantau pengerjaan pembangunan tol JORR (Jakarta Outo Ring Road) W 2, di kawasan Pesanggrahan, Jakarta Selatan, Rabu (7/5/2014).

Soal lengan kemeja yang selalu digulung hingga siku ternyata Jokowi juga memiliki filosofi sendiri. Selain agar pas di badan, lengan kemeja Jokowi yang digulungi mencerminkan kesiapannya untuk bekerja sebagai pemimpin.

"Kalau digulung itu punya makna sendiri, itu mengartikan sebagai seorang pemimpin kita siap untuk bekerja," terangnya.

https://www.cnbcindonesia.com/lifest...mkn-4-bengkulu

biasaya pakai kemeja putih, baju kotak-kotak, batik, jas hitam, dan baju adat
sc5
nomorelies
nomorelies dan sc5 memberi reputasi
2
552
8
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan