Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ganjar2029Avatar border
TS
ganjar2029
Ahok Bakal Gantikan Nicke Widyawati di Pertamina? Ini Kata Erick Thohir


Baru-baru ini beredar kabar Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok akan menggantikan Nicke Widyawati di kursi Direktur Utama PT Pertamina (Persero). Saat ini, Ahok merupakan Komisaris Utama Pertamina, jabatan yang dia emban sejak 2019.


Kabar tersebut santer terdengar, terlebih Nicke dan Ahok terlihat menyambangi kantor Menteri BUMN Erick Thohir, meski pada waktu berbeda. Ahok diketahui menyambangi Kementerian BUMN pada Selasa (18/7) kemarin, sementara Nicke datang hari ini, Kamis (20/7).


Benarkah kabar tersebut?
Erick menegaskan hingga saat ini belum ada pergantian posisi di kursi petinggi Pertamina. Meski begitu, dia menilai penyegaran dalam jabatan sebuah BUMN hal biasa.


"Saya rasa tour of duty bisa saja terjadi, tapi saya belum bisa mengkonfirmasi kalau memang itu sudah ada keputusan," kata Erick saat ditanya kabar tersebut usai bertemu mantan Perdana Menteri Inggris Tony Blair di Kementerian BUMN, Jakarta, Jumat (21/7).


Erick menekankan, banyak hal di Pertamina yang perlu disinkronkan dengan BUMN lain, terutama antar klaster. Sebagai contoh pembentukan Holding BUMN Panas Bumi (geothermal) yang menurutnya hingga saat ini belum juga rampung karena belum ada kecocokan konsep dengan BUMN atau instansi terkait seperti PLN dan Kementerian Keuangan yang membawahi BUMN PT Geo Dipa Energi (Persero).


Perbesa
"Saya tekankan Pertamina dan PLN masalah geothermal saja belum tuntas," kata Erick.

Menurut Erick, pembentukan holding ini mendesak karena potensi energi panas bumi yang bisa ditangkap mencapai 2,4 gigawatt, termasuk terbesar di dunia setelah Amerika Serikat. Panas bumi juga merupakan energi baseload, sama seperti batu bara, tapi ramah lingkungan.


Dia menjelaskan sudah ada model kepemilikan bersama yang disodorkan seperti RS BUMN yang di dalamnya dimiliki Pertamina dan Pelindo. Kalau holding panas bumi jadi kesepakatan bersama, Kementerian Keuangan, PLN, dan Pertamina bisa membagi saham mereka.


"Jadi apakah pergantian kepemimpinan itu terjadi? Sampai hari ini belum," ujarnya.


Beda pembahasan Nicke dan Ahok
Dalam pertemuan yang berbeda, Erick mengatakan memang ada pembahasan yang tak sama antara Nicke dan Ahok baru-baru ini. Untuk Nicke misalnya, pada pertemuan lusa lalu, dia membahas soal penyelamatan anak usaha PT Pupuk Indonesia (Persero) yaitu PT Rekayasa Industri (Rekind).


Perbesar
Menurut dia, selain Pupuk Indonesia akan injeksi dana dan akan restrukturisasi keuangan Rekind, Pertamina juga diminta membantu dengan memberikan proyek EPC.

Sementara dalam pertemuan dengan Ahok, Erick menjelaskan soal persepsi penambahan kilang di Plumpang usai insiden kebakaran beberapa bulan lalu.

"Kalau nambah kilang, dengan keterbatasan lahan, (bangun) kilangnya di mana? Nah ini perlu diskusi. Jadi ya saya sering panggil Komut dan Dirut (Pertamina) dengan konteks berbeda untuk pastikan program ini berjalan," ujar dia.

Ahok Bakal Gantikan Nicke Widyawati di Pertamina? Ini Kata Erick Thohir | kumparan.com

Bayangin nya aja udah seneng.
Apalagi kelak di 2024 di support Ganjar yang sudah jadi presiden. 

Ahok dengan ketegasannya akan mengubah Pertamina menjadi lebih baik lagi.
Dengan pembuktian harta terbalik, semua pegawai korup di pertamina yg kini masih bebas akan musnah.
Ganjar pun sudah sangat commit untuk peningkatan dalam masalah pemberantasan korupsi.

tanpa korupsi Pertamina akan menjadi perusahaan paling unggul
tanpa korupsi Indonesia akan semakin maju. emoticon-I Love Indonesia






nomorelies
nomorelies memberi reputasi
1
1.4K
38
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan