biohazard89Avatar border
TS
biohazard89
Mengapa Jamur Matsutake Sangat Mahal dan Unik? [Kompetisi KGPT]
Wah, agan dan sista pasti udah pernah denger tentang jamur matsutake kan? Nah, jamur yang satu ini emang unik banget, ukurannya besar dan tebal. Makanya nggak heran kalo harganya mahal banget, karena langka banget. Tapi tau nggak sih, ternyata matsutake nggak cuma tumbuh di Jepang aja, tapi juga di negara-negara beriklim sejuk seperti Tiongkok, Laos, Finlandia, Swedia, dan Korea.



Jamur matsutake ini berasal dari bahasa Jepang, "matsu" yang artinya pinus dan "take" yang artinya jamur. Makanya, jamur ini sering banget dihubung-hubungin sama pohon pinus. Di Jepang sendiri, jamur ini tumbuh liar tapi susah banget ditemuin, bahkan sampe sekarang belum bisa dibudidayakan. Makanya harganya mahal banget, sista!

Selain unik dan langka, matsutake ini juga punya aroma yang khas banget. Di Jepang, jamur ini dihargai banget karena aromanya yang kuat. Ada yang bilang, aromanya itu campuran antara spicy, fruity, dan ada juga sedikit aroma cengkeh manis. Bayangin deh, rasanya pasti enak banget!



Tapi, sayangnya matsutake ini cuma bisa tumbuh di musim gugur. Makanya, berbagai olahan masakan yang terbuat dari jamur matsutake cuma bisa dinikmati di musim itu aja. Nggak kayak hidangan lain yang bisa dibuat setiap saat. Apalagi, jamur ini juga sering dijadikan hadiah spesial di musim semi. Di Jepang, matsutake dianggap sebagai simbol panjang umur dalam perayaan musim semi.

Tapi, tau nggak sih, kenapa jamur matsutake jadi langka banget? Jadi, ketika pendapatan rumah tangga Jepang naik pesat, jumlah jamur matsutake yang dipanen malah turun drastis. Kenapa? Karena ada serangga yang muncul dan mematikan pohon Cemara, habitat jamur matsutake. Akibatnya, produksi jamur ini menurun banget. Padahal, sampai sekarang belum ada metode pertanian yang berhasil untuk mengembangbiakan matsutake.



Jadi, jangan heran kalo matsutake ini harganya mahal banget, gansis. Selain unik dan enak, jamur ini juga langka banget. Kalo agan mau coba, pasti rasanya bakal bikin nagih! Yuk, cobain deh, tapi jangan lupa siapin dompet yang tebel ya!
NyxFairy
tesarion
veromoss
veromoss dan 7 lainnya memberi reputasi
8
1.4K
54
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan