Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

allskyAvatar border
TS
allsky
Foto Jokowi besuk Cak Nun di RS adalah hasil editan dan palsu



Berita dari AFP Indonesia •
Kemarin 16.13

Sebuah foto hasil editan dibagikan dalam berbagai unggahan yang mengklaim gambar tersebut menunjukkan Presiden Joko Widodo dan istrinya mengunjungi intelektual muslim Emha Ainun Nadjib di rumah sakit di bulan Juli 2023. Foto itu sebenarnya adalah hasil gabungan dua foto Jokowi dan istrinya, Iriana, yang menjenguk mantan presiden BJ Habibie nyaris satu dekade lalu dan foto wajah Cak Nun yang disisipkan ke dalam gambar.

Foto yang sepertinya menunjukkan Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana membesuk intelektual muslim Emha Ainun Nadjib, alias Cak Nun, diunggah di postingan Facebook ini pada tanggal 12 Juli 2023.

"Wong kang ngalah luhur wekasane," bunyi status unggahan itu dalam bahasa Jawa, yang berarti: "Orang yang mengalah tinggi derajatnya."

Status unggahan itu melanjutkan dalam bahasa Indonesia: "Kedatangan jokowi dan ibu negara menjenguk cak nun yang sedang sakit merupakan suatu pelajaran yang luhur," sebut keterangan teks dalam unggahan itu.

"Kita tahu beberapa kali cak nun dalam ceramahnya sering menguliti jokowi. Bahkan memberikan stempel gelar yang sangat menyakitkan, tapi jokowi membalas dengan perlakuan sebaliknya.

Sumber: AFP Fast Check

0
748
20
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan