medievalistAvatar border
TS
medievalist
Viral Desain Tol Bawah Laut Penghubung Jawa-Bali, Koster: Saya Tolak!
Viral Desain Tol Bawah Laut Penghubung Jawa-Bali, Koster: Saya Tolak!

Senin, 17 Jul 2023 16:53 WIB


Tangkapan layar video desain tol bawah laut yang menghubungkan Pulau Jawa dengan Pulau Bali di akun TikTok @adi_harsono

Denpasar - Gubernur Bali Wayan Koster buka suara terkait video viral yang memperlihatkan desain tol bawah laut yang menghubungkan Pulau Jawa dengan Pulau Bali. Berdasarkan video yang diunggah oleh akun TikTok @adi_harsono, tol Jawa-Bali yang didesain terbuat dari kaca itu disebut memiliki panjang dua kilometer.

Koster mengaku belum mengetahui rencana pembangunan jalan tol tersebut. Tetapi, dia menegaskan menolak jika jembatan penghubung Jawa-Bali itu benar-benar dibangun.

"Saya belum tahu. Tapi kalau jembatan Jawa-Bali, saya tolak!" tegas Koster di kantor DPRD Bali, Senin (17/7/2023).

Meski demikian, Koster sudah sempat mengecek video tol bawah laut itu. Gubernur asal Desa Sembiran, Buleleng, itu mengungkapkan video tersebut dibuat oleh kementerian. Namun, Koster tak menjelaskan kementerian apa yang dia maksud. Maka dari itu, Koster tak tahu menahu soal wacana tersebut.

"Saya sudah cek ternyata itu bikinan kementerian," kata politikus PDIP itu singkat sembari berlalu.

Video yang diunggah akun TikTok @adi_harsono itu menyebutkan tol sepanjang 2 kilometer itu akan dibangun di Jawa Timur. Akun itu mengungkapkan desain tol penghubung Jawa dan Bali itu didesain unik karena dinding tol menggunakan kaca antipecah dengan ketebalan tertentu.

"Nantinya Jawa dan Bali akan tersambung dengan adanya tol bawah laut di Jawa Timur ini," demikian tertera dalam video TikTok tersebut.

Selain itu, video tersebut juga menyebut tol bawah laut ini akan dibangun di daerah poros Situbondo dan Banyuwangi menuju pantai Pura Segara Rupek, Buleleng, Bali. Tampak dalam video, ikan-ikan dan biota laut lainnya wara-wiri saat sejumlah kendaraan melintasi jalan tol bawah laut berdinding kaca itu.

"Tol bawah laut ini juga akan dilengkapi dengan terowongan kaca yang terbuat dari campuran nanopartikel silica (SiO2) dan bahan lainnya yang kuat. Selain itu, pondasi tol bawah laut ini menggunakan konsep Submerged Floating Tunnel (SFT)," tulis akun tersebut.

Hingga Senin (17/7/2023) sore, video desain tol Jawa-Bali itu telah disukai oleh 31 ribu pengguna TikTok. Video itu juga mendapat ribuan komentar dari warganet.

Wacana Lama

Sebagai informasi, wacana pembangunan jembatan penghubung Pulau Jawa dan Bali telah muncul sejak lama. Wacana tersebut muncul dan menghilang. Namun, sejumlah kalangan di Bali tak pernah setuju dengan rencana pembangunan jembatan tersebut.

Saat ini, warga dari Pulau Jawa yang hendak masuk ke Pulau Dewata hanya bisa melalui jalur laut dan udara. Padahal, pada momen-momen tertentu, jumlah kendaraan yang menyeberang melalui Selat Bali kerap membludak.

Tak hanya pemerintah daerah di Bali, Persatuan Hindu Dharma Indonesia (PHDI) juga kerap mengisyaratkkan menolak jika wacana pembangunan jembatan penghubung Jawa-Bali kembali mengemuka. Alasannya, kedua pulau itu tak boleh disatukan dengan jembatan penghubung.

Penolakan jembatan Jawa-Bali juga lekat dengan mitologi yang diyakini oleh masyarakat Hindu di Bali. Berdasarkan mitologi itu, Pulau Bali dan Pulau Jawa secara sekala dan niskala harus dibatasi oleh laut. Warga meyakini jembatan penghubung Jawa-Bali akan berpengaruh terhadap pergeseran nilai dan tatanan sosial budaya masyarakat Bali.

https://www.detik.com/bali/berita/d-...ter-saya-tolak

.barbarian.
nomorelies
candidat.master
candidat.master dan 5 lainnya memberi reputasi
6
1.7K
80
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan