dompetjadipeciAvatar border
TS
dompetjadipeci
Bocydium globulare — Serangga Menyeramkan ini Membuatmu Tak Tahan Melihatnya



Di alam liar terkadang kita menemukan beberapa spesies hewan yang memiliki perawakan tak lazim. Wujud tak lazim dari hewan-hewan tertentu ini sebenarnya tercipta karena proses evolusi yang panjang. Proses evolusi panjang ini menciptakan wujud hewan yang menyesuaikan dengan lingkungannya sehingga berbagai wujud aneh dari suatu makhluk hidup sebenarnya adalah teknik adaptasi terbaik yang telah teruji oleh waktu. Oleh sebab itu gansis jangan kaget bila menemukan beberapa hewan berwujud tak lazim di alam liar.

Mulai dari binatang tingkat rendah hingga kompleks masing-masing diantaranya terdapat beberapa spesies yang menghasilkan morfologi tak lazim. Salah satu contohnya adalah serangga. Beberapa serangga di muka bumi banyak yang memiliki perawakan aneh dan sulit diterima nalar berpikir. Seperti yang ditunjukkan oleh perawakan serangga berikut ini yang akan membuatmu terkejut atas bentuk anehnya. Penasaran seperti apa wujud menyeramkan dari serangga tersebut, mari kita amati pada thread kali ini!



(Bukan skala asli)


Bocydium globulare merupakan serangga endemik Brazil yang memiliki perawakan aneh dan tak lazim. Kepala serangga ini memiliki globula-globula aneh yang membuat seseorang merinding ketika pertama kali melihatnya. Meskipun demikian, serangga ini memiliki panjang maksimal 0,75 cm yang membuatnya tidak berbahaya sama sekali bagi manusia. Jadi, ketika berada di alam liar gansis akan kesulitan untuk menemui hewan ini saking kecilnya.

Adapun fungsi utama globula-globula aneh dikepalanya yakni digunakan untuk menakut-nakuti predator agar tidak memangsanya. Wujud adaptasi membentuk wujud mengerikan di alam liar sering dilakukan oleh berbagai organisme agar mampu bertahan pada lingkungannya. Sejak 1953 peneliti biologi belum dapat menyimpulkan kegunaan dari globula yang terdapat pada kepalanya.



Bentuk aneh dikepalanya ini merupakan perpanjangan dari bagian thorax yang memanjang hingga ke atas kepala. Nampaknya belum ada fungsi spesifik yang telah diteliti dari organ spesial ini selain menakuti dan menghalangi predator untuk mengonsumsinya. Bentuk globula aneh ini cukup keras dan kokoh dan menyulitkan predator dalam memangsanya. Meski globula tersebut memakan hampir 30% bagian tubuhnya, serangga ini tetap dapat melakukan lompatan cepatnya sehingg organisme ini dikategorikan sebagai tree hopper.

Di dalam ekosistem, serangga ini memiliki peran penting dan vital dalam dinamika jaring-jaring makanan. Serangga ini berperan dalam membuat lubang-lubang kecil pada tanaman yang membuat sari makanan dari tumbuhan dapat keluar dan merangsang semut untuk datang. Semut akhirnya melindungi treehoper dan juga pepohonan sehingga simbiosis yang tercipta dari kegiatan ini dapat dikategorikan sebagai simbiosis mutualisme.



Jadi dibalik menyeramkannya wujud dari hewan ini ternyata ia bermanfaat bagi lingkungan dan keberadaannya di ekosistem telah menciptakan relung yang tak tergantikan. Meski hewan ini memiliki adaptasi morfologi yang membuat predator menghindar. Ternyata ada beberapa hewan yang tak terpengaruh dengan wujud aneh tersebut. Salah satunya adalah burung. Berbagai jenis burung kecil memburu serangga ini untuk dijadikan snack sehari-hari sehingga populasi Bocydium globulare di alam liar tidak pernah meledak.




Itu dia Bocydium globulare yang merupakan serangga treehopper dengan wujud menyeramkan. Spesies treehopper sendiri telah terkenal dengan bentuknya yang bermacam-macam. Ada ribuan spesies treehopper dengan wujud yang bervariasi, namun Bocydium globulare merupakan salah satu diantaranya yang memiliki perawakan paling aneh dan tak lazim. Kendati demikian, wujud anehnya bukanlah sesuatu yang membahayakan karena organ tersebut bukan berisi toxin ataupun venom. Jadi ketika bertemu organisme ini di alam liar, jangan takut dan jangan membunuhnya!


Sumber : Disini
cahlenong
AldyShePHONXSky
twaghofur871
twaghofur871 dan 15 lainnya memberi reputasi
16
4.7K
126
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan