Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

mabdulkarimAvatar border
TS
mabdulkarim
Personel Operasi Damai Cartenz Diserang Pakai Kapak di Papua, 2 Polisi Terluka


Kompas.com - 13/07/2023, 17:41 WIB 1 Lihat Foto Sebanyak tujuh orang tak dikenal (OTK) serang personel Operasi Damai Cartenz 2023 di Dogiyai, Papua, Kamis (13/7/2023). (Dok. Humas Satgas Operasi Damai Cartenz. ) Penulis Adhyasta Dirgantara | Editor Novianti Setuningsih
JAKARTA, KOMPAS.com - Personel Operasi Damai Cartenz 2023 diserang oleh orang tak dikenal (OTK) di Kabupaten Dogiyai, Papua. Sebanyak dua polisi terluka akibat serangan OTK tersebut. Kepala Satgas Humas Operasi Damai Cartenz Kombes Donny Charles Go mengatakan, kejadian itu terjadi pada Kamis (13/7/2023) siang.

Kejadian bermula ketika personel Operasi Damai Cartenz sedang mengantar salah satu anggota yang sakit untuk dibawa ke rumah sakit di Paniai.

Di perjalanan, rombongan dihadang oleh tujuh orang tak dikenal.

"Bahwa benar, terjadi penghadangan dan penyerangan terhadap anggota Damai Cartenz sekitar pukul 11.00 WIT," ujar Donny saat dimintai konfirmasi, Kamis.

"Pada saat itu, anggota kami sedang mengantarkan rekannya yang sakit ke rumah sakit Paniai. Di tengah jalan, tepatnya di Kampung Idakebo, Distrik Kamu Utara, Dogiai, tiba-tiba dihadang oleh sekelompok OTK yang berjumlah tujuh orang," katanya lagi.

Ketika dihadang, Donny mengatakan, para anggota hendak merespons penghadangan tersebut dengan keluar dari mobil. Namun, ketika baru membuka pintu mobil, tiba-tiba salah satu orang tak dikenal itu melempar kapak ke arah mobil.

Kapak tersebut mengakibatkan kaca mobil pecah. Bahkan, salah satu anggota terluka karena terkena kapak.

"Satu anggota kami mengalami luka di pelipis kiri terkena kapak," ujar Donny.

Kemudian, kata Donny, para OTK ini juga sempat ingin merampas senjata para anggota. Hanya saja, upaya mereka merebut senjata gagal. Sebab, polisi melepaskan tembakan untuk membubarkan mereka.

"Secara terdesak anggota kami meresponsnya dengan melakukan tembakan untuk membubarkan OTK dan melakukan pengejaran ke arah gunung," kata eks Kabid Humas Polda Kalimantan Barat ini.

Donny mengungkapkan, para anggota yang terluka mengalami luka di bagian pelipis, dada belakang, dan kepala belakang akibat terkena senjata tajam. Sementara itu, kerugian materiil yang dialami berupa kaca mobil bagian belakang pecah.

https://nasional.kompas.com/read/202...apua-2-polisi.

7 OTK Serang Satgas Damai Cartenz di Dogiyai Papua Tengah, 2 Polisi Terluka

Foto: Tujuh OTK serang Satgas Damai Cartenz di Dogiyai. Dokumen Istimewa
Dogiyai - Personel Satgas Damai Cartenz diserang oleh orang tak dikenal (OTK) di Kabupen Dogiyai, Papua Tengah. Dua polisi terluka dalam aksi serangan tersebut.
"Bahwa benar terjadi penghadangan dan penyerangan terhadap anggota Damai Cartenz sekitar pukul 11.00 WIT," kata Kasatgas Humas Damai Cartenz Kombes Donny Charles Go dalam keterangannya, Kamis (13/7/2023).

Donny mengungkapkan serangan terjadi saat personel Satgas Damai Cartenz hendak mengantar satu anggota yang sedang sakit ke RS Paniai. Namun dalam perjalanan personel dihadang oleh 7 orang tak dikenal.

"Di tengah jalan tepatnya di Kampung Idakebo, Distrik Kamuu Utara, Kabupaten Dogiai, tiba-tiba dihadang oleh sekelompok orang tidak dikenal yang berjumlah tujuh orang," ungkapnya.

Donny mengatakan para pelaku menghadang personel Satgas Damai Cartenz dengan melempar kapak ke arah mobil. Hal itu menyebabkan kaca mobil langsung pecah.

"Satu orang OTK melemparkan kapak ke arah mobil yang mengakibatkan kaca pecah dan satu anggota kami mengalami luka di pelipis kiri terkena kapak," imbuhnya.

Tak sampai di situ, tujuh orang tak dikenal tersebut juga berusaha merampas senjata personel Satgas Damai Cartenz. Namun hal itu tidak berhasil karena polisi merespons dengan tembakan.

"Terjadi percobaan perampasan senjata sehingga secara terdesak anggota kami meresponnya dengan melakukan tembakan untuk membubarkan OTK dan melakukan pengejaran ke arah gunung," jelasnya.


Akibat insiden itu dua anggota Satgas Damai Cartenz mengalami luka di bagian pelipis mata, dada belakang, dan kepala belakang. Mereka terluka karena senjata tajam.

"Anggota kami mengalami luka di bagian pelipis, dada belakang dan kepala belakang akibat terkena senjata tajam juga terjadi kerusakan pada kaca mobil bagian belakang,"pungkasnya.

https://www.detik.com/sulsel/hukum-d...olisi-terluka.

Kenapa nggak ditembak aja mereka? Kan udah nyerang aparat? Paling enggak tembak kakinya biar bisa bawa ke Polsek setelah diobati.  Apa karena tersandera masalah HAM dan takut kena sanksi adat?

nomorelies
nomorelies memberi reputasi
1
462
12
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan