extreme78Avatar border
TS
extreme78
Fahri Hamzah Dorong Pemekaran Jadi 50 Provinsi, Anggota DPR 700 Orang
Jakarta - Waketum Partai Gelora Fahri Hamzah mendorong pemekaran provinsi di Indonesia menjadi 50 provinsi. Pemekaran tersebut menurut Fahri harus dibarengi dengan jumlah anggota DPR RI.

"Saya kira gagasan penting dalam pilpres yang harus diperjuangkan itu Indonesia menjadi 50 provinsi, sekarang kan 38 ya," kata Fahri Hamzah saat diskusi Adu Perspektif yang diadakan detikcom dan Total Politik, Rabu (12/7/2023).

Jumlah anggota DPR dengan kabupaten/kota saat ini menurut Fahri tidak sebanding. Padahal menurut Fahri, jumlah kabupaten/kota harusnya sebanding lurus dengan jumlah anggota DPR.

"Menurut saya, sekarang kan DPR itu anggotanya 580, sementara kabupaten/kota 514. Paling tidak sebenarnya, kabupaten/kota itu menjadi 580 mengikuti anggota Dewan," ujar Wakil Ketua DPR 2014-2019 itu.

Anggota DPR bahkan menurut Fahri bisa menjadi 700 orang, yang nantinya melalui pemekaran provinsi menjadi 50. Sehingga kabupaten/kota nantinya diwakili satu anggota DPR di pusat.

"Yang menurut saya anggota Dewan paling tidak nanti 700. Karena harusnya satu kabupaten diwakili oleh satu orang supaya representasinya riil. Itu lah sistem distrik yang saya katakan tadi," ucapnya.

Posisi bupati dan wali kota nantinya jika dilakukan pemekaran akan berdampingan dengan anggota DPR RI. Sehingga mengecek kontribusi pusat terhadap daerah lewat DPR

"Sekarang itu putus loh. Daerah nggak punya representasi riil," imbuhnya

https://news.detik.com/pemilu/d-6819...-dpr-700-orang

Mau 2 juta orang juga kagak masalah bung fahriemoticon-Cool

Asal wakil rakyat itu di hilangkan tunjangan apapun termasuk kunker ke luar negeriemoticon-Cool

Toh selama ini manfaat kalian di sana tdk begitu terasa bagi rakyat.

Quote:
xneakerz
qavir
dragunov762mm
dragunov762mm dan 5 lainnya memberi reputasi
6
661
31
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan