Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

mabdulkarimAvatar border
TS
mabdulkarim
Rakyat Papua harus dukung ULMWP jadi anggota penuh MSG


News Desk - Aksi Damai, Keanggotaan Penuh MSG, ULMWP, West Papua

Menteri Urusan Politik United Liberation Movement for West Papua atau ULMWP, Bazoka Logo (memegang megafon) berbicara di depan massa aksi di Expo, Kota Jayapura, pada Rabu (12/7/2023) – Jubi/Theo Kelen
Jayapura, Jubi – Menteri Urusan Politik United Liberation Movement for West Papua atau ULMWP, Bazoka Logo mengajak seluruh masyarakat Papua  mendukung ULMWP menjadi anggota penuh Melanesian Spearhead Group atau MSG.

Menurut Bazoka ULMWP sangat layak menjadi anggota penuh MSG.

“Sesuatu yang layak ULMWP menjadi anggota penuh MSG,” kata Bazoka kepada massa aksi di Expo, pada Rabu (12/7/2023).

Bazoka meyakini ULMWP akan menjadi anggota penuh MSG pada 2023. Bazoka menekankan, keanggotaan ULMWP di MSG  tidak bisa diwakili oleh masyarakat Indonesia lainnya maupun Pemerintah Indonesia.

Kami bangsa Papua tidak bisa diwakilkan oleh orang lain. Pemerintah Indonesia tidak bisa mewakili bangsa Papua,” ujarnya.

Aksi demonstrasi damai di Kota Jayapura, pada Rabu (12/7/2023) mendukung ULMWP menjadi anggota penuh MSG. – Jubi/Theo Kelen
Pada Rabu pagi, puluhan warga di Kota Jayapura yang tergabung dalam ULMWP  Wilayah Mamta menggelar demonstrasi damai di Expo, Kota Jayapura. Mereka mendukung ULMWP menjadi anggota penuh MSG.

Aksi demonstrasi damai itu dimulai pukul 09.30 pagi hingga pukul 12.00 siang. Para demonstran membawa pamflet dan spanduk sebagai bentuk dukungan bagi ULMWP menjadi anggota penuh MSG. Ada beberapa tulisan dalam spanduk yang dibentangkan “Bring Back West Papua To The Melanesia Familly, Melanesia Is Not Free, West Papua For MSG, Full Membership For MSG”.

Bazoka menyatakan bangsa Papua akan berdiri sendiri untuk menyuarakan aspirasi politiknya. Bazoka mengajak rakyat Papua mendukung ULMWP menjadi anggota penuh MSG baik melalui demonstrasi damai, aksi mimbar maupun lewat doa.

“Masyarakat Papua harus mendukung karena itu kebutuhan politik bangsa Papua. Kami tidak akan bicara apapun dengan Indonesia di luar mekanisme internasional,” katanya.

Ketua Panitia Konsolidasi dan Mobilisasi West Papua Menuju Keanggotaan Penuh MSG, Alen Wesigin Halitopo menyatakan rakyat Papua dari Sorong sampai Merauke mendukung penuh ULMWP menjadi anggota penuh MSG.

Halitopo menegaskan bahwa Pemerintah Indonesia tidak bisa mewakili bangsa Papua di forum Melanesian Spearhead Group.

Halitopo menyatakan ULMWP merupakan badan politik bangsa Papua. Halitopo menyatakan rakyat Papua mendukung ULMWP untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi atau KTT-MSG di Port Vila Vanuatu pada Juli 2023 ini.

“Mewakili bangsa Papua dari Sorong sampai Merauke dan ULMWP siap menghadiri pertemuan pemimpin MSG di Vanuatu,” ujarnya dalam pernyataan sikap.(*)
https://jubi.id/polhukam/2023/rakyat...ota-penuh-msg/
Cuma puluhan orang...
Presiden Jokowi berusaha membendung secara tak langsung lewat diplomasi perdagangan dengan PNG dan Vanuatu

Hanya Satu Jam, Aksi Demo Dukung ULMWP Bubar dengan Tertib


12 July 2023 12:30 PM

Para pendemo dari Dok V Jayapura ketika melakukan orasi di Lampu Merah Dok II Jayapura, Rabu (12/7). Usai satu jam berorasi, pendemo akhirnya membubarkan diri. foto: Gamel/Cepos
JAYAPURA – Aksi demo mendukung ULMWP yang dilakukan sekelompok massa di Lampu Merah Dok II Jayapura Rabu (12/7) pagi akhirnya tak berlanjut ke wilayah kota. Ini setelah pendemo dihentikan di lampu merah dan dijelaskan bahwa kelompok dititik lain tak lagi berkumpul.

Alhasil kelompok yang dipimpin Kaitanus Ikinia selaku Wakorlap memilih untuk balik kanan. Massa yang berjumlah sekitar 30 orang ini dipulangkan dengan diantar menggunakan truk aparat kepolisian.

Kelompok ini sebelumnya melakukan long march dari Yapis Dok V dan dalam barusan kelompok tersebut terlihat banyak anak anak kecil. Pendemo juga datang sambil membawa bendera beberapa bendera negara tetangga yang tergabung dalam MSG. Massa mulai berkumpul pukul 08.00 WIT dan kemudian berjalan kaki menuju Kota Jayapura dengan mengambil satu sisi ruas jalan.

Disini Ikinia menyampaikan bahwa ketakutan Indonesia adalah ULMWP msuk ke dalam MSG sebagai full member sebab jika sudah masuk maka akan dilindungi. “Itu yang ditakutkan Indonesia, kita bergabung dan memiliki kekuatan seperti negara Kanaki yang berjuang dari Perancis, ” ujar Ikinia, sejam lalu.

Namun disini meski tak bergabung dengan pendemo lainnya, ia menyampaikan bahwa masih ada cara lain sebagai jalan untuk merdeka. “Tapi yang perlu diingat adalah tidak ada kemerdekaan lewat Jakarta dan sudah banyak bukti, ” imbuhnya.

Aksi ini dikawal personil Polresta dipimpin Kabag Ops, Kompol Hanafi. “Awalnya kelompok dari Dok ini mau bergabung dengan yang di Abe dan Waena tapi kami sampaikan bahwa di Abe dan Waena sudah bubar jadi percuma saja kesana. Saya sampaikan karena disana sudah bubar makanya saya kesini, kalau tidak percaya silahkan hubungi, ” beberapa Hanafi.

Lalu setelah dihubungi ternyata betul dan akhirnya kelompok dari Dok V juga membubarkan diri. “Kami antar menggunakan dua truk, jadi tadi kami hanya menjelaskan saja jangan sampai jauh jauh ke sana lalu tidak ada orang dan mereka (pendemo) paham, ” tutup Hanafi. (ade)
https://cenderawasihpos.jawapos.com/...dengan-tertib/
ini aksi bau seperatis tetap dikawal...
bukan.bomat
nomorelies
nomorelies dan bukan.bomat memberi reputasi
2
434
10
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan