masnukhoAvatar border
TS
masnukho 
Sering Lihat Anak Muda Pamer Kemesraan di Ruang Publik? Pahami Pentingnya Jaga Adab!
Heboh beredar video sepasang remaja mesra-mesraan di rumah makan, apakah ini patut?


Mesra-mesraan di tempat umum atau diruang publik yang semua orang dapat melihat dan menyaksikan, tentu ini bukanlah sebuah hal yang lumrah untuk dilakukan meskipun sering kita lihat bersama.

Indonesia adalah negara yang menjunjung nilai budaya ketimuran, dimana adab dan sopan santun menjadi landasan seseorang untuk bersikap membawa diri sehingga tetap berada di dalam aturan serta tidak meresahkan orang lain karena bertindak diluar kebiasaan atau budaya yang sudah terpelihara secara turun temurun.

Hanya saja memang setelah era modern dimana teknologi semakin canggih serta semua orang mengalami globalisasi dan terdampak dengan adanya internet, budaya ketimuran perlahan-lahan luntur berganti dengan budaya barat yang diadopsi secara perlahan-lahan. Ada beberapa contoh budaya barat yang mulai "umum" dilakukan atau dinormalisasikan sebagai hal yang lumrah meskipun sebenarnya aktivitas tersebut tidak pantas untuk dilakukan atau dipertontonkan di depan umum.




Adapun yang TS maksud sebagai budaya barat yang mulai dinormalisasi atau dianggap wajar di Indonesia yaitu maraknya anak-anak remaja dan muda-mudi yang tidak segan-segan untuk pamer kemesraan dengan pacar atau pasangannya di ruang publik atau khalayak ramai bahkan sampai pada aktivitas asusila.

Seolah-olah mempertontonkan apa yang sedang mereka lakukan, pasangan remaja tersebut tidak paham bahwa aktivitas yang dilakukan merupakan aktivitas yang tidak seharusnya mereka pertontonkan karena selain tidak sopan itu juga menunjukkan bahwa adab mereka tidak baik.

Mungkin akan banyak orang tidak sepaham dengan pemikiran TS dan menganggap kolot, tetapi jika ditarik kembali ke pembahasan sebelumnya bahwa kita adalah negara Indonesia dengan budaya ketimuran yang menjaga adab serta sopan santun, maka apa yang dilakukan tersebut sudah sangat jauh dari budaya ketimuran yang kita anut selama ini GanSis.

Pergeseran kebudayaan yang dilumrahkan atau dinormalisasi yang seperti inilah nanti yang akan membuat budaya yang kita anut benar-benar berubah, dan menjadi bangsa yang kehilangan jati dirinya.




Melihat maraknya tindakan asusila yang dilakukan oleh pasangan remaja atau muda-mudi di ruang publik ini tentu menjadi teguran bagi kita semua termasuk para orang tua yang anaknya sudah masuk pada usia remaja.

Mendidik anak dengan bekal ilmu agama yang baik, sopan santun serta adab yang terjaga, merupakan salah satu cara untuk membentuk karakter anak menjadi anak yang memiliki nilai-nilai moral dan tidak terlepas dari nilai keluhuran bangsa Indonesia.

Sebagai orang tua tentu Agan Sista memiliki tanggung jawab besar untuk hal itu, karena jika anak kalian bersikap diluar norma dan jauh dari sopan santun serta adab, maka kalianlah yang akan mendapatkan cap buruk dari masyarakat sebagai orang tua yang gagal dalam mendidik anak.




Penulis:@masnukho©2023
Narasi: Ulasan pribadi
Referensi
disini
Sumber gambar
1, 2, 3, 4
croot.di.muka69
Seno312
dasiemsidas
dasiemsidas dan 17 lainnya memberi reputasi
18
3.4K
230
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan