Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

wisngopiAvatar border
TS
wisngopi
Klarifikasi Buro Happold: Tak Pernah Diminta Desain JIS, Hanya Jasa Konsultasi


Buro Happold mengklarifikasi peran mereka dalam pembangunan Jakarta International Stadium (JIS). Perusahaan jasa desain, rekayasa dan konstruksi asal Inggris ini mengaku tak pernah diminta untuk mendesain JIS.

"Buro Happold tidak diminta untuk mendesain stadion JIS dan tidak pernah pula mendesain stadion ini. Lebih lanjut, perusahaan juga tidak terlibat dalam pekerjaan konstruksi apa pun yang dilakukan kemudian," demikian keterangan Buro Happold, Minggu (9/7).

Pihak Buro Happold mengatakan, pihak Jakarta Konsultindo (Jakkon) hanya meminta untuk membuat panduan desain serta memberikan jasa konsultasi, sejak Desember 2018 hingga Maret 2019.

Lingkup pekerjaannya mencakup persiapan untuk pembuatan panduan desain, penilaian untuk soal teknis dan komersial, konsep rencana induk untuk area di sekitar stadion, serta peta jalan implementasi proyek.

"Selama masa pembuatan panduan itu, perusahaan memastikan agar desain seluruh aspek yang berkaitan dengan standar FIFA terpenuhi," kata Buro Happold.
Selanjutnya, setelah rangkaian pekerjaan di atas selesai, Buro Happold diminta untuk meninjau konsep desain yang dipersiapkan oleh pihak lain, yang dalam hal ini adalah konsultan yang ditunjuk Jakkon.

"Hasil tinjauan perusahaan mengidentifikasi beberapa aspek yang ternyata tidak sesuai dengan panduan konsep desain orisinal dari Buro Happold," terang mereka.

Temuan tersebut telah disampaikan oleh Buro Happold dalam surat terpisah. Merujuk pada perkembangan situasi, Buro Happold merasa perlu untuk memberikan penjelasan lebih detail di laman resmi perusahaan mengenai ruang lingkup pekerjaan dalam Proyek JIS guna menghindari kesalahan informasi dan persepsi.

"Tulisan yang telah diperbarui tersebut dimaksudkan agar publik memahami secara utuh dan tepat mengenai peran Buro Happold," terang Buro Happold.

Rekomendasi Buro Happold soal Akses Stadion



Salah satu poin terkait JIS yang tengah ramai diperbincangkan yakni soal akses ke stadion tersebut. Dalam laman Buro Happold, disebutkan bahwa memang terdapat tantangan dalam pembangunan tersebut.

Sejumlah tantangan seperti penurunan muka tanah yang kuat di Jakarta Utara yang membuat lokasi tersebut rentan terhadap banjir. Selain itu, stadion baru akan berlokasi di antara dua lingkungan perumahan dengan perbedaan pendapatan yang tinggi, sehingga pedoman desain yang dibuat Buro Happold harus menjalin hubungan fisik dan sosial di antara dua lapisan.

Kemudian, stadion itu sendiri disebut Buro Happold harus mampu beradaptasi untuk mengakomodasi berbagai olahraga, musik, konferensi, dan acara lainnya, tanpa 'mengganggu' pengalaman pengunjung.

Pendekatan tersebut diperlukan untuk memberikan fleksibilitas sekaligus pergerakan dan keselamatan orang di dalam stadion dan di seluruh pembangunan di sekitarnya.

"Ini termasuk mobilitas dan aksesibilitas, serta perencanaan infrastruktur dan transportasi," tulis Buro Happold di laman resminya.

Dalam menjawab tantangan tersebut, pihak Buro Happold menurunkan pakar mobilitas untuk mempelajari akses ke stadion, menggunakan data dari konsultan lokal. Hasilnya, mereka menelurkan sejumlah rekomendasi soal akses ke stadion.

"Merekomendasikan peningkatan penyediaan transportasi umum, serta menyediakan parkir di luar lokasi sebelum mengoperasikan stadion dengan kapasitas penuh," terang Buro Happold.

Buro Happold juga sempat merekomendasikan revisi desain mengenai titik akses stadion bagi mobil dan pejalan kaki. Serta strategi sirkulasi penonton.

"Intervensi ini mengubah tata letak konsep masterplan dan meningkatkan efisiensi dan keamanannya yang jika diterapkan dengan benar dapat memberikan penghematan biaya yang signifikan," ungkap mereka.

https://m.kumparan.com/kumparannews/...lANEcy2H5/full

Padahal dimari ga dikawal
areszzjay
nomorelies
viniest
viniest dan 9 lainnya memberi reputasi
8
2.1K
105
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan