mabdulkarimAvatar border
TS
mabdulkarim
472 Artefak Akan Dibalikin Belanda ke RI: Harta Karun Lombok hingga Keris


Danu Damarjati - detikNews
Kamis, 06 Jul 2023 18:37 WIB

Sekretaris Negara Bidang Kebudayaan dan Media, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan dan Ilmu Pengetahuan, Gunay Uslu. (Jurriaan Hoefsmit/Twitter Gunay Uslu)
Jakarta - Sebanyak 472 artefak atau benda bersejarah akan dikembalikan Belanda ke Indonesia. 472 artefak itu termasuk harta karun dari Lombok hingga keris dari Klungkung, Bali.
Sebagaimana dilansir situs web Pemerintah Pusat Belanda (Rijksoverheid), Kamis (6/7/2023), transfer kepemilikan ke Indonesia akan dilakukan pada 10 Julli di Museum Volkenkunde.

Berikut adalah rincian 472 benda bersejarah dari Indonesia yang akan dikembalikan Belanda:

- 'Harta Karun Lombok', terdiri dari 355 benda dari Lombok
- Empat patung dari Singasari
- Satu keris dari Klungkung
- Koleksi Pita Maha, terdiri dari 132 benda dari Bali

Sebenarnya ada 478 benda budaya yang akan dikembalikan Belanda atas permintaan dari Indonesia dan Sri Lanka. Dari 478 benda, 6 objek berasal dari Sri Lanka. Berikut adalah rincian enam benda dari Sri Lanka yang akan dikembalikan Belanda:

- Kanon Lewke
- Chestane Emas (pedang seremonial)
- Pisau Sinhalese
- Kastanye perak
- Dua pistol

Indonesia meminta pengembalian benda bersejarah pada musim panas lalu karena benda-benda ini punya arti penting untuk negara. Sejarah dan asal dari benda-benda ini telah secara luas diteliti oleh Museum Nasional Kebudayaan Nasional dan dikonsultasikan dengan Indonesia. Komite Koleksi Kolonial Belanda telah berdiskusi dengan Komte Repatriasi Indonesia, I Gusti Agung Wsaka Puja, yang juga mantan Duta Besar RI di Belanda.

Sekretaris Negara Bidang Kebudayaan dan Media, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan dan Ilmu Pengetahuan, Gunay Uslu, menjelaskan kebijakan ini juga diambil atas rekomendasi dari Komite Koleksi Kolonial yang diketuai Lilian Goncalves-Ho Kang You.

"Ini adalah momen bersejarah. Ini merupakan pertama kalinya, berdasarkan saran dari Komite Koleksi Kolonial, kami mengembalikan benda-benda yang seharusnya tidak pernah ada di Belanda. Tapi lebih dari itu, ini adalah momen untuk melihat masa depan. Kita tidak hanya mengembalikan benda-benda, kita sesungguhnya memulai periode saat kita akan bekerja sama lebih intensif dengan Indonesia dan Sri Lanka. Contohnya dalam bidang riset koleksi, presentasi, dan pertukaran tenaga profesional museum," kata Gunay Uslu.

https://news.detik.com/internasional...-hingga-keris.
Harta-harta yang dijarah KNIL di Istana Cakranegara 1894 dan Puri Klungkung 1908  bakal dikembalikan 



Lukisan Era Negara Boneka Belanda Bakal Dikembalikan ke Indonesia

Danu Damarjati - detikNews
Sabtu, 08 Jul 2023 16:45 WIB

Lukisan gerakan seni Pita Maha dari Bali, karya I Made Windoe. Nomor Inventaris TM-3525-64. (Museum Nasional Kebudayaan Dunia, Belanda)
Jakarta - Belanda sempat membuat negara-negara boneka setelah Indonesia memproklamasikan kemerdekaan 17 Agustus 1945, salah satunya Negara Indonesia Timur. Lukisan-lukisan era itu ternyata masih di Belanda dan belum balik. Lusa, lukisan itu bakal dikembalikan ke Indonesia.
Lukisan itu merupakan karya dari komunitas Pita Maha di Bali. Pita Maha adalah gerakan seni yang berkembang di Bali mulai era 1930-an oleh seniman Bali dan Eropa. Adapun istilah 'pita maha' diambil dari bahasa Kawi, yang artinya 'nenek moyang'.

Dalam dokumen Komite Koleksi Kolonial di situs web Pemerintah Belanda, diakses detikcom pada Sabtu (8/7/2023), dijelaskan bahwa koleksi Pita Maha yang akan dikembalikan ke Indonesia itu mencakup 132 objek, terutama yang berasal dari 1940-an. Koleksi karya seni itu meliputi lukisan, ukiran kayu, benda perak, dan tekstil.


Asal-usul Lukisan
Berdasarkan penelusuran peneliti dari Museum Nasional Kebudayaan Dunia (NMVW) bernama T Quist, tersebutlah dua orang Eropa yang berpengaruh terhadap perkembangan komunitas Pita Maha ini, yakni Rudolf Bonnet dan Gerard Koopman. Pada 1940-an, Bali termasuk wilayah Negara Indonesia Timur ciptaan Belanda.

Karya-karya komunitas Pita Maha dari Negara Indonesia Timur itu dipamerkan di Bali, Sulawesi, Belanda, dan Belgia pada 1947-1950. Namun, sejarah berjalan, Negara Indonesia Timur kemudian menjadi bagian dari Republik Indonesia.

"Ketika Indonesia Timur menjadi bagian dari Republik Indonesia setelah Perang Kemerdekaan Indonesia pada tahun 1950, muncul pertanyaan siapa pemilik koleksi tersebut," tulis Komite Koleksi Kolonial.


Lukisan gerakan seni Pita Maha dari Bali, karya I Made Windoe. Nomor Inventaris TM-3525-64. (Museum Nasional Kebudayaan Dunia, Belanda)

Pihak Belanda dan Indonesia sempat bersepakat bahwa lukisan-lukisan itu milik Republik Indonesia. Namun benda-benda seni itu tetap berada di Eropa. Maka dititipkanlah karya-karya itu di museum Belanda.

"Duta Besar Indonesia Ide Anak Agung Gde Agung membawa koleksi tersebut ke pos-posnya di Belgia dan Prancis dan menyelenggarakan pameran di Brussel. Ketika berangkat ke Indonesia pada 1955, koleksinya dititipkan di Royal Tropical Institute (KIT) di Amsterdam. Pada tahun 1965, benda-benda tersebut didaftarkan dalam koleksi Tropenmuseum yang merupakan bagian dari KIT hingga tahun 2014 dan sejak itu menjadi bagian dari Museum Nasional Kebudayaan Dunia (NMVW)," kata Komite Koleksi Kolonial.

Lukisan gerakan seni Pita Maha dari Bali, karya I Dewa Putu Waru. Menggambarkan seorang anak kecil diserang oleh setan. Nomor inventaris TM-3535-63. (Museum Nasional Kebudayaan Dunia, Belanda)

Komite Koleksi Kolonial lantas meneliti dan menyimpulkan bahwa karya-karya seni dari komunitas Pita Maha ini bukanlah milik Belanda tapi milik Indonesia. Maka, karya-karya seni ini akan dikembalikan ke Indonesia pada Senin (10/7) lusa.

"Tidak ada indikasi apapun bahwa kepemilikan telah dialihkan ke Belanda," kata Komite Koleksi Kolonial.

https://news.detik.com/berita/d-6812...-ke-indonesia.
Sebagai informasi, Anak Agung Gde Agung dulunya PM Negara Indonesia Timur di masa menjelang KMB 1949  dan berperan penting dalam memperjuangkan eksistensi RI dengan dirangkul bersama NIT dan negara-negara bentukan Belanda yang pada masa RIS akhirnya diintergrasikan ke RI.
GoldFish
salvation101
salvation101 dan GoldFish memberi reputasi
2
599
21
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan