harrywjyyAvatar border
TS
harrywjyy
Ketahuan! Negara Ini Curi Video Pemandangan Indonesia Untuk Promosi Pariwisatanya!

Sumber Gambar

Pariwisata merupakan salah satu hal yang penting bagi sebuah negara. Dengan adanya pariwisata, maka pemasukan sebuah negara bisa bertambah seiring dengan banyaknya turis asing yang datang. Selain itu juga dapat meningkatkan ekonomi bagi warga di daerah pariwisata tersebut. Sehingga pemerintah hatus berperan dalam mengembangkan pariwisata ini.

Selain turis asing, turis dari Indonesia pun jadi memiliki tempat yang indah untuk berlibur. Ya tempat wisata masih menjadi kebutuhan bagi setiap orang mungkin butuh hiburan dan penat dengan pekerjaan sehari-hari mereka. Sehingga sangat penting bagi kita untuk kita me-refresh sejenak pikiran kita dari sibuknya rutinitas.

Salah satu yang kerap menjadi destinasi wisata adalah Pulau Bali. Pulau yang juga dikenal sebagai pulau dewata ini memiliki banyak tempat wisata dan paling terkenal dengan keindahan pantainya. Karena kita tahu, pantai Bali kerap menjadi favorit turis asing untuk datang dan melakukan surfing di sana. Selain itu budaya dan tradisi yang masih kental juga menjadi daya tarik tersendiri.


Sumber Gambar

Nah baru-baru ini, netizen Indonesia menemukan sebuah video promosi pariwisata dari Filipina yang menggunakan pemandangan dari Indonesia. Ya bisa dibilang mereka mencatut video pemandangan dari negara kita kemudian menggunakannya untuk mempromosikan pariwisata mereka. Seolah-olah pemandangan itu dari negara mereka.

Terlihat sebuah tulisan Loves The Philippines tapi mereka menggunakan pemandangan sawah di Tegalalang, Ubud, Bali. Hal ini kemudian ramai di sosial media dan jadi perbincangan publik. Mengetahui viralnya video ini, kementerian pariwisata Filipina kemudian memutuskan untuk menghapus semua video ini dari sosial media mereka dan melakukan penyelidikan.

Usai penyelidikan inilah akhirnya diketahui bahwa ternyata semua footage yang ada dalam video tersebut merupakan hasil dari nyomot di stock video. Bahkan bukan hanya Indonesia, banyak pemandangan negara lain yang mereka gunakan dan diklaim sebagai pemandangan dari negara mereka. Atas hal ini, kementerian Filipina akhirnya meminta maaf.

Konten Sensitif

Sumber Gambar

Mereka mengaku bahwa apa yang mereka lakukan memang tidak pantas dan tidak sehausnya dilakukan. Tidak diketahui siapa yang menyusun video tersebut. Yang jelas pemandangan dari video tersebut adalah pemandangan di Indonesia, Brazil, Swiss dan UAE. Hal ini telah diketahui secara jelas oleh tim pencari fakta yang dibentuk oleh kementerian pariwisata.

Entah mengapa Filipina memakai pemandangan negara lain untuk video mereka. Padahal kalau menurut TS, pemandangan di Filipina sendiri tidak kalah indah. Ada banyak lokasi wisata yang bisa dibilang cukup ikonik dan memiliki keindahannya sendiri. Pantai-pantai di Filipina pun tidka kalah dengan pantai di Indonesia dan cukup memiliki keindahannya sendiri.

Pulau Coron, Sagada, El Nido merupakan nama-nama tempat wisata di Filipina yang cukup indah dan harusnya bisa dimanfaatkan untuk video mereka. Sehingga mereka bisa menampilkan pemandangan negara mereka yang lebih orisinil dan sesuai dengan fakta yang ada bahwa memang mereka memiliki tempat wisata yang sangat worth it untuk didatangi.


Sumber Gambar

Bisa jadi mereka membuat menggunakan stock video mungkin karena budget untuk membuat video ini kurang. Mereka diberi dana sedikit tetapi disuruh membuat video promosi yang menampilkan keindahan alam. Hal ini tentu akan membutuhkan dana besar untuk pengambilan gambarnya. Hal inilah yang menurut TS jadi penyebabnya.

Ya, meski begitu syukurlah masih banyak yang sadar bahwa pemandangan itu dari Indonesia sehingga bisa menjadi perbincangan dan akhirnya vdeo itu ditarik kembali oleh kemeterian pariwisata Filipina dan tiebarluaskan lagi.

emoticon-2 Jempol

Menurut kalian apa alasan mereka menggunakan stock video? emoticon-Bingung (S)

Sumber: Link Referensi 1, Link Referensi 2
Tulisan dan Narasi Pribadi


emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan
MUF0REVER
Moeriearty
yasyah81
yasyah81 dan 19 lainnya memberi reputasi
20
5.2K
182
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan