Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

mabdulkarimAvatar border
TS
mabdulkarim
Mahfud soal Uang Tebusan agar KKB Bebaskan Pilot Susi Air: Masih Proses

Adrial Akbar - detikNews
Rabu, 05 Jul 2023 13:01 WIB

Jakarta - Menko Polhukam Mahfud Md mengatakan pilot Susi Air Philip Mark Mehrtens yang disandera kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Papua harus bisa diselamatkan. Mahfud mengatakan proses pembebasan Mehrtens sedang berlangsung.
"Ya, itu semua masih dalam proses. Yang penting, satu, pilot itu harus selamat," ujar Mahfud di Hotel JS Luwansa, Jakarta, Rabu (5/7/2023). Mahfud menyampaikan hal itu saat ditanya soal rencana uang tebusan kepada KKB.

Dia mengatakan TNI dan Polri bertindak profesional. Mahfud menegaskan tidak boleh ada campur tangan negara lain dalam proses pembebasan Mehrtens dari KKB.

"Yang kedua, TNI dan Polri bertindak profesional. Yang ketiga, tidak boleh ada campur tangan asing, campur tangan negara lain dalam kasus ini. Itu prinsipnya. Sekarang terus berproses," katanya.

Sebelumnya, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono menanggapi permintaan uang tebusan sebesar Rp 5 miliar dari KKB pimpinan Egianus Kogoya terkait pilot Susi Air Philip Mark Mehrtens. Yudo mengatakan permintaan tersebut dipenuhi untuk keselamatan.

"Kalau permintaannya itu kita penuhi demi keselamatan semuanya," ujar Yudo seusai pertemuan dengan Wakil Presiden Ma'ruf Amin di Istana Wapres, Selasa (4/7).

Yudo menyebutkan langkah pemerintah menuruti permintaan KKB bukan preseden buruk karena dilakukan sebagai upaya kemanusiaan. Terlebih, menurutnya, hal ini menyangkut keselamatan pilot Susi Air dan warga sekitar.

"Kita lebih pada kemanusiaan, kalau kemanusiaan kan nggak ada harganya, nggak bisa dihargai berapa pun apabila ini menyangkut keselamatan nyawa manusia, baik pilot maupun warga sekitar," kata Yudo.

Yudo mengatakan saat ini pihaknya tengah menunggu kabar terkait upaya negosiasi. Namun, menurut dia, secara umum situasi di Papua terbilang kondusif.

"Untuk pilot, kita sudah percayakan pada Pj Bupati untuk melaksanakan negosiasi dan saat ini Pak Bupati dimonitor sedang ada di Wamena untuk menyiapkan pesawat. Karena memang ini kesulitan pesawat pada takut untuk menuju daerah yang ditentukan disepakati karena belum percaya tadi untuk mengangkut ataupun menegosiasikan," tuturnya.

https://news.detik.com/berita/d-6806...-masih-proses.


kalau minta duit oke..


Peran Keluarga Luluhkan Egianus Kogoya untuk Bebaskan Pilot Susi Air

Fahmi Firdaus , Okezone · Rabu 05 Juli 2023 14:25 WIB

Pilot Susi Air Kapten Phillips Disandera KKB

JAYAPURA- Kapolda Papua Irjen Pol Mathius Fakhiri mengharapkan peran keluarga yang saat ini membantu meluluhkan Egianus Kogoya dan kelompoknya agar segera membebaskan pilot Susi Air Philip Mark Mehrtens yang disandera.

Bebaskan Pilot Susi Air, Pemda Nduga Siap Kirim Rp5 Miliar ke KKB Teroris
Pilot Philip disandera sesaat setelah mendaratkan pesawat Susi Air di Paro, Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan. Pesawat itu kemudian dibakar KKB pimpinan Egianus Kogoya, kata Kapolda Papua Irjen Pol Fakhiri.

“Memang benar saat ini keluarga ikut membantu agar sandera berkebangsaan Selandia Baru dapat segera dibebaskan,” kata Kapolda Papua Irjen Pol Fakhiri dilansir Antaranews di Jayapura, Selasa (5/7/2023).

Selain keluarga juga tokoh masyarakat dan tokoh agama sehingga pilot Philip yang ditawan sejak tanggal 7 Februari lalu dibebaskan.

"Mudah-mudahan dengan bantuan dari berbagai pihak maka sandera tersebut dilepaskan," sambung Kapolda Papua Irjen Pol Fakhiri.

Dikatakannya, berbagai upaya melalui negosiasi terus dilakukan agar proses pembebasan dapat segera terlaksana.

Meskipun demikian, kata Fakhiri, TNI-Polri tidak akan mengabulkan dua permintaan KKB teroris yaitu merdeka dan senjata.

"Asal jangan minta dua permintaan itu maka yang lainnya dapat melalui negosiasi," kata Irjen Pol Fakhiri dengan tegas.

Dikatakannya, dari laporan yang diterima, kondisi pilot Philip dalam keadaan sehat sehingga pihaknya berharap agar sandera segera dibebaskan agar dapat berkumpul dengan keluarganya.
https://news.okezone.com/read/2023/0...usi-air?page=2
peran keluarga
0
426
13
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan