Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

Novena.LiziAvatar border
TS
Novena.Lizi
Gubernur Koster Ingin Pariwisata Bali Rasa Bhutan, Sedikit Wisman tapi Berkualitas
Gubernur Koster Ingin Pariwisata Bali Rasa Bhutan, Sedikit Wisman tapi Berkualitas
Senin, 3 Juli 2023 16:37

Gubernur Bali, Wayan Koster. ©2023 Merdeka.com
Merdeka.com - Gubernur Bali, Wayan Koster mempunyai mimpi menjadi pariwisata Pulau Dewata seperti Bhutan, sebuah negara kecil di Asia Selatan. Koster mengatakan di Bhutan, para pelancong dibatasi namun, berkualitas.
Gubernur Koster mengatakan, bahwa wisman yang masuk Bhutan hanya dibatasi 400.000 wisman per tahun tetapi yang ingin berwisata ke Bhutan antre.

"Idealnya kalau saya menginginkan seperti di Bhutan. Di Bhutan itu diberlakukan setahun hanya 400.000 yang masuk ke Bhutan, itu syaratnya ketat sekali. Dia harus membawa uang minimum sekian dollar dan ada uang yang dijaminkan selama sekian hari di Bhutan. Dan tambah hari, tambah banyak jaminannya," kata Koster, di Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bali, Selasa (3/7).
Ia juga menyebutkan, bahwa di Bhutan kalau diceks kearifan lokalnya mirip seperti Bali, yang sangat menghormati alamnya menjaga kualitas udaranya, kualitas lingkungannya, dan juga kualitas kehidupannya tidak bisa dikunjungi wisatawan yang berlimpah.
 
"Tetapi dengan menerapkan kuota yang sangat ketat ini, orang ke Bhutan antre perlu waktu satu tahun untuk datang ke Bhutan. Nah menurut saya, kalau Bali mau kita jadikan surganya dunia wisatawan mancanegara dari berbagai negara di Bali ini mestinya kita jauh dari perilaku-perilaku yang tidak sopan," ujarnya.


Ia mengatakan, bahwa Bali akan dibuat mirip seperti Bhutan tetapi tidak seluruhnya dan dengan pertimbangan yang cermat dan rasio,"Tidak persis seperti di Bhutan tapi kita mempertimbangkan secara rasional dan cermat kondisi kita di Bali," jelasnya.
Sementara, untuk kuota wisman yang masuk ke Pulau Dewata mirip seperti di Bhutan tetapi tidak pada angka yang definitif namun batasnya adalah wisman yang berkualitas,"Mirip-mirip itu tapi tidak pada angka yang definitif, tapi pada batasan wisatawan yang datang ke Bali harus yang berkualitas," ujarnya.
Gubernur Koster juga menegaskan, bahwa alasannya ingin seperti Bhutan agar wisman yang datang ke Bali lebih berkualitas dan tidak membuat masalah.

Target 5 Tahun Bali Nol Kemiskinan
Sementara itu, untuk domestik sendiri, Koster menargetkan Bali nol kemiskinan dalam 5 tahun ke depan.
"Kita terus terang saja, ini yang harus kita dorong adalah angka kemiskinan di Bali ini supaya mencapai nol. Sebelum Covid-19 kemiskinan di Bali mencapai 1,9 persen, kira-kira ratusan ribu penduduk, lima tahun ke depan saya kira paling lambat, kita harus bisa mewujudkan nol persen kemiskinan," kata Koster.

Untuk merealisasikannya, Koster telah menggandeng seluruh kabupaten dan kota di Bali. Nantinya, mereka diminta untuk memetakan kemiskinan di tiap daerahnya.
 
"Siapa orangnya, di mana tempatnya, berapa keluarganya, bagaimana rumahnya, bagaimana kondisi kehidupannya, saya kira ini bisa kita lakukan secara bersama-sama," ujarnya.
"Dan kita petakan dengan baik, saya melihat Kabupaten Gianyar punya peta kemiskinan yang sangat baik, lengkap sekali dengan fotonya. Saya kira itu, bisa dijadikan model untuk semua kabupaten dan kota di Bali, sehingga semua kebijakan yang berorientasi pada penanganan kemiskinan dan anak yatim piatu itu kita perlu kelola lebih baik lagi. Dan menurut saya untuk di Bali tidak perlu terlalu lama, asal ini dijadikan prioritas ke depan," lanjutnya.
"Yang yatim piatu itu masalah lain, saya kira ini perlu didata dan menjadi kewajiban kita sesuai konstitusi, itu harus kita atasi. Memang selama ini kita belum fokus untuk menangani masalah ini. Saya kira yatim piatu harus kita urus, mungkin tidak hanya yatim piatu. Kehidupan yang lain harus kita urusin, yang terlantar kan bukan hanya anak yatim piatu," ujarnya.

https://www.merdeka.com/peristiwa/gu...rkualitas.html

bhutan kan landlocked
gak sekalian ngangkat raja bali lagi jd kepala wilayah, kan bhutan itu monarki
tp yg plg menarik tuh ratu Bhutannya emoticon-Genit

Spoiler for ratu Bhutan:
Diubah oleh Novena.Lizi 04-07-2023 05:03
0
920
56
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan