Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

mabdulkarimAvatar border
TS
mabdulkarim
Peringati 1 Juli, TPNPB Kodap Emas Topo Gelar Upacara Pengibaran Bintang Kejora
Peringati 1 Juli, TPNPB Kodap Emas Topo Gelar Upacara Pengibaran Bintang Kejora

News Desk - Peringatan 1 Juli
July 1, 2023
TPNPB Kodap Emas Topo
Komando daerah pertahanan (KODAP) Emas Topo, Nabire saat menggelar upacara pengibaran bendera bintang kejora pada 1 Juli 2023 di Topo, Sabtu 1 Juli 2023 – Doc. TPNPB OPM EMAS TOPO NABIRE
Nabire, Jubi – Komando daerah pertahanan (KODAP) Emas Topo, Nabire, telah menggelar upacara pengibaran bendera bintang Kejora pada hari proklamasi kemerdekaan west Papua pada 1 Juli 1971-1 Juli 2023 di markas Kodap emas topo Nabire.

Hal itu disampaikan oleh Panglima Komando Daerah Pertahanan (Pangkodap) Brigadir Jenderal (Brigjen) Daud Nawipa, Kepada Jubi melalui sambungan telepon selulernya, Sabtu (1/7/2023).

Nawipa mengatakan bahwa, upacara peringatan Proklamasi 1 Juli 1971 di Markas Victoria digelar dengan upacara singkat dan pengibaran bintang kejora. Pada momentum ini TPNPB mengajak semua pihak untuk tetap menjaga persatuan menuju kemerdekaan bangsa West Papua.

“Jadi pada tanggal 1 Juli 1971 sebagai hari proklamasi kemerdekaan Negara Republik Papua Barat itu yang diakui oleh komponen rakyat Papua oleh sebab itu kita harus menjaga persatuan dan kesatuan untuk menjemput kemerdekaan bangsa Papua,” katanya.

Nawipa mengatakan, Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat dan Organisasi Papua Merdeka (TPN-PB/OPM) menolak segala bentuk kegiatan investasi ilegal di tanah Papua.

“Kami TPNPB secara resmi menolak PT, Proyek termasuk tambang ilegal PT Blok wabu yang sedang direncanakan maupun yang telah merusak sumber daya alam (SDA) oleh pemerintah Indonesia di teritori bangsa west Papua,” katanya.

Lanjut Nawipa bahwa, TPN-PB OPM akan mengumumkan perang revolusi total. Maka rakyat Indonesia/Non Papua yang ada di teritori west Papua agar segera mengosongkan tanah Papua khususnya di Kabupaten Nabire.

Kami akan mengusir paket kolonial TNI/POLRI maupun warga non Papua menuju revolusi total hingga kemerdekaan bangsa west Papua jatuh ditangan kita,” katanya. (*
https://jubi.id/polhukam/2023/pering...intang-kejora/
KKB cabang Nabire jarang kedengaran melakukan aksi bersenjata nggak kayak KKB cabang Papua Pegunungan

Diduga karena KKB, Puluhan Warga Distrik Kroptak Nduga Jalan Kaki 4 Hari Mengungsi ke Kenyam
[imghttps://imgsrv2.voi.id/M8RZlcpDOrHejeoreZ0dEnL_A1Am6_ptuYHhOUMms2g/auto/1200/675/sm/1/bG9jYWw6Ly8vcHVibGlzaGVycy8yOTA4NjkvMjAyMzA3MDExNzUyLW1haW4uY3JvcHBlZF8xNjg4MjA4NzcwLmpwZw.jpg[/img]
01 Juli 2023, 18:36 | Tim Redaksi
Diduga karena KKB, Puluhan Warga Distrik Kroptak Nduga Jalan Kaki 4 Hari Mengungsi ke Kenyam
Anggota Polres Nduga, Papua Pegunungan, Sabtu (1/7/2023) memberikan bantuan makanan siap santap ke warga Distrik Kroptak yang mengungsi ke Kenyam. (FOTO ANTARA/HO/Dok Polres Nduga)
Bagikan:
   
JAYAPURA- Sebanyak 63 warga Distrik Kroptak, Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan dengan berjalan kaki selama empat hari untuk mengungsi ke Kampung Kendibam, Distrik Kenyam.

Kapolres Nduga AKBP Rio Aleksander Penelewan menyebut dari 63 warga Distrik Kroptak yang mengungsi, terdapat sembilan orang balita.

Puluhan pengungsi itu tiba di Kenyam, Sabtu (1/7) dini hari setelah dijemput aparat keamanan di Kampung Kendibam menggunakan truk.

Sebelumnya Kepala BPBD Kenyam dan tokoh agama mendatangi polres untuk meminta bantuan pengamanan terhadap masyarakat yang mengungsi dari Kroptak.

"Belum dipastikan penyebab puluhan warga itu mengungsi karena yang terpenting kita membantu mereka tiba di Kenyam, " kata Rio.

Pihaknya menduga mengungsinya puluhan warga Kroptak itu kemungkinan karena adanya gangguan dari Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) sehingga masyarakat ketakutan dan keluar dari kampungnya.

"Walaupun demikian untuk memastikan penyebabnya kami akan meminta keterangan dari warga," katanya.

Kapolres menyebut kondisi Nduga relatif kondusif. Dipastikan anggota tetap siaga dan waspada.

"Anggota tidak boleh lengah karena saat itulah KKB akan melakukan serangannya,” ujar Rio

https://voi.id/berita/290869/diduga-...ngsi-ke-kenyam
Kerjaan KKB bikin susah warga
nomorelies
nomorelies memberi reputasi
1
376
8
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan