harytanoeAvatar border
TS
harytanoe
Duduk Perkara Gibran Disebut Anak Ingusan oleh Panda Nababan PDIP
Ucapan politikus senior Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Panda Nababan, yang menyebut Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka masih anak ingusan menuai polemik.


Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Ariyo Bimo, geram menanggapi ucapan Panda. Menurut Ariyo, hal tersebut sangat tidak etis dilontarkan oleh politikus senior.

Ariyo mengatakan Gibran sebagai orang nomor satu di Kota Solo mampu mentransformasi Solo menjadi kota kreatif dan pertumbuhan ekonominya membaik. Misalnya, kata Ariyo, revitalisasi Solo Technopark Park, Taman Balekambang, dan IKM Mebel Gilingan.

"Adalah hal yang luar biasa. Mungkin jauh melebihi prestasi politikus-politikus senior lainnya," ujar Ariyo, seperti dikutip dari Tempo, Rabu, 28 Juni 2023.

Sebenarnya, bagaimana kronologinya sehingga Panda Nababan melontarkan ucapan tersebut? Bagaimana pula tanggapan Gibran? Berikut duduk perkara dan tanggapan Gibran yang dihimpun Tempo.

Ucapan Panda terlontar itu saat menanggapi diskusi perihal putusan Mahkamah Konstitusi (MK) batas usia presiden jika di bawah 40 tahun. Awalnya, politikus senior PDIP itu menyebut Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka belum pantas jika maju di Pilpres 2024. Menurutnya, Gibran masih harus banyak belajar di dunia politik.

"Gibran anak ingusan kok, gimana? Nanti anak itu besar kepala, masih belajar dulu lah," kata Panda saat Diskusi Adu Perspektif yang digelar Senin, 26 Juni 2023 lalu.

Panda menjelaskan proses yang dilakukan seperti sang ayah, Presiden Joko Widodo atau Jokowi, saat mencalonkan diri sebagai capres 2014.

"Dia butuh proses seperti bapaknya, panjang. Nggak langsung ujug-ujug kayak gitu, kayak dinasti aja," katanya.

Lebih lanjut, Panda menyarankan Gibran harus sering mendekatkan diri ke rakyat seperti ayahnya. Dia juga tak setuju jika Gibran maju sebagai cawapres seperti yang diisukan sebelumnya.

"Dia juga mesti tunjukkan bagaimana kedekatan dia ke rakyat, bagaimana dia memperjuangkan rakyat, seperti yang dilakukan bapaknya," katanya. "Tiba-tiba anak presiden langsung jadi ya nggak lah."


Tanggapan Gibran

Gibran mengaku tidak merasa tersinggung dengan pernyataan Panda Nababan yang menyebut dirinya sebagai anak ingusan. Putra sulung Presiden Jokowi itu justru berterima kasih.

"Ya, saya ucapkan terima kasih untuk masukannya dari para senior partai. Tidak, saya tidak tersinggung," ucap Gibran saat ditemui awak media di Balai Kota Solo seusai mengikuti Salat Idul Adha 1444 H, Kamis, 29 Juni 2023.

Gibran mengakui dirinya memang harus lebih banyak belajar lagi sehingga ia menerima semua masukan dari para senior partai. Menurutnya, ia tidak perlu merasa tersinggung.

"Ya, pokoknya saya berterima kasih untuk semua masukannya. Saya memang masih harus lebih banyak belajar lagi, terutama dari senior-senior partai," ujar dia.

Ia mengaku sejauh ini belum pernah bertemu dengan Panda Nababan. Saat ditanya apakah akan mengundang Panda Nababan berkunjung ke Solo, Gibran mengatakan tidak. Ia justru bertanya balik untuk keperluan apa ia harus mengundang Panda ke Solo.

https://nasional.tempo.co/read/17426...dip?page_num=2
nomorelies
gabener.edan
gabener.edan dan nomorelies memberi reputasi
2
870
19
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan