Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

dompetjadipeciAvatar border
TS
dompetjadipeci
Apa yang Terjadi Jika Dirimu Tidak Memakan Makanan yang Bermacam-macam Dalam Hidupmu?



Di zaman sekarang nampaknya makanan 4 sehat 5 sempurna sudah mudah dijangkau. Berbagai makanan tersebut dapat kamu beli dengan harga yang murah sehingga bisa kamu nikmati. Namun kebanyakan orang masalahnya terkadang tidak memperhatikan apa yang mereka makan. Selama makanan itu lezat dan mengenyangkan mengapa tidak memakannya terus menerus. Rupanya hal tersebut harus kita hindari sebab tubuh manusia tidak didesain untuk menerima makanan yang sama secara terus menerus. Ternyata ada penyakit yang dapat mengancam hidup kita jika kita mengkonsumsi makanan yang sama terus menerus dalam jangka waktu lama

Di suatu penjuru terdapat seorang pria yang telah menjadi topik penelitian menarik. Pria ini mengkonsumsi makanan yang sama terus menerus selama hidupnya. Adapun tujuan mengapa pria ini terus memakan makanan yang sama adalah karena faktor ekonomi. Ia tidak mampu membeli jenis makanan yang beragam. Sehingga makanan yang ia beli kala itu bermanfaat untuk mengenyangkan saja tidak dengan nutrisinya. Penasaran apa yang terjadi pada tubuhnya karena memakan makanan yang sama terus menerus dalam jangka waktu lama? mari kita perhatikan thread berikut!




Sekitar tahun 2000-an, seorang pria miskin di Amerika Serikat menjadikan cornbread, molases dan pork menjadi makanan utamanya setiap hari. Dia tidak memakan variasi makanan yang lainnya karena dirinya miskin. Paket komplit cornbread, molases dan pork merupakan makanan yang mengenyangkan dan murah pada kala itu. Jika dirinya membeli sayur mungkin rasanya kurang mengenyangkan karena porsi yang dihasilkan bisa lebih sedikit akibat lebih mahalnya sayur mayur pada kala itu.

Tak sampai satu tahun kemudian, dirinya sudah menunjukkan gejala-gejala aneh yang dianggapnya sebagai penyakit yang disebabkan mikrobial atau bukan penyakit yang disebabkan karena kekurangan nutrisi. Hal ini dia anggap sepele dan berharap suatu saat nanti penyakit tersebut akan sembuh dengan sendirinya. Ia pun terus meneruskan memakan paket komplit corn bread, molases dan pork yang murah dan mengenyangkan


Konten Sensitif


Ternyata gejala tersebut semakin melebar. Kini tangannya mulai terdapat bercak-bercak luka tanpa ia sadari. Bagaimana bercak luka tersebut muncul pun masih tidak diketahui oleh dirinya. Karena gejala penyakit ini tidak menunjukkan reaksi gatal bagaikan jamur. Sehingga bercak-bercak kecil pada tangannya terus melebar karena tidak ada indikator mengenai munculnya penyakit ini.


Konten Sensitif


Berlanjut beberapa bulan kemudian, pria ini tidak menunjukkan sembuhnya penyakit yang dialaminya. Bercak-bercak luka tersebut tidak bisa diketahui apa penyebabnya. Bahkan dirinya sendiri tidak merasakan bagaimana caranya luka-luka ini bisa muncul dalam dirinya. Karena kekhawatiran ini akhirnya pria tersebut melakukan medical check up untuk mendeteksi penyakit apa yang sebenarnya terjadi.



Dokter yang mengecek kesehatannya dibuat kaget ternyata penyakit yang dialami pria ini hanya karena disebabkan defisiensi vitamin. Pria tersebut mengalami penyakit yang dinamakan "Pellegra". Penyakit ini muncul karena kurangnya vitamin B3 pada tubuh. Sang dokter akhirnya menanyakan bagaimana dirinya bisa terkena penyakit ini dan tidak mendeteksinya sejak awal. Pria tersebut akhirnya mengkonfirmasi bahwa satu-satunya penyebab adalah karena dirinya memakan makanan yang sama terus menerus dalam jangka waktu lama.

Sang dokter akhirnya tidak langsung mengambil kesimpulan. Benarkah hanya karena memakan corn bread, pork, dan molases menyebabkan hal ini. Ia akhirnya mengidentifikasikan bersama pakar nutrisi mengenai paket komplit yang dikonsumsi pria tersebut. Rupanya paket komplit yang dimakan oleh pria tersebut sama sekali tidak mengandung niasin (Vitamin B3) sehingga sudah jelas siapa biang keroknya dibalik munculnya penyakit mengerikan pada pria tersebut.




Pellagra bisa disembuhkan
Pria ini akhirnya diberikan masukan untuk mengkonsumsi varietas makanan yang berbeda-beda setiap harinya untuk mengembalikan kadar vitamin B3 yang terbilang sangat kurang pada tubuhnya. Akhirnya berkat memakan variasi makanan yang berbeda-beda. Penyakit Pellagra yang dialaminya perlahan-lahan sembuh. Hal ini akhirnya menjadi topik penelitian yang sangat menarik bagi dunia medis karena ketiga produk yang dikonsumsi oleh pria tersebut tidak mengandung vitamin B3.

Berbagai produk siap saji yang dimakan pria tersebut kini mendapatkan kecaman dari dunia medis dan diancam ditarik dari pasaran jika tidak adanya usaha dari perusahaan untuk menambahkan vitamin kedalamnya sehingga vitamin B3 akhirnya ditambahkan. Cormeal, molases, dan flour di zaman sekarang pada akhirnya wajib mengandung vitamin berdasarkan peraturan yang berlaku.


Jadi apa itu pellagra?


Konten Sensitif


Pellagra merupakan keadaan timbulnya bercak-bercak luka yang terus melebar pada tubuh karena kurangnya kadar vitamin B3 dalam tubuh. Penyakit ini kebanyakan disebabkan karena seseorang tidak memakan variasi makanan yang bermacam-macam sehingga tidak adanya vitamin B3 yang masuk pada tubuh. Umumnya vitamin B3 bisa ditemukan pada telur, kacang-kacangan, alpukat, ikan teri, dll.




Jika penyakit ini terus dibiarkan maka lama kelamaan masalah serius muncul mulai dari 1) sering mengalami delusi atau halusinasi, 2) terjadinya inflamasi pada jaringan kulit, 3) mual, 4) nafsu makan menurun, 5) mencret. Karena seriusnya dampak yang dihasilkan oleh penyakit tersebut, mulai saat ini gansis harus sering-sering memakan variasi makanan yang berbeda. Jangan pernah memakan makanan yang sama dalam jangka waktu lama, karena defisiensi vitamin sangat mungki terjadi karena hal tersebut.


—oOo—


Itu dia dampak yang dihasilkan jika dirimu jarang memakan variasi makanan yang berbeda-beda dalam hidupmu. Penyakit pellagra rupanya akan mengancam seseorang yang tidak pernah memperhatikan makanannya. Jika gansis mau terhindar dari penyakit Pellagra atau penyakit defisiensi vitamin lainnya. Ternyata caranya cukup mudah, yakni makanlah makanan yang berbeda-beda setiap harinya dan usahakan mengandung nutrisi yang sesuai dengan 4 sehat 5 sempurna.


Sumber : Disini dan Disini
Sumber gambar : Google.com
baka.man
provocator3301
6666661234
6666661234 dan 20 lainnya memberi reputasi
21
4.9K
110
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan