iskrimAvatar border
TS
iskrim
Baru Tahu, Ini Rahasia Beli Makanan Diluar Lebih Enak Daripada Masak Sendiri?!


Urusan makan kita bisa dapatkan lewat tiga cara; masak sendiri, dimasakin atau beli. Tapi mayoritas pasti setuju makanan yang dibeli apalagi makanan kekinian atau bahan yang sulit didapat lebih enak daripada buat sendiri atau dibuatin.

Beruntungnya manusia bisa merasakan aneka makanan di dunia, beda dengan menu sehari-hari para binatang yang mereka makan nggak jauh dari tumbuhan dan hewan yang lebih kecil darinya. Kalau hewan bisa jadi koki pasti manusia bakal mendemonya, hehe.

Kembali ke topik bahasan, kenapa masak sendiri atau dibuatkan cenderung kurang enak, rasa kurang stabil dibandingkan kita beli? Tidak sepenuhnya benar juga karena ada mereka yang hobi memasak dan rasanya bak koki bintang lima, tapi tentu saja di setiap RT bisa dihitung dengan jari.

Jadi kenapa tidak enak, padahal bahan, bumbu, alat masak sudah sama dan sudah menonton berulangkali cara masaknya lewat tutorial yutup yang diperankan oleh koki ternama? Aneh tapi nyata, soal rasa tetap berbeda.

Jawabannya menurut saya mungkin karena memasak sendiri membuat kita jadi memiliki ekspektasi berlebihan terhadap rasa masakan, masak karena terpaksa. Akibatnya kita menjadi tidak begitu merasakan kelezatan masakan yang sudah dibuat. Hm.



Misal ketika kita membuat nasi goreng sendiri, belum apa-apa kita sudah membayangkan nasi goreng bintang lima yang pernah kita makan, hasilnya tentu jelas beda dari nasi goreng buatan kita saat itu karena bahan dasar dan tambahannya saja sudah beda, padahal ketika orang lain yang mencicipi mereka katakan enak. Kecuali memang kebanyakan garam atau kurang bumbu semua orang pasti setuju makanan itu kurang enak.

Faktor lain yang membuat rasa masakan sendiri dirasa kurang enak adalah proses memasak yang memakan waktu itu membuat hilang selera makan kita yang terfikirkan "Mending beli aja?".Duh, diawal proses memasak saja kita sendiri tidak menghargai masakan kita jadinya seperti kurang niat membuatnya. Membanding-bandingkan.

Kata chief bijak, "Masak lah dengan sepenuh hati". Ini sudah paling benar.



Faktor lain lagi adalah yang orang kebanyakan tidak menyadari adalah alat masak meski bentuknya sama tapi bahan dasar alat masaknya berbeda. Misalkan wajan stainless dengan wajan yang terbuat dari bahan besi baja dengan suhu panas yang sama hasil masakannya akan berbeda, karena membuka usaha makanan maka penjual makanan pasti memiliki tambahan 'bumbu rahasia' juga yang tidak diketahui publik.






Copyright © 2016 - 2023 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
sebuah opini | img : gugel 




Diubah oleh iskrim 21-06-2023 00:41
hiestelle
ardhanionline
bukan.bomat
bukan.bomat dan 6 lainnya memberi reputasi
7
1.5K
69
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan