vanlorAvatar border
TS
vanlor
Ucapan Megawati Disorot Media China, Yakin Indonesia Bisa Susul Program Nuklir Korut

Dewan Pengarah BRIN Megawati Soekarnoputri (tengah), Kepala BRIN Tri Handoko (kanan), Dirut LPP TVRI Iman Brotoseno (kiri) dalam konferensi pers penandatanganan nota kesepahaman (MoU) BRIN dan TVRI di Gedung TVRI di Jakarta Pusat, Senin (12/6/2023). (Sumber: Narda Sinambela/Antara)

BEIJING, KOMPAS.TV - Media China menyoroti ucapan mantan Presiden Indonesia, Megawati Soekarnoputri yang yakin program nuklir Indonesia mampu susul Korea Utara.

Megawati yang merupakan pemimpin Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menegaskan, tidak ada kata terlambat bagi Indonesia untuk memanfaatkan energi atom.

Media China, South China Morning Post mengungkapkan pernyataan Megawati tersebut dalam laporannya yang diterbitkan, Rabu (14/6/2023).

Laporan itu mengutip pernyataan yang dibuat oleh Megawati di Gedung TVRI, Senin (12/6/2023).

Pada pernyataannya, Megawati menginginkan agar Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) untuk kembali mendesain dan mengembangkan reaktor nuklir.

Megawati mengungkapkan, Indonesia bisa mengejar negara nuklir sepertri Korea Utara yang menurutnya mampu mengembangkan teknologi nuklir meski didera sanksi ekonomi oleh PBB.

“Jika kita bisa membangun teknologi, itu masih belum terlambat. Kita bisa menyusul negara yang memiliki program nuklir,” tuturnya.

Ia menambahkan, kemampun finansial terbatas tak menghalangi Indonesia untuk mengembangkan nuklir.

“Bagaimana negara seperti Korea Utara membangun program nuklirnya? Saya yakin, masalahnya adalah sumber daya manusia,” ujarnya.

Pengembangan program nuklir Indonesia yang diungkit Megawati salah satunya adalah untuk digunakan dalam Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN).

South China Morning Post mengungkapkan, Indonesia sejak lama tak memiliki keinginan membangun PLTN, khusunya pada era pemerintahan Susilo Bambang Yudhioyono.

Ketika itu membangun PLTN disebut sebagai pilihan terakhir untuk memenuhi kebutuhan energi negara.

Pemerintahan SBY mempromosikan penggunaan batu bara, gas alam dan energi terbarukan.

Menurut South China Morning Post, Jakarta telah mengisyaratkan niat untuk meratifikasi Traktat Pelarangan Senjata Nuklir yang didukung PBB.

Hal itu karena Indonesia berupaya mengejar penggunaan energi atom secara damai untuk memenuhi target nol bersih pada tahun 2060, atau lebih cepat lagi.

Sementara itu, menurut Badan Energi Internasional, Indonesia adalah penghasil emisi sektor energi terbesar kesembilan di dunia 2021.

Sekitar 60 persen listrik di Indonesia berasal dari batu bara, meski tahun lalu menetapkan target ambisius mengurangi emisi karbon sebesar 31,89 persen, atau 43,2 persen dengan dukungan internasional pada 2023.


SUMBER

Kayaknya yang dimaksud itu berita ini, tapi SCMP bukannya media Hong Kong ya? Apa kita udah ngakui kalo HK itu China? emoticon-Leh Uga



Dari gerak-geriknya, ni Mak Banteng emang kayak ngelanjutin tendensi pro blok timur bapaknya emoticon-Leh Uga Dari anti Israel, ngerendahin Ukraina, sampe muji-muji China emoticon-Leh Uga Bahkan pemerintah banteng sekarang juga keliatan banget pro Chinanya ga sekedar dari aliran investasi tapi juga ngikuti model2 pemerintah CCP dari penunjukan gubernur oleh penguasa sampai pemilu tertutup biar kader solid dengan partai emoticon-Leh Uga

Mungkin kasus tolak israel kemarin juga tak lebih dari virtue sugnaling ke China buat makin nunjukin "Nih koh, Indonesia 100% secara geopolitik bakal totalitas dukung kawan2 China dan ga takut bersebrangan sama Amerika" emoticon-Traveller

Oh BTW soal PLTN, kayaknya dulu nuklir emang pilihan energi baru yang terbaik pas jaman-jaman abad 20, tapi sekarang ngeliat perkembangan terbaru dari sisi efisiensi (apalagi risiko), kayaknya bakal lebih menjanjikan energi-energi terbarukan yang lain.



Bahkan di saat energi terbarukan lain semakin efisien, nuklir justru jadi semakin mahal di atas batu bara. Nuklir jauh lebih bagus dari segi emisi CO2 dibandingkan batubata ofc, tapi kalo mau invest sekarang kayaknya perlu mikir lagi emoticon-Traveller





Diubah oleh vanlor 16-06-2023 03:23
jimmy.k8
jimmy.k8 memberi reputasi
1
1.9K
30
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan