iskrimAvatar border
TS
iskrim
Apakah Sekarang Kita Benar² Bisa Menikmati Hidup?


Umat manusia zaman sekarang memang lebih maju dan modern. Bertolak ukur dulu dan sekarang perkembangan teknologi menjadi barometer kemajuan sebuah peradaban dunia lewat temuan dan karya yang menguntungkan manusia.

Contoh, dulunya surat menyurat butuh beberapa hari baru bisa diterima, kini dalam hitungan sedetik saja pesan sudah sampai dan dibaca penerima. Sebuah gambar kini bisa langsung di print dalam format 3D dan yang paling hangat adalah teknologi AI yang karena saking pintarnya diramal akan banyak menggantikan kerja manusia.

Itu baru contoh kemudahan yang diperoleh manusia dan memang kehadiran teknologi terkini itu bertujuan untuk memudahkan manusia dalam bekerja dan menjalani hidup. Tapi pertanyaannya sekarang adalah apakah kita manusia benar-benar bisa menikmati hidup dari segala kemudahan itu?

Manusia menciptakan beragam teknologi untuk membuat semua pekerjaannya jadi lebih cepat selesai dan mudah sehingga manusia bisa segera bersantai, tapi kenyataan menurut saya yang terjadi justru sebaliknya!



Semua kecepatan dan kepraktisan itu justru hanya membuat kita 'semakin tergesa-gesa' dan 'tidak bisa bersantai sama sekali', waktu 24 jam terasa sangat cepat, anak-anak tumbuh cepat dewasa, dekat terasa jauh yang jauh terasa dekat, sadarkah kalian?

Sehingga banyak manusia yang tidak punya waktu sedetik pun untuk menikmati kehidupan di era hi-tech ini, misalkan contoh sederhana saja seperti menyapa seseorang sambil tersenyum atau duduk santai di sebuah taman saat jam istirahat. Waktu istirahat kita pun habis hanya untuk menggunakan hape kesayangan, tidak benar-benar menikmati hidupnya untuk memandang sekitar dan melakukan sesuatu hal yang berguna.



Menurut saya lagi, para manusia yang belum sadar atau terlena dengan teknologi kekinian mereka benar-benar tenggelam dalam kebahagiaan semu dan tidak benar-benar bisa menikmati hidupnya. Bahagia kalau video tok-toknya di like, hidup semakin jauh dari agama, flexing (pamer) dan lain sebagainya.

Semakin majunya peradaban kehidupan manusia lewat teknologi memang banyak manfaatnya tapi bagi saya semuanya terlihat paradoks, dunia sebenarnya tidak bergerak ke arah yang lebih baik tapi sebuah kemunduran karena apa yang saat ini kita nikmati dan lakukan lebih banyak kebahagiaan semunya.








Copyright © 2016 - 2023 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Sumur : sebuah opini | img : gugel 






vale79791
bukhorigan
hiestelle
hiestelle dan 7 lainnya memberi reputasi
8
1.3K
76
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan