Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

amekachiAvatar border
TS
amekachi
Megawati Yakin Indonesia bisa Susul Korea Utara Soal Nuklir, Bisakah Negara ini?
Perkembangan Nuklir di Indonesia: Dengan Memiliki 3 Reaktor Nuklir dan Megawati pun Yakin Indonesia bisa Susul Korea Utara Soal Nuklir, Bisakah Negara ini Mengabulkan Impian Mulia Presiden RI ke 5 itu Gansist?




Kemajuan teknologi yang sangat pesat di dunia mungkin sekali terlihat dari makin pentingnya kebutuhan akan energi listrik ditengah masyarakat dunia, beberapa dekade yang lalu mungkin orang sudah cukup bangga dengan kemampuan membuat pembangkit listrik tenaga air, uap atau surya namun semakin pentingnya kebutuhan akan listrik maka muncul tekhnologi terbaru yang sangat bermanfaat yaitu nuklir dijadikan alat untuk mencukupi sebagai kebutuhan akan listrik.

Sudah banyak sekali negara negara di dunia yang memanfaatkan nuklir baik itu sebagai senjata pertahanan negeri mereka maupun untuk memenuhi permintaan akan listrik dalam negeri mereka yang tiap tahun terus meningkat, bahkan negara sekelas Iran dan Korea Utara pun telah berhasil mendayagunakan nuklir mereka.

Berbicara dalam sebuah acara di kantor TVRI Jakarta pada Senin (12/6) kemarin Megawati berbicara tentang energi nuklir dengan memberikan edukasi kepada hadirin di tempat tersebut sembari memberi contoh bagaimana negara Korea Utara telah berhasil memiliki tekhnologi nuklir yang menurut Megawati ini adalah sebagai wujud dedikasi orang-orang Korea Utara terhadap negaranya.




Megawati pun menyatakan bahwa dirinya sangat yakin Indonesia akan menyusul negara-negara tersebut yang telah berhasil memanfaatkan nuklir khususnya bagi kemajuan dalam memenuhi energi listrik di dalam negerinya asal kita mau mendelevoper kembali, tukas presiden RI ke 5 tersebut bersungguh-sungguh!

Tentang atom untuk beri manfaat dalam negeri sebenarnya sudah sangat lama dirancang dari semenjak pembentukan panitia negara untuk penyelidikan radioaktivitet tahun 1954 dan peraturan pemerintah no 65 tahun 1958 dengan dibentuknya Dewan Tenaga Atom dan Lembaga Tenaga Atom (LTA).

Hingga sampai sekarang proyek tersebut telah menghasilkan 3 reaktor riset yaitu:


Quote:





Banyak yang mengatakan ini aman namun bukan maksud untuk menakut-nakuti dan menolak kemajuan tapi kecemasan banyak orang akan nuklir sebenarnya sangat wajar sebab banyak sekali kegagalan mengantisipasi kerusakan di pembangkit listrik tenaga nuklir hingga mengakibatkan korban jiwa dan kerusakan tak terhingga seperti tragedi Windscale Fire, Three Mile Island, Kyshtym, Chernobyl, Fukushima dan yang lainnya tentu itu menjadi ingatan buruk bagi manusia tentang bahaya mengerikan dari nuklir.

Hingga di Indonesia pun sering terjadi demonstrasi maupun penolakan terhadap tempat yang akan dibangun sebagai pusat pembangkit listrik tenaga nuklir mengingat sebesar apapun manfaat nuklir tetap saja mempunyai sisi negatif yang tak kalah besarnya, salah satunya adalah protes terhadap rencana PLTN pada Juni 2007 di Jawa Tengah yang disusul dengan demo anti nuklir terbesar setelahnya pada pertengahan 2007 silam.

Mampukah Indonesia mengabulkan keinginan mulia dari Megawati yang punya impian bahwa negara ini akan menyusul negara seperti Korea Utara maupun lainnya yang telah berhasil memanfaatkan energi nuklir untuk kemakmuran bangsa dan negara Indonesia Gansist?

'Narasi dan Opini Sendiri'


Tulisan Sendiri:

@amekachi

Sumber Tulisan dan Gambar:

1

2

3

[URL=https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=https://www.batan.go.id/index.php/id/pstnt-id/beriat-pstnt/4888-tiga-reaktor-riset-indonesia-masih-beroperasi-dengan-baik%23:~:text%3DDi%2520Indonesia%2520terdapat%2520tiga%2520reaktor,Reaktor%2520GA.%2520Siwabessy%2520di%2520Serpong.&ved=2ahUKEwiLoL7Imb__AhXA_DgGHWqhD4kQFnoECBoQBQ&usg=AOvVaw27nHW4a8YK2Z4Agy5U_aky]4[/URL]

5
ahlimiliterahli
kasihudinsekali
putrakomang
putrakomang dan 17 lainnya memberi reputasi
18
1.8K
53
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan