cokro.tvAvatar border
TS
cokro.tv
Nasib Kereta Cepat Jakarta Bandung, Dari Makan Korban Jiwa Hingga Membengkak...
Nasib Kereta Cepat Jakarta Bandung, Dari Makan Korban Jiwa Hingga Membengkak Triliunan Rupiah



JawaPos.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, Kereta Api Cepat Jakarta Bandung (KCJB) bakal diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada 18 Agustus 2023. Peresmian KCJB tersebut sekaligus sebagai kado HUT Ke-78 RI.

"Tadi kita sudah melihat Stasiun Halim di mana nanti penumpang yang dengan Kereta Api Cepat Jakarta Bandung transit ke LRT itu ke mari di (Stasiun) Dukuh Atas. Di Dukuh Atas, ini nanti juga bisa transit dari LRT ke bus TransJakarta," kata Luhut saat memberikan keterangan pers di Stasiun Dukuh Atas, Jakarta Pusat, Jumat (31/3).

Meski tampak optimistis, menurut catatan JawaPos.com, ada sejumlah persoalan yang menyertai proses pembangunan Kereta Cepat Jakarta Bandung. Mulai dari anggaran yang membengkak hingga terjadinya pencurian besi, kabel dan baut di rangkaian rel KCJB.

Lebih lengkap, berikut ini rangkumannya dari sejumlah informasi yang dihimpun JawaPos.com.


1. Anggaran KCJB membengkak

Pada September 2021, PT KAI (Persero) mengungkapkan, biaya proyek kereta cepat Jakarta-Bandung kembali membengkak dari sekitar USD 6,07 miliar menjadi USD 7,97 miliar atau sekitar Rp 113 triliun. Total pembengkakan biaya proyek tersebut telah mencapai USD 1,9 miliar atau atau tepatnya sekitar Rp 26,9 triliun. Salah satunya disebabkan biaya tak terduga dari pengadaan lahan.

Bahkan, pembengkakan estimasi biaya pembangunan juga sudah terjadi pada tahun 2016 lalu saat revisi jarak tengah antar rel ganda membuat biaya mega proyek kereta cepat itu menelan biaya lebih dari USD 5,135 miliar.

Kemudian, per November 2021, Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan pemerintah bakal menyuntikkan dana sebesar Rp4,3 triliun kepada PT Kereta Api Indonesia (KAI) untuk proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) sebagai kebutuhan pemenuhan ekuitas dasar atau base equity.


2. Kecelakaan kereta kerja

PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) menyatakan kecelakaan di area proyek di Desa Campaka Mekar, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, adalah terkait kereta kerja atau kereta teknis.

Ada dua orang korban luka yang sudah menjalani perawatan di Rumah Sakit Santosa Bandung. Sedangkan ada dua orang lainnya yang mengalami luka ringan sudah diperbolehkan pulang. Kejadian kecelakaan kereta kerja dan mesin pemasang rel untuk proyek kereta cepat itu terekam dalam video berdurasi 16 detik yang tersebar di media sosial.


3. Pencurian besi proyek kereta cepat

Pada Mei 2022, Polisi telah mengamankan pelaku pencurian besi proyek kereta cepat di sisi Jalan Tol Ruas Jakarta - Cikampek KM 35. Kapolsek Cikarang Pusat AKP Awang Parikesit mengatakan, pelaku tersebut berinisial TA, 47.

Pencurian itu terjadi di lokasi proyek kereta cepat, Desa Jaya Mukti, Cikarang, Bekasi, Kamis (26/5) pukul 05.30 WIB. Abang mengungkapkan, cara pelaku melakukan aksinya dengan naik ke atas jalur kereta cepat melalui tangga, kemudian pelaku mengambil besi yang berada di area proyek.


4. Pencurian kabel tembaga dan Besi 

KCIC dibantu oleh Polres Karawang berhasil mengamankan 6 orang yang diduga mencuri prasarana KCJB seperti kabel tembaga, baut, dan penambat rel. 6 tersangka tersebut akan dikenakan tindakan pencurian dengan pemberatan sebagaimana diatur dalam Pasal 363 KUHP dengan ancaman dengan Pidana Penjara Paling Lama 7 Tahun.

KCIC bersama kontraktor dan TNI-Polri telah dan akan terus meningkatkan pengamanan dan sosialisasi ke berbagai lapisan masyarakat yang ada di trase KCJB agar kejadian serupa tidak kembali terulang di kemudian hari.

Editor: Dimas Ryandi

https://www.jawapos.com/ekonomi/amp/...iliunan-rupiah

Gak masalah, yang penting gak mangkrak
Hehehe
maroonia
bukan.bomat
viniest
viniest dan 4 lainnya memberi reputasi
5
1.6K
47
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan