vini.jrAvatar border
TS
vini.jr
Survei SMRC: Tingkat Kesukaan Terhadap Ganjar Tertinggi, Anies Terendah
Jakarta - Hasil survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) menunjukkan Ganjar Pranowo paling tertinggi disukai oleh pemilih. Survei ini dilakukan SMRC pada 30-31 Mei 2023 kemarin.

Secara detail, tingkat kesukaan pemilih terhadap sosok Ganjar berada diangka 82%. Kemudian disusul Prabowo di angka 80%, dan paling terendah ditempati Anies dengan 68%.

"Dari sisi kualitas, Ganjar cenderung lebih positif dibanding Prabowo dan Anies. Dalam survei terakhir 30-31 Mei, di antara yang tahu, yang suka kepada Ganjar 82%, Prabowo 80%, Anies 68%," ungkap Survei SMRC, Selasa (6/6/2023).

Menurut SMRC, dalam enam bulan terakhir kesukaan pemilih kepada Anies cenderung makin lemah. Karena itu elektabilitasnya juga makin lemah.

Elektabilutas Anies diketahui turun dari 29.7% pada survei Desember 2022 menjadi 19,2% di survei terakhir 30-31 Mei 2023.

Lebih lanjut, menurut survei SMRC, Ganjar tak hanya disukai saja oleh pemilih tetapi juga memiliki popularitas tertinggi dibandingkan Prabowo dan Anies.

"Pada kelompok pemilih yang tahu ketiganya, Ganjar mendapat dukungan 42,2%, unggul signifikan atas Prabowo 32,1%, dan Anies 17,4%," terang SMRC.

Sekedar informasi, SMRC melakukan serangkaian survei nasional lewat telepon yang terakhir diperbarui pada 30-31 Mei 2023.

Target populasi survei ini adalah warga negara Indonesia yang berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah dan memiliki telepon/cellphone, sekitar 80% dari total populasi nasional.

Pemilihan sampel dalam survei ini dilakukan melalui metode random digit dialing (RDD). RDD adalah teknik memilih sampel melalui proses pembangkitan nomor telepon secara acak.

Dengan teknik RDD melalui proses pembangkitan nomor telepon secara acak, validasi, dan screening. Untuk margin of error survei diperkirakan ±3.3% pada tingkat kepercayaan 95%, asumsi simple random sampling.

https://news.detik.com/pemilu/d-6757...s-terendah/amp

Ada beberapa faktor yg membuat anies makin lemah, akan saya bahas dibawah ya..
Nikita41
dragunov762mm
samsol...
samsol... dan 4 lainnya memberi reputasi
5
1.3K
71
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan