iskrimAvatar border
TS
iskrim
Alasan Why Kendaraan Murah Paling Laku, Padahal Kendaraan Bagus Impian Semua Orang?


Sebenarnya bukan hanya di mobil saja tapi juga sepeda motor, dimana-mana konsumen maunya punya kendaraan yang paling bagus, yang paling nyaman, yang paling keren, yang paling mahal dan si paling-paling lainnya yang bikin semua orang akan melihatnya terlihat sukses dan kaya.

Ya, pastinya ini keinginan hampir setiap orang untuk bisa memiliki kendaraan impian. Itulah kenapa akhirnya pihak manufakturing berlomba-lomba membuat kendaraan senyaman dan seaman mungkin, se-eklusive mungkin, intinya memenuhi semua keinginan konsumen agar bisa benar-benar menikmati kendaraan yang mereka beli dan kendarai dengan nyaman dan aman.

Tapi coba kita lihat, setelah manufakturing memproduksi kendaraan yang diimpikan kebanyakan orang itu TAPI kenapa kendaraan itu lakunya hanya beberapa unit saja, sangat jauh berbeda dengan tipe kendaraan yang hampir tidak diimpikan orang tapi lakunya sampai ratusan ribu unit dalam hitungan bulan saja, bahkan sampai ada istilah 'mobil sejuta umat' yang kita tahu kendaraannya juga tidak nyaman-nyaman banget.

Lucunya lagi kalau kita lihat komentar-komentar netizen di sosial media atau channel yutup, mereka saling menjelekkan dan mendewakan satu tipe dan merk kendaraan tertentu. Hingga timbullah istilah (mereka disebut) dengan kaum mendang-mending yang kalau berkomentar seringkali tidak apple to apple dan balasan komentar biasanya berujung kian memanas. Padahal juga kendaraan yang didewakannya itu belum tentu mereka beli, hanya membandingkan dalam khayalan saja (kebanyakan sih para sales yang ribut begini untuk menggiring minat konsumen).



Nah, kembali ke bahasan sesuai judul thread ini, kenapa yang laku justeru kendaraan yang rasa berkendaranya biasa saja bahkan terbilang sangat tidak enak dinaiki, seperti naik gerobak (katanya) tapi dalam total penjualan selalu diperingkat 10 besar, kok bisa? Tentu ini tidak sesuai dengan impian dengan keinginan konsumen, padahal pihak manufakturing sudah membuat kendaraan sebagus mungkin agar bisa memenuhi keinginan konsumen.

Bisnis kendaraan memang berbeda dengan bisnis kulineran, makanan yang enak sudah pasti diantri konsumen, kendaraan yang nyaman yang jadi impian banyak orang malah sepi pembeli. Jawabannya simpel karena harga jual makanan masih terjangkau oleh semua kalangan masyarakat, sedangkan mobil semakin nyaman dan lengkap semakin mahal pula harganya dan hanya segelintir orang saja yang bisa membeli dan menikmatinya.

Lalu kenapa pihak manufakturing tidak membuat kendaraan impian tersebut dengan harga yang lebih reasonable? Ya, karena biaya riset dan bahan bakunya yang tidak murah, itupun masih ada biaya pajak segala saat kendaraan diterima konsumen. Hm.



Img. Kompas otomotif

Sekarang bisa kita lihat dijalan raya, motor yang paling banyak orang pakai sekelas matic standar umumnya adalah motor Beat atau jika mobil kelas LCGC paling banyak dipakai konsumen. Apakah kendaraan itu nyaman? Kalau mau jujur jelas saja tidak nyaman karena mereka adalah tipe kendaraan kelas basic. Jauh dari kata nyaman tapi tetap bisa mengantarmu pergi kesuatu tempat.

Alasan kenapa mayoritas konsumen akhirnya tetap membeli kendaraan kelas basic tadi ya karena faktor keuangan dan kebutuhan yang mendesaklah yang menjadi penentu kenapa penjualan kendaraan itu laris manis.

Lalu apakah pihak manufakturing merugi karena sudah memproduksi kendaraan impian konsumen itu, tentu saja tidak karena biaya 'modal' sudah ditutupi dari laba penjualan kendaraan paling laris tadi dan kendaraan produksi mewah itu akan menjadi portfolio bagus dimata konsumen dan perusahaan.






Copyright © 2016 - 2023 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Sumur : sebuah opini | img : gugel 




Diubah oleh iskrim 05-06-2023 15:12
bukhorigan
mimimaw
ufo60
ufo60 dan 8 lainnya memberi reputasi
9
2.1K
20
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan