rakitpcmendingAvatar border
TS
rakitpcmending
Jokowi Berapi-api: RI Tak Bisa Didikte Negara Manapun!


Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan posisi Indonesia tak bisa dianggap enteng di kancah dunia. Indonesia tak bisa didikte oleh siapapun dan negara manapun.
"Indonesia adalah indonesia, yang tidak dapat didikte oleh siapapun, yang tidak dapat didikte oleh negara manapun, namun siap dan selalu siap berkontribusi bagi dunia," ungkap Jokowi saat upacara Hari Lahir Pancasila, Kamis (1/6/2023).


Menurut Jokowi, hal ini adalah berkat ideologi pancasila yang selalu dipegang teguh hingga sekarang. Bukti nyata sudah terlihat ketika Indonesia memimpin pertemuan KTT G20 2022 dan KTT ASEAN 2023.

"Ideologi pancasila membuat kepemimpinan Indonesia keterima dan diakui dunia. G20 sukses dilaksanakan, Keketuaan ASEAN bukti nyata bahwa pancasila buka hanya untuk Indonesia namun sangat relevan untuk dunia," paparnya.

Baca: Heboh Isu Keretakan Megawati-Jokowi, Hasto Buka Suara

Ucapan ini sebenarnya bukan pertama kali muncul dari mulut pemerintah. Sebelumnya banyak pihak meragukan posisi Indonesia dalam pengambilan kebijakan strategis, karena terlalu dekat dengan China.


Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan adalah salah satu yang membantah itu.


"Kami mendorong pembangunan berkualitas tinggi, mengurangi pembangunan-pembangunan yang tidak berkualitas. Kedua negara bersepakat ketidakpastian dunia sampai saat ini. Oleh karena itu, diperlukan saling percaya dan saling menguntungkan," ungkapnya saat konferensi pers terkait update kerja sama Indonesia - Tiongkok, beberapa waktu lalu.

"Saya garisbawahi saling percaya dan saling menguntungkan, tidak boleh satu mendikte yang lain," tegas Luhut.


https://www.cnbcindonesia.com/news/2...negara-manapun

Wa iki, joss gandoss Pak Presiden. Aku setuju iki. Tidak bisa negara manapun mendikte kita. Mudah2an yo.
nomorelies
nomorelies memberi reputasi
1
1.3K
40
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan