Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

budayoAvatar border
TS
budayo
KEBAHAGIAAN
Menurut kaum Stoa, salah besar jika kita menganggap kepuasan, kenikmatan, kesenangan adalah sebuah kebahagiaan yang hakiki. Mereka beranggapan bahwa semua itu merupakan faktor dari luar.

Zeno mengatakan kebahagiaan adalah hidup berdasarkan qodrat. Artinya hidup itu dijalankan untuk menjalankan kewajiban-kewajiban kita sebagai manusia.

Stoikisme juga memberikan tawaran cara hidup bahagia berdasarkan 3 pilar kebahagiaan. Pertama, kenali hal di dalam dan kendali hal yang di luar kendali kita. Maksudnya kita hanya perlu untuk fokus pada diri kita sendiri, tidak perlu mempedulikan hal-hal yang di luar kemampuan kita.
Kedua, mencintai takdir “love of fate", artinya kita tidak boleh berharap sesuatu berjalan seperti keinginan kita sendiri. Harapkan apa yang terjadi seperti apa yang terjadi, dengan itu kira akan bahagia.
Ketiga, perbanyak mendengar daripada berbicara. Kita sebaiknya lebih banyak mendengar daripada berbicara dalam konteks. Kita tidak merasa benar dengan pendapat kita pribadi. Kita harus menerima diri kita.
bukhorigan
bukhorigan memberi reputasi
1
195
1
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan