Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

bakpasAvatar border
TS
bakpas
Proyek Rp 700 Juta Tak Kunjung Dibayar, Paving Blok Pasar Sukowati Sragen Dibongkar!
KECEWA: Sub kontraktor proyek Pasar Sukowati membongkar hasil pekerjaanya berupa pavingisasi halaman pasar, Rabu (31/5/2023). (AHMAD KHAIRUDIN/RADAR SOLO)


SRAGEN, KOMPAS.TV - Kesal akibat tagihan proyek tak kunjung dibayar, jalan paving blok pasar di Sragen, dibongkar.

Pembayaran proyek sekitar Rp 700 juta, sudah lewat lima bulan, belum juga dibayar oleh  pihak kontraktor.

Kesal lantaran belum juga dibayar oleh pihak kontraktor, Endah Retno Wulandari selaku Direktur CV Dumilah Bumi Mandiri, nekat membongkar sendiri jalan paving blok di Pasar Sukowati Sragen, Jawa Tengah.

Aksi ini langsung dihentikan Pengelola Pasar Sukowati, dan mengancam akan melakukan tindakan hukum, jika pembongkaran dilanjutkan.

Aksi ini lantaran sudah hampir lima bulan, tagihan proyeknya sekitar Rp 700 juta belum dibayar pihak kontraktor utama.

Serah terima pekerjaan proyek sendiri sudah dilakukan Desember 2022 lalu.

Proyek Pasar Sukowati: Bayaran Sub Kontraktor Tertunggak, Nekat Bongkar Hasil Pekerjaan

RADARSRAGEN.COM – Salah satu sub kontraktor pembangunan Pasar Sukowati melampiaskan kekesalan setelah menunggu lima bulan haknya tak terbayar. Pemilik CV Dumilah Bumi Mandiri membongkar paving block di depan akses masuk pasar.

Aksi tersebut dilakukan Direktur CV Dumilah Bumi Mandiri Endah Retno Wulandari Rabu (31/5/2023) siang. Dia nekat membongkar paving block lantaran haknya sekira Rp 700 juta belum dibayarkan. Pihanya menjadi sub kontraktor perusahaan asal Surabaya untuk sejumlah pekerjaan. Termasuk penyedia dan pemasangan paving block.

Kuasa Hukum CV Dumilah Bumi Mandiri Ali Muqorobin menyampaikan, pihaknya meminta Pemerintah Kabupaten Sragen mempertemukan kliennya dengan pemenang tender. Mengingat sudah lima bulan menunggu pembayaran setelah pasar selesai dibangun. Pihaknya sudah meminta perusahaan asal Surabaya tersebut untuk melakukan pembayaran.

”Sebelum melakukan aksi mengambil paving block, kami sudah bersurat ke kepolisian dan kodim serta dinas terkait,” jelasnya.

Ali menjelaskan, kerugian paving block saja sekira Rp 400 juta. Sedangkan total yang belum dibayar sekira Rp 700 juta. Seperti tanah urug dan material lainnya. Pihaknya juga memastikan ada perjanjian terkait pekerjaan tersebut. ”Pasti kami punya bukti perjanjian,” terangnya.

Pihaknya juga sudah dengan risiko apapun jika dinas terkait meminta dikembalikan. Pihaknya akan melakukan jika sudah ada mediasi. ”Kami tunggu hasil mediasi dulu, kami minta mediasi secepatnya,” ujarnya.

Kepala Bidang (Kabid) Distribusi dan Perdagangan, Diskumindag Kabupaten Sragen Handoko cukup geram atas aksi tersebut. Pihaknya menekankan paving block itu sudah menjadi milik Pemkab Sragen. Dia mengklaim pembayaran terkait proyek sudah selesai pada pihak pemenang tender.

”Masalah Darlin punya urusan dengan pihak lain, kami nggak mau tahu. Karena kami juga tidak dilibatkan dan tidak dikasih tahu. Dan tidak ketemu dengan mereka. Karena saya bidang pasar, saya harus turun. Ini sudah area publik,” tegasnya.

Dia meminta jangan sampai mengganggu kegiatan perekonomian. Pihaknya juga mengaku belum pernah memediasi dengan pihak pemenang tender. Namun pernah menemui kepala dinas. ”Kalau masih melakukan kegiatan itu, artinya melawan hukum, karena ini fasilitas pemerintah,” ujar Handoko.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sragen Hargiyanto menyampaikan, paving block yang dibongkar sudah menjadi aset pemda. Karena sudah dilakukan pembayaran. Saat ini, masih dalam masa pemeliharaan hingga minggu terakhir Juni.

Dia mengklaim belum menerima surat dari CV Dumilah Bumi Mandiri untuk dibantu perihal penagihan. ”Belum, secara teknis harus bersurat. Suratnya tidak ada,” tuturnya. (din/adi/dam)
_____                                         


Sumber : 
https://www.kompas.tv/amp/video/4128...agen-dibongkar

https://radarsolo.jawapos.com/daerah...pekerjaan/amp/



pilotproject715
bukan.bomat
aldonistic
aldonistic dan 4 lainnya memberi reputasi
5
2.3K
69
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan