si.matamalaikatAvatar border
TS
si.matamalaikat
Untuk Pertama Kali, MiG-29K Take-Off dan Landing di INS Vikrant Pada Malam Hari
Quote:


Melakukan lepas landas (take-off) dan pendaratan (landing) di malam hari memakai pesawat tempur memang bukan perkara mudah Gan. Apalagi jika hal tersebut dilakukan di kapal induk yang bergerak. Tapi, dengan latihan dan perhitungan yang tepat, hal itu bisa dilakukan. Seperti baru-baru ini yang dilakukan oleh MiG-29K.

Mengutip artikel hindustantimes.com, pada Rabu, 24 Mei 2023; MiG-29K sukses melakukan take-off dan landing di kapal induk India INS Vikrant pada malam hari. Latihan pendaratan dan penerbangan itu dilakukan di Laut Arab. INS Vikrant sendiri mulai diluncurkan pada September 2022 lalu, kini kapal induk tersbut sedang menjalani air certification and flight integrationdengan pesawat sayap putar dan pesawat sayap tetap untuk menerima combat-ready state pada tahap awal.

Uji coba penerbangan di INS Vikrant dimulai memakai pesawat tempur MiG-29K yang melakukan take-off melalui ski jump dan mendarat dengan arrested wire, metode penerbangan ini juga dikenal sebagai STOBAR (short take-off but arrested recovery). Total ada 12 MiG-29K yang beroperasi di INS Vikrant.

Quote:


Beberapa tantangan dalam take-off dan landing saat malam hari di kapal induk mulai dari kurangnya visibilitas (jarak pamdang), gelombang laut serta komunikasi. Dan untuk mengatasi tantangan tersebut, kapal induk dilengkapi dengan sistem pencahayaan, inavigasi dan komunikasi canggih, ditamnah pelatihan rutin bagi pilot dan personel terkait. Pemantauan kondisi cuaca dan laut juga dilakukan untuk keamanan operasi malam hari di kapal induk. Selain MiG-29K, INS Vikrant juga telah berhasil menerima take-off dan landing dengan Light Combat Aircraft (LCA) Tejas pada saat siang hari.

INS Vikrant punya bobot The 45.000 ton dan dibuat oleh Cochin Shipyard dengan total biaya ₹20.000 crore. Yang membanggakan Gan, sekitar 76% komponen Vikrant dibuat sendiri di dalam negeri. Selain India, hanya Ameriks, Inggris, Rusia, Prancis dan China yang punya kemampuan membuat kapal bertonase di atas 40.000 ton. Nama kapal ini diambil dari nama kapal induk INS Vikrant, sebuah kapal induk yang dioperasikan Angkatan Laut India dari 1961 sampai 1997.



------------------------




Referensi Tulisan: hindustantimes.com
Sumber Foto: Angkatan Laut India
gubtifaqih
madjoeki
geopoliticsgeek
geopoliticsgeek dan 11 lainnya memberi reputasi
12
3.1K
46
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan