Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ebenezer10Avatar border
TS
ebenezer10
PSI DKI Sesalkan Ketua RT Riang Singgung 'Pribumi' Saat Debat dengan Warga
Viral Ketua RT 011/RW03, Riang Prasetya cekcok dengan warga buntut polemik ruko makan badan jalan. Dalam narasi video viral itu, Riang disebut melontarkan pernyataan rasis.

Akun Twitter PSI Jakarta mengunggah video saat Riang berdebat dengan warga. Dilihat, Rabu (31/5/2023), debat antara Riang dengan warga berlangsung panas..

"Oh, nggak bisa, bukan soal viral," ucap Riang, seperti dalam video viral.

"Karena pelanggaran, oke kamu koordinasi dengan Lurah, Camat," sahut warga yang berdebat dengan Ketua RT.


Riang kemudian menyinggung sikap diam Lurah dan Camat. Dia kemudian bicara menggunakan bahasa Palembang.

"Nggak bisa, karena Lurah, Camatnya takut sama kamu. Aku wong kito galo, Pak," kata Riang.

Warga lantas mengingatkan Riang untuk tidak membawa-bawa suku. Riang juga sesekali meminta warga untuk diam.

"Diem.. diem," kata Riang.

"Jangan sok jadi jagoan di sini lo," kata seorang warga.

"Eh, gua kasih tau nanti pribumi datang ke sini," ucap Riang.

Susana makin panas usai Riang menyinggung soal 'Pribumi'. Aksi dorong-dorongan pun terjadi.

"Jangan bawa-bawa pribumi," timpal salah seorang warga.


Anggota DPRD DKI dari Fraksi PSI Justin Adrian menyayangkan pernyataan Ketua RT Riang Prasetya yang melontarkan argumentasi suku. Dia mengatakan sudah mengingatkan Riang untuk tidak melontarkan pernyataan tersebut.

"Pertama-tama saya sangat sayangkan terjadinya argumentasi suku dalam permasalahan ini. Saya khawatir, bilamana masalah ini semakin berlarut-larut, akan berisiko untuk melebar," kata Justin, kepada wartawan.

"Sebaiknya bilamana Lurah tidak mampu untuk mengkondusifkan situasi warganya, ada baiknya Bapak Walikota turun tangan, karena sebenarnya jika saja pihak Eksekutif giat untuk menindak pelanggaran-pelanggaran bangunan, maka antar warga tidak perlu berkonflik seperti ini," lanjut dia.

Dia mengimbau pihak yang berkonflik tidak membawa identitas suku dalam polemik penertiban ruko yang melanggar aturan ini. Dia menyarankan pihak yang keberatan untuk legowo dan tidak memperpanjang masalah.

"Para pihak yang berkonflik juga saya imbau untuk tidak membawa identitas suku dan lainnya dalam permasalahan ini, agar tidak menghambat pembangunan budaya toleransi & anti-sarà yang sangat kita perlukan akhir-akhir ini. Jangan pernah mengorbankan tenun kebangsaan yang telah lama dirajut dan di cita-ciptakan oleh para pendahulu bangsa kita," katanya.

"Untuk Pihak yang berkeberatan dengan pembongkaran atas areal rukonya, saya minta untuk legowo dan tidak memperpanjang masalah, atau dia sendiri nanti dapat terjerumus dalam masalah yang lebih dalam," sambung Justin.

detikcom sudah menghubungi Riang untuk meminta penjelasan terkait pernyataannya saat berdebat dengan warga. Namun, hingga berita ini dimuat, Riang belum memberi respons.


Surat Terbuka Ketua RT

Riang sendiri sudah membuat surat terbuka terkait polemik ruko di Pluit. Ada 9 poin isi surat terbuka dari Riang, salah satunya menyampaikan permintaan maaf jika ada tindakan yang mungkin kurang berkenan, atau ada kilaf kata dan tutur bahasa.

Berikut ini isi lengkap suratnya:

Surat Terbuka

Kepada Yth:

Para Pemilik Ruko Blok Z4 Utara dan Blok Z8 Selatan RT11/RW03
Kelurahan Pluit
Di tempat

Dengan hormat,

Pada hari ini rabu tanggal 31 Mei 2023 saya Riang Prasetya selaku Ketua RT11/RW03 Kelurahan Pluit menyampaikan kepada seluruh Pemilik/Penghuni Ruko Blok Z4 Utara dan Blok Z8 Selatan hal-hal sebagai berikut:

1. Bahwa polemik yang terjadi terkait permasalahan ruko di blok Z4 Utara dan Blok Z8 Selatan saya berharap tidak menjadi bola liar.

2. Bahwa tindakan penertiban yang sudah dilaksanakan oleh Pemerintah telah memiliki dasar hukum yang kuat berdasarkan Surat Rekomendasi Teknis (REKOMTEK) yang dikeluarkan oleh Dinas Cipta Karya, Tata Ruang dan Pertanahan (CITATA). Sehingga pihak yang terkait dengan Pelanggaran penyerobotan area Prasarana Umum dapat melaksanakan tugasnya

3. Bahwa pihak Satpol PP sebagai Penegak PERDA sudah sangat tepat melakukan eksekusi penertiban, juga Dinas Sumber Daya Air dan Dinas Bina Marga sesuai area yang dilanggar dan telah berubah fungsi untuk mengembalikan prasarana tersebut sebagaimana mestinya

4. Bahwa diharapkan kepada para pemilik ruko blok Z4 Utara dan Blok Z8 yang telah terbukti melakukan Pelanggaran Bangunan HARUS TAAT HUKUM. Dan saya selaku ketua RT11/RW03 berharap para pemilik/Penyewa Ruko tidak melakukan tindakan-tindakan yang tidak terpuji.

5. Bahwa pada hari ini saya selaku Ketua RT11/RW03 Kelurahan Pluit meminta dengan sangat agar tidak ada lagi demo-demo yang ditujukan kepada saya selaku Pribadi ataupun selaku Ketua RT11/RW03 Kelurahan Pluit

6. Bahwa bilamana para Pemilik/Penghuni Ruko Blok Z4 Utara dan Blok Z8 Selatan merasa masih belum sadar atas kesalahannya, maka saya persilahkan saudara-saudari dapat mengajukan gugatan ke Pengadilan. Dan saya mengimbau kepada Pemilik/Penghuni Ruko tidak melakukan Pembangunan di luar batas luas area lahan yang tertera dalam sertifikat. Dan tidak membangun diluar ketentuan yang tertulis dalam IMB.

https://news.detik.com/berita/d-6748...dengan-warga/2


Faktanya, para pemilik ruko yang nyerobot lahan yg mengerahkan massa utk neror ketua RT itu orang chinese.







dan 2 anggota d"hewan pdip bekingan yang belain penyerobot jalannya juga sesama orang chinese.

Mereka duluan yg main SARA, makanya si RT terpaksa ngomong gitu untuk self defense saat diteror para penyerobot yg bawa massa.



Diubah oleh ebenezer10 01-06-2023 05:26
aldonistic
cakcendol
muhamad.hanif.2
muhamad.hanif.2 dan 9 lainnya memberi reputasi
10
2.1K
66
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan