Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

deni.kaAvatar border
TS
deni.ka
[Info Bus] Tawarkan Kelas Ekonomi, Sugeng Rahayu Buka Rute Baru Surabaya - Purwokerto
Pada kesempatan kali ini TS mau berbagi informasi nih Gan Sist seputar dunia perbusan, baru-baru ini perusahaan otobus Sugeng Rahayu membuka rute Surabaya - Solo - Purwokerto dengan memakai armada bus kelas ekonomi. Rute baru ini mulai beroperasi pada 4 Februari 2023 lalu, awalnya hanya ada dua bus yang berangkat dari Surabaya, tapi kini sudah ada 6 bus yang berangkat setiap harinya dari Kota Pahlawan.

Untuk tarif full tripdari Surabaya ke Purwokerto adalah 160 ribu, dengan waktu tempuh sekitar 13 sampai 14 jam (tergantung kondisi jalan). Biasanya bus berhenti agak lama di terminal Tirtonadi Kota Solo dan terminal Giwangan Kota Yogyakarta untuk menunggu jam keberangkatan. Jadi yang ingin coba naik rute ini harap bersabar ya emoticon-Big Grin

Dibukanya rute ini tampak disambut baik warga masyarakat yang tinggal di Purwokerto, Gombong, Kebumen, Purworejo, Wates dan sekitarnya. Dilihat dari beberapa postingan di media sosial Facebook, tampak bus membawa cukup banyak penumpang dari arah Purwokerto. Apalagi jadwal dari Purwokerto sekitar jam 05.30, waktu dimana sebagian orang berangkat bekerja.




Foto: Mbendol Rizky via Facebook


Bagi Agan dan Sista yang tinggal di Gombong, Sumpiuh, Kebumen dan sekitarnya bisa dicoba nih naik bus ini kalau mau ke arah Jogja atau Solo. Sementara di rute Jogja - Purwokerto ini sebenarnya yang terkenal adalah bus Mulyo. Tapi armadanya kebanyakan sudah berumur dan non AC, selain itu jam operasionalnya tak sampai malam. Bagi Agan dan Sista yang pernah naik Mulyo ke arah Jogja atau Purwokerto pasti sudah paham bagaiamana rasanya emoticon-Peace

Bus lokal lain yang bisa jadi pilihan ada Parayogo dan Antar Jaya, kalau yang ini sudah AC, tapi jam operasionalnya tidak sampai malam karena armada busnya yang terbatas. Ada juga bus Efisiensi yang beroperasi sampai malam hari di rute ini, tapi melayani kelas patas. Dan berikut ini adalah tarif Sugeng Rahayu dari Purwokerto dan sekitarnya menuju Yogyakarta:

Purwokerto - Yogyakata : Rp 65.000

Banyumas - Yogyakata : Rp 60.000

Buntu - Yogyakata : Rp 58.000

Sumpiuh - Yogyakata : Rp 53.000

Gombong - Yogyakata : Rp 48.000

Karanganyar - Yogyakata : Rp 44.000

Kebumen - Yogyakata : Rp 42.000

Kutowinangun - Yogyakata : Rp 37.000

Prembun - Yogyakata : Rp 33.000

Kutoarjo - Yogyakata : Rp 28.000

Purworejo - Yogyakata: Rp 25.000




Nanti silakan download dan bisa diperbasar ya Gan Sist, ini tabel tarif Surabaya - Purwokerto.




Sumber Ilustrasi dan foto: Sumbergroupbus via Instagram




Ilustrasi: Alfian Aristia Wicaksana via Facebook


Untuk rute yang dilewati bus ekonomi ini dari arah timur dan barat lewat tol Gan Sist, dari timur selepas terminal Bungurasih; bus masuk Gerbang Tol Warugunung. Kemudian bus keluar di Gerbang Tol Bandar Kedungmulyo (Kayen). Dari sini bus akan lewat jalan biasa melalui Nganjuk, Madiun, Maospati, Ngawi sampai Sragen. Bus kembali masuk tol di Gerbang Tol Pungkruk di Sragen, kemudian bus keluar di Gerbang Tol Ngemplak di Kota Solo.

Untuk rute Surabaya - Yogyakarta - Purwokerto ini PO Sumber Group membeli KPS (Kartu Pengawasan) milik PO Mandala, yang dulu melayani rute Surabaya - Yogyakarta - Purwokerto - Tasik - Bandung dengan bus ekonomi. Sayangnya trayek ini justru dihentikan, entah apa alasannya. Meski trayeknya sampai Tasik dan Bandung, tapi busnya cuma sampai Purwokerto.

Demikian sedikit informasi tentang rute baru dari Sugeng Rahayu, semoga bisa menambah informasi bagi Agan dan Sista yang suka wara-wiri dengan bus. Khususnya di rute Purwokerto - Yogyakarta, kini ada pilihan bus dengan tarif yang ekonomis. Sampai jumpa di tulisan yang lainnya emoticon-Ngacir




Sumber Tulisan: opini dan ulasan pribadi
Sumber Foto dan Ilustrasi: sudah tertera

si.matamalaikat
bukhorigan
bukhorigan dan si.matamalaikat memberi reputasi
2
1.3K
4
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan