Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

surya.paloh69Avatar border
TS
surya.paloh69
Anies Cerita Ngobrol Panjang Bareng Petani di Jateng tapi Tak Dikenali


Jakarta - Bakal capres Koalisi Perubahan untuk Persatuan Anies Baswedan menceritakan perjalanannya selama berada di Jawa Tengah. Anies mengaku sempat berbincang dengan petani di Grobogan, Jawa Tengah, yang awalnya tidak mengenal dirinya.

Hal itu diungkapkan Anies dalam acara bertajuk 'Temu Kebangsaan Relawan Anies Baswedan' yang digelar para relawan Anies di Tennis Indoor Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (21/5/2023). Anies mengatakan dirinya mengunjungi ke pelosok daerah yang disebutnya dengan tirakat. Dia hendak menelusuri kondisi terkini yang terjadi di masyarakat.

Dia mengunjungi Rembang hingga Grobogan. Di Grobogan, kata Anies, dia sempat bertemu dengan seorang petani bernama Suwarto.

"Saya juga sempat mampir ke Grobogan, di situ saya bertemu dengan seorang petani, di situ saya lagi jalan, saya lihat para petani sedang bekerja. saya berhenti mampir, sendirian saja, namanya Pak Suwarto. Lalu ketemu Pak Suwarto, salaman," kata Anies.

Anies menyebut dirinya banyak berbincang dengan Suwarto. Perbincangan itu, kata Anies, mulai dari kondisi di Grobogan hingga terkait pupuk.

"Ketika salaman saya merasakan, melihat tangannya sedang kalau bahasa Jawa lagi ngerabuk, ngerabuk itu memberi pupuk. Jadi saya tanya 'Pak gimana kondisi di sini?' 'Ya biasa Mas, dari dulu ya begini' katanya," ujar Anies menirukan percakapan dengan Suwarto.

"Lalu apa situasi yang tersulit, panjang sebetulnya ngobrolnya. Dia bilang 'Pak saya sing repot urusan pupuk, rabuk paling angel pak, arep ngerabuk, ono sing rabuk subsidi, rabuk non subsidi, ora koyo zaman biyen, zaman biyen tinggal ning warung nggowo ember langsung iso tuku rabuk, saiki arep ning warung ditakoni pak, 'jenengan non subsidi opo subsidi?'Terus dia bilang 'lha wong awak dewe ki ra nduwe duit mosok iso mbayar. Hayo mesti subsidi' 'Bagaimana kalo besok? Pun pak dibalekke persis ke zaman mbiyen mawon pak'. (Dia bilang 'Pak saya itu repotnya urusan pupuk, pupuk itu susah sekali, mau pakai pupuk, ada pupuk yang subsidi, pupuk non subsidi, tidak seperti zaman dahulu, zaman dahulu hanya perlu datang ke warung bawa ember saja bisa langsung beli pupuk, sekarang mau ke warung aja pasti ditanya 'Anda subsidi atau non subsidi?'. Terus dia bilang 'Lha kita kan nggak punya uang, mana bisa bayar pupuk yang non subsidi. Ya pasti (pilih) subsidi". Bagaimana kalau besok? 'Dikembalikan seperti zaman dulu saja pak'" kata Anies menirukan ucapan dengan Suwarto.

Sebelum pamit dengan petani tersebut, Anies langsung memperkenalkan diri. Kepada Anies, Suwarto mengaku tidak tahu yang sedang berbincang dengannya adalah mantan Gubernur DKI Anies Baswedan.

"Sudah selesai ngobrol saya tanya sebelum pamit. 'Pak sebelum pamit, saya ingin mengenalkan diri, nderek tepangaken kula Anies Baswedan' nah selama ngobrol dia nggak tahu dengan siapa," kata Anies.

"Jadi ketika saya bilang tepangakeun kula Anies Baswedan terus dia jawab 'Anies Baswedan Gubernur DKI?' 'Iya, Gubernur DKI' 'kok iso tekan kene' kata dia kok bisa sampai sini'," kata Anies.


https://news.detik.com/pemilu/d-6730...i-tak-dikenali

Ya wajar aja sih warga jateng ga kenal pak anies.. emoticon-Malu (S)

Lha warga jakarta sendiri aja banyak yg ga kenal (bahkan ga peduli) ma pak anies kok.. emoticon-Malu (S)






Btw.. Menteri Pertanian itu dari nasdem lho pak.. emoticon-Malu (S)



emoticon-Ngacir
kaiharis
bhagarvani
kiprasetya
kiprasetya dan 21 lainnya memberi reputasi
22
2.6K
88
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan