Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

mabdulkarimAvatar border
TS
mabdulkarim
Lukas Enembe Terima Duit Panas Bermodalkan Perintah Pengondisian Proyek


Candra Yuri Nuralam • 21 Mei 2023 06:56 
Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menduga Gubernur nonaktif Papua Lukas Enembe memerintahkan sejumlah pejabat untuk mengondisikan pengerjaan proyek di wilayahnya. Informasi itu diulik dengan memeriksa Kepala Dinas PUPR Papua Gerius One Yoman beberapa waktu lalu.

"Didalami pengetahuannya antara lain terkait dengan dugaan adanya pengondisian beberapa proyek pekerjaan infrastruktur di Pemprov Papua atas arahan dan perintah tersangka LE (Lukas Enembe)," kata juru bicara bidang penindakan KPK Ali Fikri melalui keterangan tertulis, Minggu, 21 Mei 2023.

Ali enggan memerinci lebih lanjut perintah pengondisian yang dimaksud. Lukas diduga menerima uang dari sejumlah pihak atas kongkalikong tersebut.

"Selain itu didalami pula adanya aliran uang dari proyek dimaksud pada tersangka LE," ucap Ali.

Gerius telah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus suap dan gratifikasi yang juga menjerat Lukas Enembe. Ia ditetapkan sebagai tersangka bersamaan dengan pengacara Lukas, Stefanus Roy Rening, pada Rabu, 3 Mei 2023

Lukas Enembe dijerat kasus suap dan gratifikasi. Teranyar, ia dijerat dengan pasal pencucian uang.

Sementara itu, Stefanus Roy Rening ditetapkan sebagai tersangka dugaan merintangi penyidikan. Lembaga Antirasuah telah mengantongi bukti permulaan yang cukup untuk menjeratnya.
https://www.medcom.id/nasional/hukum...ndisian-proyek

KPK Cecar Kadis PUPR Papua soal Aliran Duit Proyek ke Lukas Enembe

Tim detikNews - detikSulsel
Sabtu, 20 Mei 2023 10:29 WIB

Lukas Enembe. Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - KPK telah memeriksa Kepala Dinas Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan (PUPR) Papua Gerius One Yoman soal kasus korupsi Lukas Enembe. Gerius diperiksa sebagai saksi dalam perkara pencucian uang yang dilakukan Enembe.
Dilansir detikNews, pemeriksaan Gerius One Yoman dilakukan di Gedung Merah Putih KPK pada Jumat (19/5). Tim penyidik mencecar Gerius perihal kongkalikong beberapa proyek infrastruktur di Papua atas perintah Lukas Enembe.

"Saksi hadir dan didalami pengetahuannya antara lain terkait dengan dugaan adanya pengondisian beberapa proyek pekerjaan infrastruktur di Pemprov Papua atas arahan dan perintah tersangka LE," kata Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri kepada wartawan, Sabtu (20/5/2023).

Selain itu, Gerius juga diperiksa perihal aliran uang proyek di Papua yang diterima Lukas Enembe.

"Didalami pula adanya aliran uang dari proyek dimaksud pada tersangka LE," katanya.

Gerius One Yoman sendiri telah ditetapkan sebagai tersangka dalam perkara korupsi Lukas Enembe. Gerius menjadi tersangka usai ikut menerima suap dan gratifikasi bersama Lukas Enembe. Namun, dalam perkara pencucian Lukas Enembe, Kadis PUPR Papua ini masih berstatus sebagai saksi.

Gerius One Yoman sebelumnya telah masuk dalam daftar orang yang dicegah ke luar negeri oleh KPK. Dia dicegah ke luar negeri selama enam bulan ke depan.

Aset Lukas Enembe Senilai Rp 60 M Disita
KPK juga telah melakukan penyitaan aset Gubernur Papua nonaktif Lukas Enembe terkait kasus dugaan suap dan gratifikasi. Terbaru, aset Lukas yang disita senilai Rp 60,3 miliar yang terdiri atas tanah hingga apartemen.

"Dari beberapa rangkaian pengumpulan alat bukti oleh tim penyidik dengan satu di antaranya kembali melakukan penyitaan. Setidaknya 7 aset bernilai ekonomis yang diduga milik ataupun terkait dengan Tersangka LE," ujar Ali Fikri, Jumat (28/4).


Ali menyampaikan bentuk aset yang disita meliputi tanah dan bangunan. Dia menyebut ada tujuh aset tetap milik Lukas yang disita berada di Jayapura, DKI Jakarta, dan Bogor dengan total Rp 60,3 miliar.

"Adapun nilai aset mencapai kisaran Rp 60,3 miliar," pungkasnya.

https://www.detik.com/sulsel/berita/...-lukas-enembe.

duit panas proyek infrastruktur Papua
belum termasuk yang lain
nomorelies
nomorelies memberi reputasi
1
774
7
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan