perojolan13Avatar border
TS
perojolan13
Masih Ada Banyak Juru Parkir, Alfamart Buka Suara


Jakarta - Juru parkir di berbagai gerai Alfamart masih terlihat hingga saat ini. Padahal, pengunjung tidak dikenakan biaya parkir oleh pihak Alfamart.

Corporate Affairs Director PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (Alfamart) Solihin menuturkan, hingga saat ini bagi pengunjung Alfamart tidak dikenakan biaya parkir. Sebab, pihaknya bukan penyelenggara seperti ruko ataupun mal yang meminta pengunjung membayar parkir jika sedang berkunjung.

"Kita bukan penyelenggara, karena itu kita tidak pernah mengenakan biaya parkir," tuturnya di Tower Alfa, Tangerang, Banten, Rabu (17/5/2023).


Baca juga:
Ada Tukang Parkir di Alfamidi Padahal Harusnya Gratis, Perusahaan Buka Suara
Meski demikian, ia tak menampik bahwa ada beberapa daerah yang meminta Alfamart untuk membayar retribusi parkir ke pemerintah daerah (pemda). Alasannya, untuk menambah pendapatan daerah.

"Nah kita berharap hal-hal seperti itu bisa dikomunikasikan dengan baik, dengan nilai yang wajar. Dengan catatan pemda juga harus bantu supaya tidak ada parkir-parkir yang merongrong konsumen," kata Solihin.

"Ada (yang bayar retribusi ke pemerintah), kesepakatan kita ada. Contohnya saat ini kita masih nego, di Kota Bekasi masih nego nilainya," ungkapnya.

Solihin mengaku, pihaknya memiliki tim yang 'berpatroli' untuk memastikan tidak ada biaya parkir pada konsumen. Terkait adanya juru parkir, ia mengatakan pihaknya selalu berkoordinasi dengan lingkungan sekitar untuk menghilangkan hal tersebut.
"Selama ini kita mengimbau kepada orang-orang tertentu, dan kita selalu berkoordinasi dengan lingkungan untuk membantu menghilangkan hal-hal seperti itu. Karena kita nggak mau membebankan konsumen dengan kata lain orang beli Aqua ntar biaya parkirnya berapa duit," ujarnya.

Mengenai keberadaan juru parkir di berbagai gerai minimarket memang sering kita temui. Beberapa waktu sebelumnya, sempat viral di Twitter soal tarif parkir di minimarket seperti Alfamart dan Indomaret. Salah satu akun Twitter @Midjan_La_2 menyebutkan seharusnya pengunjung minimarket tidak perlu membayar parkir lantaran kedua minimarket tersebut telah membayarkan retribusi kepada pemerintah kota/kabupaten.


"Indomaret + Alfamart di seluruh Indonesia sudah membayar retribusi parkir ke pemkot/pemkab. Jadi tidak ada hak bagi tukang parkir untuk meminta duit lagi dari pengunjung. TOLONG DISEBARKAN AGAR MASYARAKAT TAHU DAN KOMPAK MENOLAK MEMBAYAR PUNGLI KEPADA PREMAN BERKEDOK JUKIR," cuitnya, dikutip Selasa (17/1/2023).

Cuitan tersebut disertakan video polisi yang dinarasikan mendatangi salah satu minimarket di wilayah hukum Polsek Rungkut. Polisi tersebut menanyakan langsung kepada pihak minimarket dan juru parkir. Cuitan ini di-retweet 11.400 kali dan disukai 18.600 akun.

Adapun, salah satu juru parkir di Alfamart kawasan Fatmawati menuturkan kalau dirinya sudah bekerja di situ selama lima tahun. Ia biasa jaga di gerai tersebut dari pukul 07.00 WIB hingga pukul 12.00 WIB, setelah itu digantikan oleh temannya.

Menurutnya, selama menjadi juru parkir di situ tidak ada protes dari pengunjung di sana. "Di sini nyaman-nyaman saja, nggak pernah ada masalah di sini. Ngapain protes Rp 2 ribu perak? Kan motornya sudah saya jagain," katanya kepada detikcom.

https://finance.detik.com/berita-eko...art-buka-suara

Dulu viral, sekarang viral lagi masalah juru parkir ini, herannya ga ada penyelesaian. Ternyata ga semua yang viral, bisa selesai masalahnya oleh komentar netijen.
Diubah oleh perojolan13 17-05-2023 21:47
nomorelies
1stroland
jiresh
jiresh dan 7 lainnya memberi reputasi
8
1.6K
45
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan