c4punk1950...Avatar border
TS
c4punk1950...
Buffon Kiper Legenda Italia, Tak Ingin Pensiun Walau Terdepak Dari Juventus Dan PSG!




Hi sobat kaskus,

Karir Gianluigi Buffon sebagai kiper sepak bola telah menjadi salah satu yang paling mengesankan dalam sejarah olahraga. Buffon lahir pada 28 Januari 1978 di Carrara, Italia. Dia memulai karir profesionalnya pada tahun 1995 ketika ia bergabung dengan tim senior Parma.

Parma Calcio 1913, yang lebih dikenal sebagai Parma, adalah sebuah klub sepak bola yang berbasis di kota Parma, Italia. Klub ini didirikan pada tahun 1913 dengan nama Parma Foot Ball Club. Sejak itu, Parma telah mengalami perjalanan yang panjang dan mencatat beberapa momen penting dalam sejarah klub.



Parma awalnya adalah klub yang bermain di divisi-divisi amatir Italia. Namun, pada tahun 1990-an, klub ini mengalami periode kebangkitan yang luar biasa. Pada musim 1990-1991, Parma berhasil promosi ke Serie A setelah finis di posisi kedua di Serie B. Mereka mencapai level tertinggi sepak bola Italia dan segera menarik perhatian dengan penampilan mereka yang kuat.

Parma juga telah mencetak banyak generasi emas pesepakbola kelas dunia, seperti Ivo Cocconi, Primo Sentimenti, William Bronzoni, Faustino Asprilla, Gianfranco Zola, Tomas Brolin.

Lalu dimasa Buffon berkarir ada nama besar lainnya seperti Hernán Crespo, Dino Baggio, Juan Sebastián Verón, Fabio Cannavaro, Lilian Thuram, dan Roberto Sensini.



Namun, kesuksesan Parma mulai meredup setelah periode kejayaan tersebut. Klub ini mengalami masalah keuangan serius dan harus menjual banyak pemain bintangnya untuk mengatasi krisis finansial. Parma terpaksa turun ke divisi yang lebih rendah dan bahkan mengalami kebangkrutan pada tahun 2015.

Kemudian kembali ke karir Buffon yang akhirnya pindah ke Juventus pada tahun 2001 dengan biaya transfer yang saat itu menjadi rekor dunia untuk seorang kiper.



Selama waktu di Juventus, Buffon memenangkan banyak gelar dan meraih kesuksesan besar. Ia memenangkan 10 gelar Serie A Italia dengan Juventus dan juga memenangkan Coppa Italia serta Supercoppa Italiana beberapa kali. Buffon juga mencapai final Liga Champions dengan Juventus pada tahun 2003 dan 2015, meskipun kedua kali itu mereka kalah.

Pada 2018, Buffon memutuskan untuk meninggalkan Juventus dan bergabung dengan Paris Saint-Germain (PSG) di Prancis. Dia bermain untuk PSG selama satu musim sebelum kembali ke Juventus pada tahun 2019. Buffon menambahkan satu gelar Serie A lagi ke koleksi trofinya dengan Juventus pada musim 2019-2020.



Setelah meninggalkan Juventus untuk kedua kalinya pada tahun 2021, Buffon bergabung dengan klub Serie B Italia, Parma. Ia memutuskan untuk kembali ke klub di mana ia memulai karir profesionalnya. Buffon saat ini masih aktif bermain sebagai kiper untuk Parma, dan ia telah menunjukkan bahwa meskipun usianya sudah tidak muda lagi, ia masih memiliki kualitas dan keahlian yang luar biasa dalam menjaga gawang.

Selain karir klubnya, Buffon juga telah menjadi kiper reguler untuk tim nasional Italia sejak tahun 1997. Ia telah berpartisipasi dalam beberapa turnamen besar seperti Piala Dunia FIFA dan Kejuaraan Eropa UEFA. Pada tahun 2006, Buffon membantu Italia meraih gelar juara Piala Dunia FIFA di Jerman.



Karir kiper Buffon telah memberikan banyak penghargaan dan pengakuan. Dia telah memenangkan Penghargaan Kiper Terbaik UEFA beberapa kali dan juga meraih Penghargaan Ballon d'Or sebagai Kiper Terbaik Dunia pada tahun 2006. Buffon dianggap sebagai salah satu kiper terhebat sepanjang masa dan telah memberikan kontribusi yang luar biasa bagi dunia sepak bola.

Tercatat, Buffon telah mencatatkan 685 pertandingan dengan 61.412 menit yang dimainkan bersama Juventus di semua kompetisi.



Bahkan, Gianluigi Buffon berhasil mempersembahkan 10 trofi Liga Italia, 5 Piala Italia, dan 6 Piala Super Italia, untuk Juventus. Hanya trofi Liga Champions yang masih absen dalam kariernya. 

Di penghujung karirnya ketika ia kembali ke klub yang membesarkannya, dan kini tertatih di seri B. Buffon hanya mampu membawa Parma finis di urutan ke-12 Liga Italia divisi kedua, atau Serie B 2021-2022. untuk musim ini Parma berada di urutan kesembilan.



Buffon pun berceloteh singkat bahwa ia akan pensiun kalau parma promosi ke seri A.

Siapa nih fans Parma dan Buffon?

Terima kasih yang sudah membaca thread ini sampai akhir, bila ada kritik silahkan disampaikan dan semoga thread ini bermanfaat, tetap sehat dan merdeka. Ane c4punk pamit undur diri, See u next thread.

emoticon-I Love Indonesia



"Nikmati Membaca Dengan Santuy"


Tulisan : c4punk@2023
referensi : 1, 2, 3
Pic : google

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star










didit.d
Arez.Stroxx
20.12.2013
20.12.2013 dan 19 lainnya memberi reputasi
20
6K
77
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan