Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

mabdulkarimAvatar border
TS
mabdulkarim
Perdana Menteri dan Menlu Vanuatu Terima Langsung Bantuan Kemanusiaan Indonesia


Rabu, 10 Mei 2023 | 13:03 WIB | Penulis :
Jhon Rico
, Redaktur : Untung S
post thumb
Jakarta, InfoPublik - Perdana Menteri Vanuatu, Ishmael Kalsakau, dan Menteri Luar Negeri (Menlu) Vanuatu Jotham Napat menyambut dan menerima langsung bantuan kemanusiaan yang diberikan oleh Pemerintah Indonesia.

Dalam keterangan BNPB, Rabu (10/5/2023), Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy, Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto dan Ketua Komisi VIII DPR RI Ashabul Kahfi Djamal beserta rombongan delegasi Indonesia disambut langsung oleh kedua pejabat pemerintah Vanuatu tersebut di Bandara Internasional Port Vila, Vanuatu, pada Senin (8/5/2023).

Kedatangan Menko PMK dan Kepala BNPB beserta rombongan delegasi Indonesia itu adalah untuk mengantarkan langsung bantuan kemanusiaan untuk Republik Vanuatu yang dilanda bencana siklon tropis Judy dan Kevin serta gempa bumi magnetudo (M)6,5 pada Maret 2023 lalu.

Bantuan senilai Rp17,6 miliar itu dikirimkan melalui Bandara Internasional Soekarno-Hatta menggunakan dua pesawat, yakni Garuda Indonesia dan My Indo Airlines.

Selain bantuan berupa barang, Indonesia juga membantu perbaikan gedung VVIP Bandara Internasional Port Vila yang rusak terdampak bencana.

Sebelumnya, Letjen TNI Suharyanto menyatakan bahwa kegiatan seperti ini sudah berulang kali dilaksanakan oleh Indonesia sebagai bentuk solidaritas kemanusiaan kepada warga dunia yang mengalami bencana.
https://infopublik.id/kategori/benca...iaan-indonesia


Pemerintah Indonesia Bakal Bantu Rehabilitasi Gedung Bandara di Vanuatu


zoom-inPemerintah Indonesia Bakal Bantu Rehabilitasi Gedung Bandara di Vanuatu
SURYA/SURYA/IPUNK PURWANTO
A-A+
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengungkapkan Pemerintah Indonesia juga akan membantu perbaikan ruangan VIP Bandara Port Vila, Vanuatu.
Laporan wartawan Tribunnews.com, Fahdi Fahlevi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemerintah Indonesia telah memberikan bantuan kemanusiaan senilai Rp 7,12 miliar kepada Vanuatu yang dilanda bencana.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengungkapkan Pemerintah Indonesia juga akan membantu perbaikan ruangan VIP Bandara Port Vila, Vanuatu.

"Tadi saya sudah membicarakan lebih lanjut secara teknis bagaimana distribusi bantuan maupun rehabilitasi gedung VIP Bandara Vanuatu yang sudah menjadi komitmen dan atas persetujuan bapak Presiden juga untuk kita segera lakukan perbaikan," ujar Muhadjir melalui keterangan tertulis, Rabu (10/5/2023).

Dalam pemberian bantuan ini, Muhadjir memimpin tim delegasi kemanusiaan.

Muhadjir berharap kerjasama antara negara Indonesia dengan Vanuatu akan semakin meningkat di masa yang akan datang.


Tidak hanya sebatas bantuan kemanusiaan tetapi berkaitan juga dengan permasalahan ekonomi.

Selain itu, kerjasama tersebut dapat memperkuat posisi masing-masing dalam kaitannya dengan keberadaan wilayah Indonesia dengan Vanuatu di kawasan Pasifik khususnya Pasifik Selatan.

"Tadi juga pembicaraan saya dengan Menteri Luar Negeri Vanuatu, mereka berharap agar kerja sama Republik Vanuatu dengan Indonesia akan makin meningkat di masa depan, tidak hanya terbatas pada bantuan-bantuan kemanusiaan dan atas nama persaudaraan antara rakyat Vanuatu dan Indonesia," tutur Muhadjir.

Saat ini, Indonesia bersama Vanuatu bermitra dalam organisasi multilateral negara-negara Pasifik, yakni Melanesian Spearhead Group (MSG) dan Pacific Islands Forum (PIF).

"Mudah-mudahan bantuan ini dapat diterima dengan baik oleh pemerintah dan rakyat Vanuatu dan kemudian kita bisa membangun hubungan yang jauh lebih meningkat di semua sektor terutama sektor ekonomi dan hubungan diplomatik antara Indonesia dan Vanuatu," ucap Muhadjir.
Bantuan kemanusiaan yang dikirim Indonesia ke Vanuatu senilai Rp 7,12 miliar terdiri dari tenda pengungsi, tenda keluarga, generator, velbed, hygiene kits, sweater anak, jaket anak, jaket dewasa, perkakas tukang, rendang, paket sembako, lampu solar, dan gegaji mesin.

Selain Muhadjir, hadir juga Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto, Ketua Komisi VIII DPR Ashabul Kahfi, dan Duta Besar Indonesia untuk Canberra Siswo Pramono.

Mereka diterima secara langsung oleh Perdana Menteri Vanuatu Ishmael Kalsakau didampingi oleh Menteri Luar Negeri Vanuatu Jotham Napat serta para pejabat pemerintahan Vanuatu.
https://m.tribunnews.com/nasional/20...ara-di-vanuatu

Udah dibantu Indonesia jadi jangan terlalu banyak kasih ruang OPM ya, Vanuatu biar tetap dapat bantuan terus...
bukan.bomat
aldonistic
nomorelies
nomorelies dan 8 lainnya memberi reputasi
9
1.3K
38
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan